Pola Curah Hujan di Indonesia

  • Whatsapp
Pola Curah Hujan
Pola Curah Hujan

 

Di Indonesia ada beberapa kota yang terkenal sebagai daerah dengan curah hujan tertinggi salah satunya adalah Bogor, Jawa Barat. Namun bukan berarti Bogor adalah suatu daerah yang paling basah yang pernah ada. Di Indonesia curah hujan tidaklah lepas dari angin muson barat dan angin muson timur. Curah hujan yang tinggi di suatu daerah sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya sudut datangnya matahari, tinggi rendahnya tempat, dan angin maupun arus laut.

Curah hujan adalah jumlah curah air hujan yang turun pada suatu daerah dalam waktu tertentu. Selain itu, curah hujan di daerah Indonesia berbeda pada setiap masing-masing daerah karena faktor-faktor yang mempengaruhi curah hujan yang berbeda.

Di Indonesia ada tiga pola bagian curah hujan diantaranya Pola Curah Hujan Monsum, Pola Curah Hujan Ekuatorial dan juga Pola Curah Hujan Lokal. Adapun klarifikasi beberapa pola curah hujan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Pola Curah Hujan Monsun

Pola curah hujan monsum biasanya mendominasi beberapa daerah di Indonesia seperti Sumatera bagian Selatan, Kalimantan Tengah dan selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan bagian Papua. Pada bulan Juni, Juli dan Agustus biasanya terjadi musim kering dan  pola curah hujan monsum dicirikan dengan tipe curah hujan yang bersifat unimodial (satu puncak musim hujan). Sementara pada bulan Desember, Januari, dan Februari merupakan bulan basah sedangkan enam bulan sisanya adalah periode peralihan atau pancaroba.

  1. Pola Curah Hujan Ekuatorial

Pola curah hujan ekuatorial mempengaruhi beberapa daerah di Indonesia yaitu  Sumatera bagian tengah dan Utara serta pulau Kalimantan bagian Utara. Pola curah hujan ekuatorial dicirikan oleh tipe curah hujan dengan bentuk bimodial  (dua puncak hujan) yang biasanya terjadi sekitar bulan Maret dan Oktober atau pada saat terjadi ekinoks.

  1. Pola Curah Hujan Lokal

Sama halnya seperti pola curah hujan monsoon, pola curah hujan lokal pun dicirikan oleh bentuk pola unimodial (satu puncak hujan) tetapi bentuknya sangat berlawanan dengan tipe hujan monsoon. Adapun daerah yang mendominasinya meiliputi daerah Maluku, Sulawesi dan sebagian Papua.

Letak geografis adalah salah satu yang paling berpengaruh dengan pola umum curah hujan di Indonesia. Secara terperinci, pola curah hujan di Indonesia dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. Curah hujan di Indonesia bagian barat lebih besar dari pada Indonesia bagian timut. Contohnya, deretan pulau-pulau Jawa, Bali, NTB, dan NTT yang dihubungkan oleh selat-selat sempit, jumlah curah hujan yang terbanyak adalah Jawan Barat.
  2. Setiap pulau pada pantai sebelah barat memperoleh jumlah hujan lebih banyak dari pada pantai sebelah timur.
  3. Maksimum bulan hujan sesuai dengan letak DKAT (Daerah Konvergensi Antar Tropik).
  4. Curah hujan terbanyak umumnya berada pada ketinggian antara 600-900m di atas permukaan laut. Curah hujan juga dapat bertambah sesuai dengan ketinggian tempat.
  5. Saat mulai turunnya hujan bergeser dari barat ke timur seperti:
  • Pantai barat pulau Sumatera sampai ke Bengkulu mendapatkan hujan terbanyak pada bulan November.
  • Lampung-Bangka yang letaknya ke timur mendapat hujan terbanyak pada bulan Desember.
  • Jawa bagian utara, Bali, NTB, dan NTT pada bulan Januari-Februari.
  1. Di daerah pedalaman, di semua pulai, musim hujan jatuh pada musim pancaroba. Demikian juga halnya di daerah-daerah rawa yang besar.
  2. Di Sulawesi Selatan bagan timur, Sulawesi Tenggara, Maluku Tengah, musim hujannya berbeda-beda yaitu pada bulan Mei-Juni. Pada saat itu, daerah lain sedang mengalami musim kering. Batas daerah hujan Indonesia barat dan timur terletak pada kira-kira 120­­­o (Bujur Timur).

Rata-rata curah hujan di Indonesia untuk setiap tahunnya tidak sama. Namun, masih tergolong cukup banyak yaitu rata-rata 2000-3000 mm/tahun. Begitu pula antara tempat yang satu dengan tempat yang lain rata-rata curah hujannya tidak sama.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *