Pentingnya Bengkoang Bagi Kesehatan

  • Whatsapp
Bengkoang Bagi Kesehatan
Bengkoang Bagi Kesehatan

 

Bengkoang adalah buah-buahan yang berbentuk bulat, lekuk-lekuk, dengan ujungnya yang runcing. Kulit luarnya berwarna agak kecoklat-coklatan, tipis, dan bertekstur agak keras. Buah bengkoang yang berwarna putih dan segar ini dikarenakan dalam buah bengkoang mengandung air yang cukup tinggi. Secara kimia buah bengkoang banyak mengandung vitamin C, kalsium, fosfor, dan juga serat, Semua zat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Rasa manis pada bengkoang berasal dari oligosakarida yang disebut inulin (bukan insulin), yang tidak bisa dicerna tubuh manusia. Zat ini berguna bagi penderita diabetes atau orang yang berdiet rendah kalori.

Read More

 

Bengkoang tergolong kedalam jenis umbi-umbian. Umbi yang satu ini, biasanya muncul sebagai bahan untuk kesehatan kulit. Bengkoang dikenal dari umbi putihnya yang bisa dimakan sebagai komponen rujak dan asinan atau dijadikan masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabacea. Di tempat asalnya, tumbuhan ini dikenal sebagai xicama dan jicama.

 

Berikut ini kandungan gizi buah bengkoang untuk 100 gramnya :

Vitamin A                   : 0 SI

Vitamin B1                 : 0,04 mg

Vitamin C                  : 20 mg

Energy                         : 55 kal

Protein                         : 1,4 gram

Lemak                         : 0,2 gram

Karbohidrat                 : 12,8 gram

Kalsium                       : 15 mg

Fosfor                          : 18 mg

Besi                             : 0,6 mg

Diet serat                     : 4,9 gram

 

Manfaat bengkoang bagi kesehatan:

  1. Bengkoang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes/ kencing manis

Kandungan inulin yang terdapat dalam bengkoanglah yang membuat bengkoang terasa manis. Inulin tidak dapat dicerna oleh enzim dalam usus manusia sehingga mampu menjaga kadar gula dalam tubuh agar tetap normal meskipun rasanya manis.

 

  1. Bengkoang dapat mengurangi produksi asam lambung

Bengkoang mempunyai sifat alkali yang berfungsi sebagai pendingin atau penyerap asam lambung dengan cepat.

 

  1. Bengkoang dapat memperlancar pencernaan

Inulin dalam bengkoang mempunyai sifat sebagai serat makanan, sifat ini berpengaruh pada fungsi usus dan perbaikan parameter dalam darah. Sehingga bengkoang sangat baik untuk memperlancar pencernaan.

 

  1. Bengkoang dapat mengobati sariawan dan sebagai antioksidan

Kandungan vitamin C dalam bengkoang sangat baik untuk antioksidan maupun obat sariawan. Selain itu bengkoang juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah anda.

 

  1. Bengkoang dapat mengurangi efek menopause (kerutan/keriputan)

Untuk mengurangi kemungkinan terkena efek menopause tubuh membutuhkan fitoestrogen, dan fitoestrogen ada dalam bengkoang. Mengkonsumsi fitoestrogen yang cukup akan membuat kulit anda tetap sehat dan segar.

 

  1. Bengkoang dapat menyehatkan tulang dan gigi

Kandungan fosfor dan kalsium dalam bengkoang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

 

  1. Bengkoang dapat mengobati beri-beri

Kandungan vitamin B1 pada bengkoang dapat mencegah penyakit beri-beri.

 

  1. Masker bengkoang dapat menghilangkan noda hitam dan flek pada wajah

Bengkoang dapat menghilangkan noda hitam/flek pada wajah anda, untuk penggunaannya cukup parut bengkoang dan haluskan kemudian dijadikan masker.

 

Selain itu, biji bengkoang juga mempunyai bahaya dan manfaat. Walaupun umbinya dapat dimakan, bagian bengkoang yang lain sangat beracun mengandung rotenon, sama seperti tuba. Racun ini banyak dipakai untuk membunuh serangga atau menangkap ikan, terutama yang diambil dari biji-bijinya. Meski beracun, biji bengkoang pun dapat dijadikan bahan obat. Biji yang ditumbuk dan dicampur dengan belerang digunakan untuk menyembuhkan sejenis kudis. Keracunan biji bengkoang biasanya diatasi dengan meminum air kelapa hijau dan dapat digunakan untuk memperlancar buang air besar karena bengkoang mengandung serat yang lebih tinggi dari pada mangga. Itulah beberapa manfaat dari buah bengkoang. Semoga bermanfaat.***(CM-Ist/Wina Harini)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *