Pengguna Android Lebih Rendah Hati Dibanding Apple, Benarkah?

  • Whatsapp
Pengguna Smartphone
Pengguna Smartphone

 

Tak diperlu dipertanyakan lagi jika di dunia saat ini smartphone merupakan kebutuhan bagi semua orang. Benda yang merupakan pengembangan dari telepon genggam di masa lalu kini telah terbagi menjadi dua macam dilihat dari cara penggunaannya yaitu berbasis Android dan satu lagi adalah IOS yang notabene merupakan ciri khas dari Iphone milik merek ternama, Apple.

Read More

Namun, seiring dengan berjalannya waktu ternyata masing-masing penggunanya memiliki karakter masing-masing. Sebuah penelitian yang berasal dari Universitas Lincoln, Inggris menemukan bahwa seseorang yang menggunakan produk smartphone dengan sistem kerja Android dinilai cenderung lebih jujur dan rendah hati dibandingkan dengan pesaingnya, Iphone.

Selain hal tersebut, para pengguna Android diklaim juga bukanlah tipikal orang tidak terlalu mengikuti perkembangan tren dan fashion. Mereka pun (pengguna Android) tak terlalu ambil pusing dalam  memikirkan bagaimana caranya untuk mendapatkan status ataupun menaikkan level mereka dengan memiliki nilai cukup tinggi di pasaran.

“Pilihan smartphone adalah hal dasar yang menggambarkan personalisasi dari smartphone tersebut, sehingga ini dapat memberikan banyak informasi soal penggunanya,” ungkap Heather Shaw dari Departemen Psikologi Universitas Lincoln.

Dalam studinya kali ini Shaw dan rekan-rekan peneliti lainnya juga melibatkan lembaga lain dari Universitas Lancaster, demi mendapatkan hasil maksimal mengenai perbedaan pengguna android dengani Iphone.

Pada percobaan pertamanya, para peneliti menghadirkan 240 narasumber dari kedua merek tersebut. Ternyata dari yang didapat mereka yang menggunakan smartphone berbasis Android memiliki pengguna lebih unggul dari Iphone dalam hal kejujuran, kerendahan hati, kebaikan serta keterbukaan terhadap diri sendiri.

Kemudian penelitian dilakukan lagi untuk yang kedua kalinya, tapi kali ini dengan lebih banyak partisipan yakni 500 orang setiap dari mereka diberikan pertanyaan yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Ternyata hasilnya sama saja, bahwa para pengguna smartphone berbasis Android lebih menunjukkan sifat rendah hati dan kejujuran pada diri mereka. Penelitian ini juga mengungkapkan jika pengguna smartphone Apple lebih banyak berasal dari kaum hawa.

Studi ini memberikan wawasan baru dalam perbedaan personalitas dari pengguna smartphone dengan merek yang berbeda. “Bayangkan jika studi selanjutnya menilai bagaimana personalitas berhubungan dengan aplikasi yang orang-orang unduh,” tutup Shaw.

Begitulah hasil dari penelitian yang dilakukan, menurut kamu apakah hal tersebut memang terbukti dikalangan masyarakat saat ini? Apakah kamu pun merasakan hal yang tak jauh berbeda?

Ya, memang apapun yang kita lakukan ataupun kita pakai sedikit banyak dapat mencerminkan siapa diri kita, seperti halnya pakaian, smartphone juga seperti itu. Namun, sekali lagi penelitian diatas bukanlah bertujuan untuk mengkotak-kotakan setiap orang. Karena pada dasaranya manusia adalah makhluk yang sangat dinamis, sehingga dapat berubah-rubah seiring berjalannya waktu. Semua smartphone diciptakan semata-mata untuk mempermudah kita dalam kehidupan sehari-hari, bukannya malah untuk membeda-bedakan karakter maupun status sosial.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *