Parmesana Sappulu Dua, Zodiak Versi Batak

  • Whatsapp
Zodiak Versi Batak - Foto : www.defantri.blogspot.co.id
Zodiak Versi Batak – Foto : www.defantri.blogspot.co.id

 

Pasti kebanyakan dari kita sudah tau apa itu zodiak, tapi banyak juga yang salah mengartikannya, ada beberapa yang beranggapan kalo zodiak itu adalah kumpulan ramalan-ramalan dari beberapa jenis binatang yang digambarkan dari tanggal lahir seseorang. Namun faktanya yang dikutip dari situs Wikipedia.com zodiak adalah kumpulan rasi-rasi bintang yang dilewati sabuk khayal. Berada di langit dan berjumlah 12 diantaranya adalah Aries, Sagitarius, Leo, Cancer, Scorpio, Pisces, Libra, Aquarius, Gemini, Capricornus, Taurus dan Virgo.

Read More

Sama halnya dengan bangsa yunani suku batak juga telah mengenal tentang zodiak. Zodiak bagi suku batak disebut parmesana sappulu dua yang mempunyai 12 simbol yang hampir sama juga dengan zodiak yang kita ketahui selama ini. Berikut 12 zodiak parmesana sappulu dua adalah:

  1. Marhumba

9 Februari – 10 Maret

Zodiak yang pertama ini dilambangkan dengan gambar sebuah hudon (periuk). Marhumba memiliki sifat berjiwa sosial, mudah beradaptasi, cerdik dan pelupa. Orang yang berzodiak ini sangat mudah bergaul karena memiliki sifat sosial dan adaptasi yang baik dengan lingkungan disekitarnya. Kebanyakan dari mereka juga punya banyak ide tapi mereka memiliki kekurangan yaitu sering mengingkari janji yang telah dibuat.

 

  1. Mena

11 Maret – 12 April

Zodiak kedua ini dilambangkan dengan gambar seekor ikan. Mena ini memiliki sifat suka mengalah, lincah, pandai bergaul dan pelit. Biasanya orang yang memiliki zodiak ini selalu cinta damai dan menghindari pertikaian yang akan merusak hubungannya dengan orang lain. Karena lebih mementingkan pertemanannya. Tak sedikit dari mereka juga bersifat pelit.

 

  1. Gorda

13 April – 14 Mei

Zodiak ini dilambangkan  dengan gambar seekor kambing. Zodiak ini memiliki sifat yang menyukai hal baru, berwawasan luas, pentang mhundur, liar dan cengeng. Gorda ini orangnya sangat aktif selalu ingin tau segalanya tak bisa diam dan tak pernah mau mengalah namun dia juga sensitif bila menyinggung tentang perasaannya.

 

  1. Marsoba

13 Mei – 16 Juni

Zodiak ini dilambangkan dengan gambar seekor kupu-kupu. Sifat dari zodiak ini antara lain adalah telaten, sabar, pandai merayu, hemat dan sulit menyesuaikan diri. Marsoba ini adalah tipe orang yang sulit bergaul di lingkungannya. Mereka juga punya emosi yang tinggi apabila tidak menyukai suatu hal namun dibalik kekurangan itu marsoba ini juga rajin dan cocok untuk bertukar pikiran.

 

  1. Nituna

17 juni – 18 juli

Zodiak ini dilambangkan gambar seekor cacing. Nituna memiliki sifat yang berjiwa sosial, cerdas dan juga tidak konsisten. Nituna ini merupakan tipe orang yang sangat mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Mereka juga memiliki otak yang cerdas namun mereka juga sering tidak konsisten dalam melakukan pekerjaan dan juga gampang bosan.

 

  1. Makara

19 juli – 20 agustus

Zodiak yang keenam ini dilambangkan dengan gambar seeokor kepiting. Sama seperti zodiak yunani, Makara memiliki sifat yang lembut, penyayang dan suka menyendiri. Makara memiliki perasaan yang halus, apabila mereka sudah sayang maka akan sulit untuk melepaskannya mereka juga selalu sederhana tapi mereka selalu menutup diri dan sulit ditebak.

 

  1. Babiat

21 Agustus – 22 September

Zodiak ini juga sama dengan zodiak yunani yang dilambangkan dengan gambar seekor singa. Babiat memiliki sifat yang pemberani, jujur, dapat dipercaya dan mudah marah. Babiat ini sangat disukai olah semua orang dikarenakan sifat-sifatnya yang baik tadi namun dibalik kelebihannya itu mereka juga memiliki kelemahan yaitu mereka sangat gampang marah dan temperamental juga.

 

  1. Hania

23 September – 24 Oktober

Zodiak ini dilambangkan dengan gambar seekor burung. Hania memiliki sifat yang kritis telaten, cerdik introvert. Hania ini sangat kritis karna biasanya dia akan terus berusaha sampai dia betul-betul mengerti, mereka juga tidak terlalu suka menjadi pusat perhatian lebih suka dibalik layar dan mereka juga memiliki insting yang kuat.

 

  1. Tola

25 Oktober – 26 November

Zodiak ini dilambangkan dengan gambar sebuah pohon. Tola ini memiliki sifat yang lembut, sabar, lamban dan sulit beradaptasi. Sama halnya seperti sebatang pohon tola ini selalu terombang-ambing dan tak pernah teguh pada pendirinnya,agak sensitif karena perasaan yang lembut mereka juga sangat tertutup dan sulit bergaul.

 

  1. Martiha

27 November – 28 Desember

Zodiak ini dilambangkan dengan gambar  batu. Martiha memiliki sifat yang ambisius, tabah, ulet, introvert. Seperti lambangnya martiha sangatlah keras, semangat yang kuat. Tapi juga tertutup, mereka sangat ulet dan tak begitu suka bercanda.

 

  1. Dano

29 Desember – 30 Januari

Zodiak ini dilambangkan dengan air. Martiha miliki sifat cerdas, rajin dan berjiwa sosial namun sedikit sombong. Dano adalah tipe orang yang berani mengambil resiko karena memiliki otak yang cerdas mereka juga gampang beradaptasi dengan lingkungan yang baru, tapi mereka juga sering menyombongkan dirinya.

 

  1. Harahata
    31 Januari – 8 Februari

Zodiak ini dilambangkan dengan gambar seekor katak. Orang yang lahir dengan zodiak ini memiliki sifat pemberani, tekun, memikat dan telaten. Orang yang memiliki zodiak ini biasanya sangat ahli dalam semua bidang pekerjaan karena sifat pemberani, tekun memikat dan telaten. Kebanyakan dari Harahata ini bisa menjadi pemimpin karena memiliki karakteristik pemberani dan gampang memikat orang lain selain itu kebanyakan dari mereka juga terlalu gampang percaya dengan omongan orang lain dan menjadi kelemahan dari orang yang berzodiak ini.

Parmesana Sappulu Dua ini merupakan zodiak asli yang sudah dipercaya oleh suku batak yang dari zaman dahulu dan diwariskan turun-temurun oleh anak cucu mereka dari generasi ke generasi. Demikianlah penjelasan tentang Parmesana Sappulu Dua, semoga bermanfaat dan tetap melestarikan kebudayaan daerah khususnya kebudayaan suku batak. Horas!***(CM-Ist/Mardianto)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *