Netpreneur, Ini Cara Memuaskan Pelanggan Di Media Sosial

  • Whatsapp
Pelanggan di Media Sosial
Pelanggan di Media Sosial

 

Perkembangan bisnis di media sosial sepertinya semakin banyak dimanfaatkan oleh banyak orang. Kecanggihan teknologi yang semakin pesat mulai dimanfaatkan oleh banyak orang dengan baik. Terbukti pengguna jejaring sosial seperti twitter dan instagam semakin marak dalam menjual dagangannya di dunia media sosial. Entah itu di bidang produk ataupun jasa. Biasa mereka-mereka yang berbisnis di media sosial sering disebut dengan netpreneur. Untuk masuk kedalam bisnis online tentunya ada beberapa tips agar dapat memuaskan pelanggan. Karena kebanyakan banyak pelanggan dari online shop tidak mengenal bahkan bertatap muka langsung dengan penjual.

Read More

 

Seperti pebisnis kebanyakan, penjual pun memerlukan beberapa taktik untuk membuat dagangan di media sosial tetap setia pada produk atau jasa yang tawarkan. Ini ada beberapa tips agar pelanggan tetap setia dan memilih online shop anda.

  1. No Fake

Kebiasaan buruk dari penjual online adalah membuat pelanggan marah dengan contoh barang di foto dengan kirimannya itu berbeda. Kebanyakan penjual memilih untuk menampilkan produk dengan foto-foto menarik namun tidak sesuai dengan produk yang asli. Hal inilah yang membuat pelanggan enggan untuk kembali membeli di akun media sosial anda lagi. Untuk itu cobalah memberikan kejujuran kepada pelanggan dengan menampilkan foto-foto produk dengan penuh realitas.

 

  1. Berikan Bonus

Ini juga cara terbaik untuk membuat pelanggan betah memilah-milah produk yang anda tawarkan. Biasanya bonus seperti ini diberikan kepada pelanggan yang sering membeli dan juga pelanggan baru tetapi membeli dengan jumlah yang tidak sedikit. Ini akan membuat mereka merasa memiliki kedekatan dengan sang pedangang. Secara tidak langsung, pelanggan yang mendapat bonus dari penjual akan bercerita dan membuat barang dagangan di promosikan secara tidak langsung.

 

  1. Hindari Slow Response

Disadari atau tidak, membalas chat dari pelanggan dengan lama dan singkat akan membuat pelanggan jengkel. Pelanggan akan mengira sang penjual terlalu sombong. Ini juga salah satu cara untuk memudahkan akses pembeli dan penjual dalam segi informasi. Dengan memberikan respon yang cepat dalam berhubungan antar penjual dengan pembeli, akan membuat pelanggan merasa puas dengan pelayanan hanya dengan seringnya berinteraksi via chating.

 

  1. Kualitas produk

Jangan hanya menjual produk atau jasa dengan harga mahal. Hal ini juga perlu diperhatikan beserta kualitas barang yang dijual. Dengan memberikan kualitas yang super bagus, akan membuat pelanggan tidak enggan untuk datang membeli kedua kalinya. Memuaskan pelanggan adalah hal yang paling utama dalam berdagang khususnya di media sosial.

 

  1. Pelayanan

Yang terakhir dan yang terpenting dalam berjualan adalah pelayanan yang maksimal. Dengan memberikan pelayanan yang terbaik akan membuat pembeli menjadi nyaman. Kenyaman pembeli juga merupakan hal yang paling utama dalam berdagang. Pelayanan dalam hal ini dapat diartikan 4 poin diatas. Dengan melakukan 4 poin diatas dengan baik anda sebagai penjual dapat dikatakan memberikan pelayan terbaik untuk semua pelanggan.

Itulah beberapa tips agar membuat pelanggan tetap setia pada produk/jasa yang ditawarkan khususnya di media sosial. Melakukan bisnis di media sosial bisa menguntungkan dan juga merugikan. Hal terpenting adalah kejujuran karena tidak sedikit kasus penipuan dalam membeli ataupun bertransaksi. Dalam menjaga kepercayaan pelanggan tetaplah jujur dalam segala hal baik pembayaran, pengiriman barang dan juga kualitas barang. Memilih jalur online dalam berdagang adalah pilihan yang tepat dan juga yang terpenting adalah jangan takut dengan persaingan jika yang kita berikan adalah produk atau jasa dengan kualitas terbaik.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *