Naskah Best Seller Juga Pernah Ditolak

  • Whatsapp
Naskah
Naskah

 

Seperti kata pepatah, sukses itu bukan dilihat dari sesukses apa seseorang hari ini tapi dilihat dari berapa kali ia gagal kemudian berani bangkit lagi. Pepatah itu juga berlaku kepada kamu seorang calon penulis yang naskahnya selalu mendapat penolakan dari penerbit. Selain pepatah di atas harus menguatkanmu, kamu juga harus percaya bahwa setiap penulis terkenal hari ini nyaris naskahnya sudah lebih terdahulu kena tolak.

Read More

Tidak semua penerbit memiliki pandangan dan genre yang sama, karenanya tidak akan semua penerbit suka akan naskah yang kamu buat. Ada seorang penulis mengirimkan naskahnya ke penerbit A tapi ditolak, begitu pun dengan penerbit B dan seterusnya ia tetap ditolak. Namun setelah sampai pada penerbit J ia akhirnya diterima, itu bukan berarti penerbit J adalah penerbit yang sadar akan kualitas naskahmu tetapi memang naskahmu dianggap memiliki pandangan dan genre yang diinginkan.

Bahkan banyak di antara para penulis yang dulunya nyaris berkali-kali ditolak oleh penerbit kini novelnya menjadi novel yang laris di pasaran. Coba simak barisan nama berikut ini:

  1. Harry Potter pertama kalinya memiliki naskah novel yang berjudul J.K.Rowling, sebelumnya ia telah ditolak oleh dua belas penerbit, namun Harry tak berhenti mencari penerbit yang sesuai dengan naskahnya hingga akhirnya sebuah penerbit kecil menerima naskahnya, itu pun dikarenakan anak dari direktur tersebut yang masih berusia 8 tahun meminta ayahnya agar naskah Harry bisa diterbitkan. Siapa sangka, novel yang kini best seller ini dulunya punya kisah yang menyedihkan.

 

  1. Stephanie Meyer memiliki novel yang berjudul Twilight, naskah ini sebelumnya pernah ditolah oleh suatu penerbit namun kemudian penolakan itu diterima Meyer setelah ia mendapatkan penawaran untuk naskahnya diterbitkan dan dikontrak oleh penerbit, sehingga membuat penolakan ini tidak begitu tersebar di pasaran.

 

  1. Gone With The Wind, siapa yang akan mengira naskah sebaik ini bahkan pernah ditolak selama tiga puluh delapan kali, jumlah yang cukup banyak, hebatnya penulisnya tetap mempertahankan karyanya hingga akhirnya diterima oleh penerbit.
  2. The Princess Diaries adalah sebuah naskah novel karya  Meg Cabot. Naskah terbaik ini pernah mengalami penolakan selama tujuh belas kali hingga untuk yang delapan belas-nya naskahnya disetujui dan diterbitkan.

 

  1. A Time to Kill, sebuah novel karya Jhon Grisham pernah ditolah oleh enam belas penerbit dan juga enam belas agen penerbitan hingga akhirnya berhasil diterbitkan, padahal itu adalah novel pertama kali Jhon.

 

  1. The Jungle Book, ialah sebuah novel karya Rudyart Kipling, pernah ditolak oleh editor namun akhirnya berhasil hingga kemudian berkesempatan untuk dfilmkan oelh Disney dan dikenal dengan tokoh Mowgli dan Baloo.

 

  1. Stephan King pernah menulis novel yang berjudul Carrie, naskah tersebut pernah mendapat sebuah penolakan dari penerbit dengan catatan yang mengatakan “Kami tidak tertarik pada fiksi sains yang berhubungan dengan utopia negatif. Novel jenis ini tidak akan laku”.

 

  1. Mary Higgins Clark pernah menulis sebuah novel dengan genre misteri, tetapi satu penolakan yang cukup menyakitkan baginya ia ketika Mary mendapat penolakan dari penerbit dan mengatakan “Sepertinya gadis ini tidak memiliki persepsi ataupun perasaan khusus yang membuat orang merasa lebih daripada sekadar ingin tahu”

Nah, itu hanya lah sebagian contoh dari beberapa penulis terkenal yang kini telah berhasil menerbitkan sebuah karya best seller. Sebaik-baiknya karya seseorang tentu memiliki kisahnya sendiri. Karenanya kamu, sebagai seorang penulis jangan pernah takut, kecewa apalagi putus asa ketika naskahmu ditolak, karena kamu tidak akan tahu penerbit mana yang akan berjodoh dengan naskah terbaikmu itu. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *