Mutia Mahayu, Mengukir Prestasi Melalui Hobi

  • Whatsapp
Mutia Mahayu
Mutia Mahayu

 

Dunia tarik suara atau yang lebih sering disebut menyanyi menjadi salah satu bagian dari hobi oleh kebanyakan orang. Tidak peduli apakah suara yang dihasilkan akan bagus atau tidak, yang penting hati senang dan menaikkan semangat juga mood bagi yang melakukannya. Tak jarang juga hobi ini mengantarkan seseorang menjadi bagian dari profesinya di masa depan.

Read More

Mutia Mahayu, atau yang biasa disapa Tia adalah satu dari anak muda Medan yang menyalurkan hobi di dunia menyanyi menjadi prestasi yang membanggakan, khususnya orang tuanya. Berawal dari hobi sejak kecil yang diturunkan dari Ibundanya, Tia sering duet dengan ibunya menyanyikan lagu-lagu favorit mereka dengan karokean dirumah.

“Dulu suka ngikutin mama nyanyi lagu-lagunya Whitney Houston, jadi yaa sejak itu jadi suka nyanyi, hobi aja buat kesenangan pribadi juga,” terang Dara kelahiran Pekanbaru, 2 November 1993 ini.

Dari hobinya itu, Ibunda Tia sendiri sadar akan kemampuan Tia dalam menyanyi akhirnya mendukung tia untuk mengikuti lomba -lomba atau audisi menyanyi di Medan. “Jadi waktu itu kebetulan ada audisi Indonesian Idol di sekolah, terus mama support tia untuk ikutan, yaudah akhirnya ikut tanpa persiapan sama sekali. Pas ikut juga jurinya bilang kalo lulus nanti dihubungi kembali,” tambahnya.

Tak lama, Tia pun mendapat konfirmasi untuk ikut audisi lanjutan. Audisi itu merupakan audisi pertama yang ia ikuti di tahun 2010 sejak ia masih siswa SMAN 1 Medan.  Namun sayang, walaupun Tia gagal dalam audisi kedua ia tak putus asa. Dengan semangat dari Ibundanya, Tia ikut audisi kembali di tahun 2015 dan berhasil lolos menjadi 100 besar Finalis seluruh Indonesia yang dikarantina di Jakarta. “Tia sih ngga terlalu kecewa, ya anggap aja sebagai pengalaman pribadi terus nambah temen juga dari berbagai kota,” ujar penyuka warna merah ini.

Berbekal pengalamannya mengikuti audisi hingga ke ibukota, pemilik rambut panjang ini juga mengikuti lomba menyanyi yang diselenggarakan oleh salah satu perusahaan ritel besar di Indonesia (Indomaret). Bersama dua orang temannya, Tia membentuk grup vocal bernama “Triangle” yang mengantarkan mereka menjadi Juara II Festival Vokal Grup  se-Sumatera Utara. Tak hanya sampai disitu, karir Trio Vokal ini mendapat penggilan untuk ikut melanjutkan audisi X-Factor di Jakarta. walaupun tidak lulus ke tahap selanjutnya, mereka tidak kecewa karena banyak mendapat pengalaman berharga di Ibukota.

Kompetisi Yang Diikuti Mutia
Kompetisi Yang Diikuti Mutia

 

Alumni FE USU ini juga bercerita untuk saat ini ia ingin melanjutkan karir di bidang lain mengingat Tia baru menyelesaikan studinya. “Apalagi juga anggota grup vokalnya sedang sibuk dengan karir masing-masing, susah menyocokkan jadwal untuk latihan jadi kita sekarang off dulu”.  Walaupun begitu, tak menutup kemungkinan suatu waktu nanti ia akan menyelami lagi dunia tarik suara untuk kembali mengukir prestasi demi membanggakan kedua orangtuanya.

Dunia menyanyi memang tidak mengenal usia, walaupun memilih untuk off sementara, tidak masalah bagi Tia untuk melanjutkan karirnya untuk beberapa tahun ke depan. Dengan prestasi yang telah diraihnya Tia ingin menunjukkan pada anak muda khususnya Medan bahwa hobi jika ditekuni bisa membawa kita pada prestasi yang mungkin tak pernah kita fikirkan sebelumnya.

“Makanya sekarang juga kan udah banyak orangtua yang memasukkan anaknya dari kecil ke tempat les vokal karena hobi yang anaknya punya tadi, tapi kalaupun hobi belum bisa jadi profesi dan banyak mengukir prestasi tetap semangat dan banyak belajar dari pengalaman yang sudah ada aja,” tutupnya di akhir wawancara.***(CM-K1/Adenovina Dalimunthe)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *