Mengatasi Haid Tidak Teratur Secara Tradisional

  • Whatsapp
Menstruasi
Menstruasi

 

Menstruasi merupakan hal wajib yang dialami semua wanita setiap bulannya. Normalnya siklus haid adalah 28-35 hari. Namun, tidak sedikit wanita yang memiliki siklus haid diluar siklus normal (2-3 bulan sekali atau 14 hari sekali) dan berakibat haid menjadi tidak lancar. Jika terlalu sering, hal ini dapat memicu penyakit dan biasanya siklus tidak teratur ini juga dibarengi dengan rasa nyeri dan sakit yang menjadi pertanda adanya kondisi tidak sehat di rahim penderitanya. Beberapa penyebab siklus haid tidak teratur diantaranya adalah:

Read More

  1. Gangguan Fungsi Hormon

Menstruasi pada wanita disebabkan oleh hormon yang dikendalikan oleh kelenjar hipofisa yang terletak di otak. Sistem hormonal ini bekerja untuk mengatur produksi sel telur, jika terjadinya gangguan pada sistem ini maka akan mempengaruhi sistem haid.

 

  1. Depresi atau Stres

Stress yang dialami penderitanya dapat menyebabkan mudah lelah, sehingga mempengaruhi serta menggangu metabolisme tubuh. Hal ini disebabkan oleh kenaikan hormon kortisol yang disebabkan oleh stress sehingga mengganggu hormon reproduksi.

 

Jika berkonsultasi dengan dokter maka biasanya kita disarankan untuk diberikan tambahan hormon tertentu sehingga hormon tubuh menjadi seimbang. Untuk mengurangi konsumsi bahan kimia pada obat-obatan. Berikut beberapa tips untuk mengatasi haid tidak teratur dengan cara alami.

  1. Jus Pepaya

Buah pepaya yang rasanya manis dan baik untuk pencernaan ini telah lama dikenal dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Ada begitu banyak nutrisi yang dikandung oleh buah pepaya seperti kaya akan zat antioksidan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, dan beta karoten. Selain itu enzim pencernaan yaitu papain yang ada di dalam pepaya membantu untuk menyembuhkan cedera dan alergi yang Anda derita.

Salah satu cara terbaik untuk mengonsumsi buah pepaya adalah dengan dibuat sebagai jus. Anda dapat mencampur beberapa tetes lemon dan 1 sendok makan madu ke dalam jus papaya. Minum Segelas jus pepaya tiap pagi dapat membantu memperlancar menstruasi Anda. Jus pepaya juga dapat memperlancar aliran darah selama menstruasi.

 

  1. Sering Makan Buah Anggur

Buah yang satu ini sangat kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Secara umum kandungan nutrisi anggur terdiri dari 70 persen air dan 20 persen zat gula, yang menjadikan buah anggur sangat baik untuk metabolisme tubuh yang menjadikannya membantu memperlancar haid.

 

  1. Jus Labu

Jus labu ini meskipun rasanya pahit tetapi kaya akan manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah melancarkan haid yang tidak teratur. Jangan lupa tambahkan madu untuk menawarkan rasa pahitnya agar terasa lebih nikmat saat diminum.

 

  1. Cuka Apel

Minuman alami yang dapat membantu melancarkan haid adalah cuka apel. Cuka apel ini dapat dijadikan minuman ataupun bisa ditambah pada salad ataupun buah-buahan. Cuka Apel ini juga baik dikonsumsi oleh penderita Maag. Jadi penderita Maag tidak perlu takut mengonsumsi cuka apel ketika haidnya mulai tidak lancar.

 

  1. Jus Lidah Buaya

Wijen merupakan salah satu jenis bahan campuran yang biasa digunakan pada makanan, yang berbentuk seperti biji-bijian kecil. Sesuai dengan bentuknya, wijen masuk ke dalam kelas biji yang dapat dikonsumsi oleh manusia dengan cara diolah terlebih dahulu. Biasanya, kita dapat menemukan wijen pada campuran dan juga topping dari berbagai macam makanan, seperti kue, roti, onde-onde dan masih banyak lagi.

 

Biji wijen sudah terkenal dari zaman nenek moyang kita bermanfaat untuk memperlancar haid. Caranya adalah dengan merendam segenggam biji wijen dalam segelas air hangat selama semalaman lalu diminum dipagi harinya.

 

Lima hal diatas merupakan tips-tips yang dapat dilakukan ketika kita mengalami haid tidak teratur, semoga bermanfaat.***(CM-K1/Ade Novina Dalimunthe)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *