Memaksimalkan Diri dengan Berfikir Positif

  • Whatsapp
Berpikir Positif
Berpikir Positif

 

Berpikir positif memang perkara sederhana, tetapi ternyata sulit untuk ditanamkan dalam diri seseorang karena beberapa hal tertentu yang melatarbelakanginya. Sikap positif pada dasarnya bisa dibentuk dengan cara memasukkan pikiran-pikiran, kata-kata maupun pikiran-pikiran yang membangun untuk perkembangan sebuah pemikiran. Namun, sayangnya berpikir positif nyatanya sulit dilakukan oleh mereka yang telah banyak menanamkan pikiran negatif terlebih dahulu ke dalam pemikiran sehingga terjerat dan justru merajai pemikiran. Padahal dengan berpikir positif banyak sekali manfaatnya dan salah satunya adalah sebagai jalan menuju kesuksesan.

Read More

Kebahagiaan, kesehatan, ketenangan dan ketentraman mulanya berawal dari berpikir positif. Istilahnya sesuatu akan terjadi sesuai pemikiran yang ada di kepala kamu, pikiran positif lah yang akan mewujudkannya sehingga berpikir positif dapat diakui sebagai salah satu bentuk sikap yang mengharapkan hasil yang menguntungkan. Semakin sering pikiran positif tertanam di pikiranmu maka akan semakin berkuasa lah pikiran tersebut dalam kehidupanmu dan lambat laun pikiran positif tersebut lah yang akan mengalahkan pemikiran negatif dalam hidupmu. Begitu juga sebaliknya.

Konsep diri positif pun berawal dari pemikiran yang positif pula yakni ketika seseorang mampu menghargai dirinya serta melihat hal-hal positif yang akan membawanya pada kesuksesan di masa yang akan datang. Dari memahami akan konsep diri itulah maka akan adanya penerimaan diri, hal itu dikarenakan orang yang memiliki konsep diri yang positif maka akan mengenal dirinya sendiri dengan baik pula.

Dalam hal ini yang dimaksudkan dalam penerimaan diri adalah ketika kamu mampu menerima informasi tentang dirimu sendiri, baik itu yang bersifat positif maupun negatif tentang diri sendiri. Tahukah kamu bahwa seseorang yang memiliki pemikiran positif akan menerima dan memahami kenyataan apapun yang terjadi pada dirinya. Optimis, dan sikap penuh percaya diri selalu menjadi poin penting yang tertanam di dalam dirinya sehingga apa yang ingin dilakukannya akan berhasil sesuai dengan pemikiran positif dan keyakinan yang terdapat di dalam dirinya.

Begitu pun dengan kegagalan yang menimpa dirinya, tidak akan menjadikan orang yang berpikir positif menjadi lebih baik menghadapi kegagalan tersebut.

Jika dalam keseharian kamu memandang dirimu dengan positf maka hal tersebut akan memunculkan harga diri yang positif pula terhadap dirimu sendiri sehingga pada suatu ketika akan memunculkan motivasi dalam meraih suatu impian dan cita-cita karena itulah yang sebenarnya menjadi sumber kekuatannya. Konsep diri positif tersebut menurut Kholifatul Adha dapat ditunjukkan dengan berbagai karateristik sebagai berikut:

  1. Ketika kamu memiliki keyakinan atas segala apapun itu dan menganggap segala masalah selalu memiliki jalan keluarnya maka kamu adalah orang yang memiliki konsep diri positif, karena itulah sikap optimis dan pantang putus asa selalu menjadi poin penting dalam hidup kamu.
  2. Percayalah bahwa kamu dan orang lain itu sama, dilahirkan dengan kecerdasan yang sama dan mengembangkannya lah kamu selalu dengan cara yang berbeda. Kamu adalah setara dengan orang lain, percayalah.
  3. Ketika kamu mendapatkan sebuah penghargaan dan pujian itu berarti kamu sedang diberikan dukungan atas apa yang telah kamu capai, percayalah ketika konsep dirimu positif maka hal tersebut akan menghampir kamu.
  4. Kamu sadar bahwa setiap orang memiliki perasaan dan keinginan yang berbeda, namun tak jarang orang yang memiliki konsep diri positif juga akan memahami tentang perasaan dan keinginan orang lain.
  5. Memiliki dorongan untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik adalah ketika kamu memiliki konsep diri yang positif.

Mari bersama-sama menanamkan konsep diri positif di dalam diri karena ketika kamu melakukannya maka kamu akan mampu mempengaruhi orang lain, berani, optimis, sehingga mampu menjadi sukses di masa depan. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *