Manfaat Musik Bagi  Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp
Musik Bagi Kesehatan Tubuh
Musik Bagi Kesehatan Tubuh

 

Banyak orang yang senang mendengarkan musik, namun hanya sekedar mendengar, tanpa tau manfaatnya. Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga menciptakan irama, lagu, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan oleh alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik. Musik sudah ada keberadaannya sejak zaman dahulu. Mendengar musik adalah hiburan menyenangkan yang mudah dilakukan kapanpun, dimanapun, baik diwaktu senggang, maupun tidak.

Read More

Musik sangat berpengaruh untuk mengubah suasana hati menjadi lebih baik disaat-saat paling rumit dalam hidup seseorang, misalnya skripsi tak kunjung selesai sidang tak kunjung datang, ataupun ditinggalkan oleh seseorng yang sangat berarti dalam hidup. Bicara soal musik, musik banyak macamnya. Banyak alat musik yan bisa menghasilkan musik, bahkan tangan kita bisa memproduksi musik.

Musik adalah pelengkap bagi para penyanyi panggung. dengan musik, suasana panggung akan lebih hidup dan meriah. Namun musik bukan hanya sebagai media penghibur hati yang sedang gundah gulana, ataupun pelengkap saja. Banyak hal unik dari musik yang baik untuk kesehatan tubuh manusia, fatalnya adalah hal ini tidak diketahui orang. Ini dia beberapa fakta unik dan manfaat sehatnya untuk tubuh manusia.

  1. Merespon Otot Tubuh

Saat mendengarkan musik, tanpa disadari sabagian tubuh kita ikut bergerak, seakan ikut berirama. Pergerakan otot tubuh ini sangat bagus, sama halnya kita berolahraga, walaupun dalam porsi kecil. Misalnya pergerakan alis mata sebagai bentuk ekspresi penghayatan terhadap musik, pergerakan mulut saat ikut bernyanyi, pergerakan tangan atau kaki, semua pergerakkan ini memperlancara jalannya darah keseluruh tubuh, selain itu memperketat kulit wajah dan mencegah penuaan dini, karena  perasaan senang saat mendengar musik.

 

  1. Penenang Jiwa

Pekerjaan terbengkalai hanya karena hati dan jiwa anda merasa sedih dan tidak tenanga akibat putus cinta? Musik adalah salah satu  media ampuh untuk mengubah suasana hati dari yang kacau menjadi lebih kacau jika musik yang didengar adalah musik galau. Dengarkanlah musik-musik yang membangkitkan semangat, dan membuat tubuh ingin bergerak serta ikut bernyanyi sehingga jiwa menjadi lebih tenang. Karena semua penyakit sebenarnya berasal dari jiwa yang tidak sehat. Bersama jiwa yang sehat terdapat tubuh yang kuat.

 

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa musik meningkatkan kecerdasan otak baik untuk janin yang masih dalam kandungan, balita maupun orang dewasa. Musik klasik lebih dipercaya mampu untuk meningkatkan kecerdasan otak.  Dalam mendengar musik, kinerja otak dipaksa untuk menyeleksi nada-nada, semakin tinggi tingkat kesulitan dari sebuah lagu maka akan semakin bagus untuk otak si pendengar.

Pengaruh yang lebih besar akan sangat terasa untuk janin yang masih berada dalam kandungan. Janin diajarkan untuk belajar dini tentang musik. Melatih calon jabang bayi lebih aktif dikarenakan melodi musik yang berirama memancing pergerakan serta melatih calon buah hati untuk berkomunikasi dengan baik. Mendengarkan musik juga baik bukan hanya untuk sijanin namun sebagai penghilang stres dan jenuh untuk sang ibu.

 

  1. Memulihkan tubuh

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mendengarkan musik dapat mengurangi rasa sakit. Penelitian lain menunjukkan bahwa musik dapat bermanfaat bagi pasien penyakit jantung dengan mengurangi tekanan darah, denyut jantung dan kecemasan.

Terapi musik juga telah ditunjukkan untuk mengangkat semangat pasien dengan depresi. Membuat musik sendiri, baik memainkan alat musik atau bernyanyi, dapat memiliki efek terapi juga.

 

  1. Mencegah Kepikunan

Mendengar musik dapat mencegah kepikunan baik untuk anak remaja maupun orang lanjut usia. Pendapat orang tentang musik, jika terlalu sering mendengarkan musik dapat menyebabkan kepikunan, itu salah. Malah sebaliknya.

Apapun jenis musik yang kamu dengarkan, baik tradisional maupun musik modern. Fungsi musik akan tetap sama bagi tubuh. Ada baiknnya jika kita juga sesekali mendengarkan musik-musik daerah Indonesia agar kelestarian budaya Indonesia tidak terabaikan yang berujung pada pengklaiman hak cipta oleh pihak lain. Pada dasarnya tidak ada musik yang membahayakan tapi tergantung dari musik yang biasa didengarkan. Ada sebagian orang yang memang sulit untuk mengubah kebiasaan, apabila diubah malah akan beresiko buruk untuk mentalnya. Misalnya orang yang sudah sejak kecil mendengr musik rok tidak akan tahan jika diminta untuk 5 menit saja mendengarkan musik klasik. Itulah manfaat musik bagi tubuh, semoga bermanfaat.***(CM-Ist/Mardianto)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *