Makanan dan Minuman Sehat Saat Musim Hujan

  • Whatsapp
Jahe Hangat
Jahe Hangat

 

Banyak makanan dan minuman enak yang bisa dikonsumsi di musim hujan, namun yang enak-enak belum tentu sehat, bukan? Musim hujan adalah saat dimana banyak orang jatuh sakit lantaran terkejut dengan cuaca ekstrem yang tiba-tiba hujan, tiba-tiba panas. Tapi yang banyak terjadi yaitu dikarenakan kebanyakan dari kita tidak bisa menyeimbangkan antara cuaca dengan makanan yang seharusnya dikonsumsi saat musim hujan.

Read More

Cuaca sering sekali menjadi alasan ketika kita terserang penyakit, apalagi musim hujan. Padahal tubuh akan baik-baik saja, jika kita benar-benar menjaga pola makan. Seperti yang kita ketahui musim hujan atau musim basah adalah musim dengan ciri meningkatnya curah hujan di suatu wilayah dibandingkan biasanya dalam jangka waktu tertentu secara tetap. Maka dari itu kita pun juga harus menjaga pola makan yang tetap selama musim hujan dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat untuk dikonsumsi pada mmusim hujan juga. Berikut makanan dan minuman sehat untuk dikonsumsi saat hujan.

  1. Daging Sapi

Daging sapi mengandung Selenium dan Zinc. Selenium merupakan suatu zat yang membantu tubuh manusia untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya, hampir mirip dengan fungsi dari zat besi yang juga dapat meningkatkan sistem imun manusia. Zat lain yang juga membantu tubuh manusia meningkatkan kekebalannya adalah zinc. Dengan zinc, tubuh manusia selain mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Agar kekbalan tubuh tidak terserang virus atau bakteri selama musim hujan, daging sapi sangta direkomendasikan, konsumsilah daging sapi dalam bentuk olahan apapun asalkan jangan mentah.

  1. Jamur

Saat musim hujan batuk,pilek dan flu menjadi penyakit langganan. Sistem kekebalan tubuh kerap di temui menurun pada kondisi suhu dingin.Inilah kemudaian di manfaatkan oleh virus atau bakteri untuk masuk ke dalam tubuh dan melakukan infeksi. Muncullah kemudian berbagai gejala influenza hingga batuk pilek. Namun menurut temuan dari ilmuwan di Universitas Tufts, Amerika Serikat, ada cara enak untuk mencegah flu yaitu dengan mengonsumsi jamur.

  1. Jeruk

Jeruk merupakan sumber vitamin C yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis buah-buahan lainnya. Satu buah jeruk berukuran sedang dapat memenuhi sekitar 72% dari kebutuhan harian vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.  Vitamin C pada jeruk juga efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. The hijau

Mencegah bibit penyakit menginfeksi tubuh. Teh hijau memliki zat katekin. Zat ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu minuman ini juga berfungsi sebagai antivirus. Sebuah studi di Jepang menemukan, anak-anak yang minum teh hijau enam hari berturut-turut memiliki risiko terkena flu lebih rendah.

  1. Wortel

dapat mencegah masuknya penyakit, serta mencegah terjadinya peradangan akibat serangan dari virus. Sistem imun tubuh dapat diperkuat juga dengan mengkonsumsi wortel secara rutin. Penelitian menunjukkan bahwa memakan wortel yang dicampur dengan ketumbar, mampu mencegah masuknya virus-virus berbahaya yang menyerang tubuh. Campurlah ketumbar dalam sup wortel untuk mengkonsumsinya dengan bersamaan. Selain itu wortel juga mengandung antioksidan, yang terkenal manfaatnya dalam menjaga tubuh dari radikal bebas.

  1. Jahe hangat

Jahe sangat terkenal dengan pedas dan pahit. Namun jahe memiliiki khaaasiat untuk mengobati flu, penyakit yang sepele namun dapat mengundang penyakit-penyakit lainnya. Hidung tersumbat dan kepala pusing karena flu, maka dari itu saat flu menyerang segera minum jahe hangat. Agar tidak sempat mengganggu aktivitas Anda. Jahe bisa membantu mengobati flu yang sedang diderita. Minumlah seduhan jahe hangat, yang dicampur dengan madu atau gula jawa. Minum ramuan ini minimal dua kali dalam sehari, pagi dan malam. Minum secara taratur dan dapatkan tubuh sehat, karena terbebas dari flu maupun batuk. Selain murah, jahe adalah bahan yang mudah didapat.

  1. Air kelapa

Membantu kerja sistem imun, Kandungan asam laurat yang terdapat di dalam air kelapa hijau, berperan untuk membunuh virus dan bakteri, sehingga membantu tubuh dalam menjaga sistem imun yang sangat rentang dengan musim hujan.Kandungan yang ada pada air kelapa bisa berperan sebagai anti-biotik, anti-jamur dan anti-bakteri untuk mencegah penyakit. Air kelapa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat, membantu untuk membersihkan tubuh dari bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih, penyakit gusi, dan beberapa masalah lainnya.***(CM-01/Chairunnisa)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *