Mahasiswa UIN SU Kalahkan UI dalam Infografis Nasional

  • Whatsapp
Infografis Sungai Deli
Infografis Sungai Deli

 

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara(UIN SU) sepertinya tak pernah kehabisan mahasiswanya yang terus menorehkan prestasi, baik dalam skala provinsi maupun nasional. Mengalahkan universitas-universitas ternama Indonesia seperti Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro dan lain-lain, dua orang mahasiswa UIN-SU berhasil keluar sebagai juara pertama dalam sebuah kompetisi bertemakan “Ekowisata Membangun Wisata Indonesia” yang diadakan oleh LPM(Lembaga Pers Mahasiswa) Manunggal Universitas Diponegoro, Semarang.

Read More

Mereka adalah Ahmad Azwar Batubara seorang mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam bersama dengan rekannya yakni Muhammad Hisyamsyah Dani dari Fakultas Syariah dan Hukum. Keduanya berhasil membawa hasil yang sangat memuaskan dalam kategori Infografis Jurnalism dengan mengangkat konten mengenai potensi dari sungai paling terkenal di Kota Medan yaitu Sungai Deli.

Infografis Nasional
Infografis Nasional

Sungai Deli diangkat karena salah satu ikon Kota Medan serta memiliki sejarah panjang, sudah selayaknya kondisi tetap terjaga agar tetap bersih juga mendorong banyaknya wisatawan untuk datang.

“Ada alasan kenapa kami pilih Sungai Deli untuk infografis yang kami buat. Sebelumnya beberapa waktu yang lalu kami pernah berpartisipasi menjadi salah satu panitia di kegiatan Indonesia Bebas Sampah 2020. Waktu itu kan kegiatannya juga membersihkan Sungai Deli. Jadi, kami berpikir kenapa kampanye ini nggak terus dilanjutkan dalam bentuk infografis,” ucap Hisyam mengenai alasanya mengangkat Sungai Deli.

Azwar juga menegaskan bahwa Infografis yang mereka buat lebih unggul dari segi datanya dibanding kompetitor lain. Menghabiskan waktu kurang lebih satu bulan, mereka berdua menggunakan data-data terbaru serta referensi dari tokohnya juga buku-buku sejarah sehingga apa yang ditampilkan dalam infografis tersebut bisa dipercaya.

“Waktu diumumkan sebagai juara pertama ya rasanya itu senang kali, apalagi ini perdana buat kami ikut kompetisi. Terus, juga bawa nama organsisi dan kampus, pastilah ada rasa bangga,” .tutur Azwar yang juga merupakan anggota dari Lembaga Pers Mahasiswa Dinamika UIN SU.

Walaupun sukses meraih prestasi di tingkat nasional sekaligus mengharumkan nama Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Ternyata ada sedikit cerita tentang keduanya yang cukup menarik, yakni pihak kampus hampir tidak ada campur tangan sama sekali. Bagaimana bisa? Dijelaskan oleh mereka jika tiga hari sebelum keberangkatan mereka menuju Semarang untuk menghadiri undangan kompetisi tersebut, keduanya  harus mengeluarkan uang sendiri untuk biaya perjalanan.

“Sebelumnya kami udah buat proposal ke biro supaya ngeluarin uang buat biaya transportasi kami. Tapi, berhubung waktunya yang terlalu mepet jadi nggak sempat ditandatangani sama wakil rektor, ya terpaksalah keluar duit sendiri,” ujar Azwar.

Azwar dan Hisyam
Azwar dan Hisyam

 

Kembalinya mereka dari Semarang juga ternyata tak berdampak banyak. Ketika ditanya soal respon pihak kampus dengan prestasi yang telah meraka capai ternyata juga tak terlalu terlihat.

“Sampai sejauh ini sih belum ada. Paling cuma beberapa dosen aja yang kasih selamat sama temen-temen diorganisasi. Sebenarnya agak sedih sih, soalnya kan kami udah mengharumkan nama Universitas tapi ya gitu. Cuma bukan berarti langsung patah semangat yang terpentingkan bukan apresiasi yang kami terima, tapi, bagaimana kita terus bisa berbuat yang terbaik sebagai mahasiswa dari UIN SU”. Kata Hisyam.

Bicara tentang rencana kedepannya ternyata kedua mahasiswa semester 5 ini memiliki tujuan yang berbeda-beda. Hisyam sendiri yang memiliki latar belakang hukum ini ingin terus berada dalam dunia jurnalistik, tapi tetap ingin menambatkan segala macam ilmu karena baginya suatu saat apapun keahlian dalam diri kita pasti akan berguna. Sedangkan Azwar yang mengecap pendidikan dibidang ekonomi memiliki hasrat untuk menjadi seorang pengusaha di kemudian hari.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *