Lemak Dapat Meningkatkan Kinerja Otak, Benarkah?

  • Whatsapp
Manfaat Lemak
Manfaat Lemak

Lemak pada tubuh pada umumnya tidak diinginkan oleh semua orang, karena lemak dapat menimbulkam berbagai jenis penyakit berbahaya. Hal yang sangat identik dengan lemak adalah berat badan. Namun berbeda halnya dengan makanan yang mengandung lemak, makanan berlemak malah banyak disukai orang. Umumnya makanan nikmat adalah makanan dengan kadar lemak yang banyak.

Bicara soal lemak, lemak terkenal sangat negatif dan sulit larut dalam air. Keberadaan lemak ternayata sangat diperlukan oleh tubuh dalam beraktivitas. Lemak terbagi menjadi lemak sederhana, lemak campuran serta lemak asli. Lemak asli terbagi lagi menjadi asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh.

Read More

Manfaat utama lemak dalam tubuh adalah sebagai penyerap vitamin, jadi jika tidak ada lemak dalam tubuh, tubuh akan kekurangan stok vitamin dalam tubuh seperti vitamin A,D, E dan vitamin K sebagai vitamin yang mudah larut. Masih banyak lagi manfaat lemak untuk tubuh. Berikut manfaat lemak

  1. Sumber Energi

Lemak merupakan sumber energi utama bagi tubuh untuk melakukan proses metabolisme tubuh. Sumber energi yang diperoleh dari lemak nabati maupun hewani. Dalam beraktivitas tubuh sangat membutuhkan energi yang besar. Disinilah peran lemak dibutuhkan oleh tubuh.

 

  1. Pelindungan Tubuh

Keberadaan organ dalam tubuh ternyata dilindungi oleh lemak. Lemak membalut jantung dan lambung agar tidak mudah luka akibat unsur-unsur lain yang masuk dalam tubuh. Lemak membantu pertumbuhan sel baru dalam tubuh. Lemak juga menjaga tidak hanya dari dalam, lemak juga menjaga tubuh dibagian luar. Lemak menjaga kesuburan kulit dengan mengatur kelembaban kulit menyesuaikan dengan cuaca.

 

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Hal yang tidak diketahui adalah lemak sangat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan otak untuk berpikir cepat. Otak termasuk organ tubuh yang mengendalikan semua aktifitas manusia. Di dalam otak banyak sekali sel-sel yang mendukung kerja otak. Sel-sel tersebut terbantu oleh adanya lemak, lemak terus membuat perkembangan terhadap hubungan baik antara sel motorik dengan sel otak dan membuat sel-sel otak yang sehat. Dengan otak yang sehat semua aktifitas akan berjalan lancar dan semestinya.

 

  1. Menghindari Stroke

Pengetahuan orang bahwa lemak penyebab stroke tidak semuanya benar. Stroke disebabkan karena tingkat kolestrol berlebih dalam tubuh. Kolestrol disebabkan oleh lemak jenuh yang  berujung pada stroke. Namun dengan lemak jugalah stroke bisa dihindari, yaitu dengan mengkonsumsi  makanan sehat yang juga mengandung lemak, lemak tak jenuh namanya. Lemak tak jenuh merupankan musuh dari lemak jenuh. Lemak tak jenuh dapat diperoleh dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti kacang-kacangan, ikan, jagung serta alpukat yang mengandung omega 3 dan omega 6.

 

  1. Mengontrol Berat Badan

Biasanya lemak sering disebut-sebut sebagai penyebab berat badan yang berlebihan. Sebenarnya berat badan berlebihan terjadi karena kita tidak bisa menahan keinginan untruk makan. Tidak jarang terjadi, padahal kita tidak merasa lapar namun tetap ingin makan sesuatu, itulah penyebabnya. Sementara lemak berfungsi sebagai penahan rasa lapar.

 

  1. Lemak Menghangatkan Tubuh

Jika kamu berada didalam udara dingin yang tidak bisa diterima tubuhmu, secara otomatis lemak akan melakukan pemanasan terhadap tubuh. Itulah sebabnya mengapa orang gemuk memiliki tubuh yang lebih hangat ketimbang dengan orang yang bertubuh kurus. Orang gemuk juga lebih mampu bertahan lama dalam cuaca dingin.

Konsumsilah makanan yang tidak mengandung lemak jenuh. Menjaga kondisi tubuh agar tetap prima sangat penting. Itulah mengapa kamu harus pintar-pintar dalam memilih menu makananmu, yaitu dengan mengkonsumsi makanan dengan kadar lemah tak jenuh. Nah lemak tak selalu membawa malapetaka bukan?***(CM-01/Chairunnisa)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *