Kunci Sukses Bekerja di Rumah

  • Whatsapp

 

Bekerja Dirumah
Bekerja Dirumah

 

Read More

Menjadi pekerja kantoran memang tidak selalu berjalan menyenangkan, ada beberapa poin penting yang kamu inginkan terkadang tidak bisa kamu lakukan. Jam kerja di kantor yang menghabiskan waktu dari pagi hingga sore juga membuat kamu terbatas untuk berekspresi secara bebas. Karena hal itulah yang membuat seseorang terkadang merasa harus melakukan curi-curi waktu untuk sekedar menonton tayangan favoritmu, memakan snack yang kamu bawa dari rumah hingga berselancara di dunia maya. Kesenangan tersebut memang harus ditunda sampai kamu tidak lagi di dalam waktu “jam kerja”.

Hal ini sangat berbeda jika kamu bekerja di rumah, pastinya sangat seru dan menyenangkan karena kamu bisa dengan bebas menonton tayangan yang kamu inginkan, makan sesuka hatimu hingga bebas berselancar membuka situs sosial media selama kuota internet masih tersedia. selain itu, tak seorang pun yang akan mengawasi kamu mau berbuat apa, kamu bebas melakukan segalanya sesuka hatimu.

Tapi, coba diingat kembali apa sebenarnya tujuan kamu bekerja di rumah? Apakah hanya agar dekat dengan keluarga selama 24 jam dalam sehari. Sepertinya tidak melulu harus itu. Tetapi kamu juga harus memikirkan bagaimana seharusnya bekerja di rumah tetapi lebih efisien, baik dalam hal waktu maupun dalam hal produktifitas. Ya, karena hakikatnya banyak sekali godaan di rumah yang bisa diakui oleh semua orang bahwa banyak sekali kegiatan yang dapat merusak produktivitasmu.

Kamu bahkan sering kali tergoda untuk menonton televisi yanga wlanya hanya 5 menit tapi terus berlangsung hingga berjam-jam lamanya, begitu pula saat kamu hendak mengecek email yang masuk tapi akhirnya kamu tergoda untuk chatingan dengan temanmu tanpa berhenti karena asyik bercerita. Hal itulah yang menjadi godaan terbesar yang nantinya membuat efesiensi kerjamu menjadi berkurang, sebentar-sebentar kamu toleransi sama kenakalan yang kamu lakukan tapi pada akhirnya kamu sadar bahwa seharian kamu tidak melakukan apa-apa.

Karena hal tersebut, satu hal yang paling penting harus kamu lakukan adalah galak lah pada diri sendiri. Memang tidak semua orang bisa melakukannya, karena itu pula lah banyak orang yang tidak bisa bekerja di rumah tanpa pengawasan orang lain, tanpa harus diingatkan, ketika kamu memutuskan untuk bekerja di rumah maka kamu harus siapa untuk galak terhadap dirimu sendiri.

Mandiri dan disiplin adalah dua poin untuk menjadi sukses bila ingin bekerja di rumah. Karenanya kamu harus tau kapan waktu yang tepat bagimu untuk duduk di meja kerja tanpa membiarkan sosial media aktif sepanjang waktu, jika memang ingin memainkannya ambil lah waktu 5-15 menit saja. Jangan biarkan kebiasaan ini berkepanjangan karena akan merusak jam kerjamu. Jadilah bos untuk dirimu sendiri, dan jadilah galak untuk menyikapi pekerjaanmu sendiri. Satu hal yang pertama kali harus kamu lakukan adalah membuat aturan main untuk dirimu sendiri, kapan harus serius dan kapan harus sedikit bersantai tanpa mengabaikan keluarga di rumah. Begitu juga, carilah sebaik-baiknya kenyamanan, melalui lokasi tempat pekerja hingga waktu bekerja yang tepat .

Untuk itu sebaiknya ingin beberapa poin ini untuk membuat kamu lebih efesien bekerja di rumah yakni : pastikan kamu akan bekerja berapa hari dalam satu minggu, pastikan berapa jam dalam sehari yang akan kamu gunakan untuk bekerja, pastikan berapa jam dalam sehari waktu yang akan kamu gunakan untuk berisitriahat dan bermain sosial media, pastikan apa saja yang kamu butuhkan saat bekerja, dan jangan lupa pastikan apa yang menjadi prioritas utamamu dalam bekerja. Semoga bahagia kerja di rumah ya. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *