IBX5A49C9BC313D6 Kerjabilitas, Kesempatan Bekerja Bagi Disabilitas - Cerita Medan

Kerjabilitas, Kesempatan Bekerja bagi Disabilitas

Kerjabilitas - Foto : www.selular.id
Kerjabilitas – Foto : www.selular.id

 

Seringkali orang-orang penyandang disabilitas dianggap sebelah mata karena perbedaan yang mereka miliki. Penyebabnya pun bisa jadi karena bawaan lahir atau terjadi karena kecelakaan. Nyatanya, tak jarang para disabilitas justru memiliki kemampuan yang luar biasa, walaupun keadaan dan kondisi fisiknya terbilang berbeda dari kebanyakan orang. Tak jarang kita melihat para disabilitas ini mampu melakukan banyak hal dengan segala keterbatasannya. Mulai dari membuat kerajinan tangan, kemampuan intelektual, berolahraga, bermain musik, dan berbagai hal lainnya. Namun masih banyak dari mereka yang belum mendapatkan ruang ditengah-tengah masyarakat.

 

Salah satu kesulitan mereka yang paling terlihat adalah sulitnya para penyandang disabilitas ini mendapatkan pekerjaan yang layak. Mungkin, hal ini berkenaan dengan anggapan banyak orang bahwasanya perbedaan pada diri mereka merupakan sebuah kekurangan. Padahal orang-orang ini membutuhkan dukungan dari lingkungan sekitar, dimana dukungan tersebut akan mempengaruhi mindset atau cara berpikir mereka.

 

Kerjabilitas merupakan platform pencarian kerja atau bisa juga disebut Job Matching. Job Matching beroperasi sejak tahun 2015 telah melayani lebih dari 5000 pengguna dari seluruh Indonesia. Mereka menciptakan sistem untuk memudahkan para penyandang disabilitas untuk mencari pekerjaan, dimana hal tersebut merupakan hak mereka sebagai manusia. Seringkali perusahaan-perusahaan mengesampingkan mereka karena berbagai pertimbangan yang terkesan kurang adil. Padahal sebenarnya mereka memiliki banyak sekali potensi jika diberikan kesempatan.

 

Berkantor pusat di Yogyakarta, kini kerjabilitas mengembangkan kepeduliannya di beberapa wilayah Indonesia. Muhammad Akbar Pribadi adalah perwakilan Kerjabilitas untuk wilayah Sumatera, berdomisili di kota Medan, ia kini fokus untuk merangkul para penyandang disabilitas untuk mendapatkan pekerjaan yang setara.

 

“Sistem kerjanya adalah user kami terbagi dua, satu penyandang disabilitas itu sendiri, yang kedua, perusahaan yang bersedia mempekerjakan mereka penyandang disabilitas. Perusahaan itulah yang mendaftarkan diri mereka. Jadi, para penyandang disabilitas itu sendiri setelah masuk ke website kita, ketika ada lowongan, bisa langsung akses lowongan keperusahaan yang menjadi user kita, tanpa harus googling lagi,” ucap Akbar memperjelas tehnik kerja web Kerjabilitas.

 

Perlu diingat bahwa Kerjabilitas adalah suatu lembaga Non Profit, dimana mereka bergerak atas hati nurani untuk memberikan wadah bagi para penyandang disabilitas. Para sukarelawan ini siap mendampingi dan mengontrol setiap proses sebelum mereka mendapatkan pekerjaan.

 

Menurut Kerjabilitas. ada lima alasan mengapa para penyandang disabiltas dapat bekerja ditempat yang sama dengan kebanyakan orang:

 

  1. Penyandang disabilitas merupakan pemecah masalah (Problem Solver) yang sudah terbiasa menghadapi berbagai rintangan. Bahkan sejak kecil mereka sudah melewati beragam situasi. Hal tersebut menjadikan kaum disabilitas mampu beradaptasi dan memecahkan masalah yang dihadapi dengan baik.
  2. Mampu bekerja dan memiliki keterampilan, bahkan sekitar 15 persen diantara mereka tidak memerlukan modifikasi pada bangunan kantor.
  3. Bagi perusahaan dan organisasi, disabilitas memberikan nilai lebih dan meningkatkan pangsa pasar serta menjadi bagian dari komunitas yang inklusif.
  4. Faktanya bekerja di kantor yang inklusif membuat kita lebih semangat. Kerjasama tim yang baik dan meningkatkan motivasi bekerja.
  5. Penyandang disabilitas memiliki kehidupan yang sama. Disabilitas tidak berpengaruh pada kesehatan dan cara berpikir.

 

Siapapun penyandang disabilitas dapat bergabung ke Kerjabilitas hanya dengan mendaftarkan diri saja. Tak hanya pekerjaan, tapi juga menjadi sebuah komunitas dimana akan banyak pertukaran informasi antar usernya. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi lewat Facebook : kerjabilitas, twitter    :@kerjabilitas, Khusus wilayah Medan dan sekitarnya dapat menghubungi Akbar@kerjabilitas.com/Akbar@saujana.org/08116311146.***(CM 03/Rio Khairuman)

KOMENTAR

BACA JUGA