Kepinding, Serangga Penyebab Gatal-Gatal

  • Whatsapp
Kepinding Penyebab Gatal-gatal
Kepinding Penyebab Gatal-gatal

 

Serangga unik ini sangat jarang terdengar namanya. Kepinding lebih sering disapa dengan sebutan kutu busuk. Kutu busuk/bangsat atau kepinding adalah serangga parasit dari keluarga Cimicidae. Kutu busuk dikenal sebagai spesies yang meminum darah manusia dan hewan berdarah panas lainnya. Kutu busuk senang tinggal di rumah manusia, khususnya pada tempat tidur. Kutu busuk biasa tinggal dan bertelur di lipatan tempat tidur atau bantal dan tempat-tempat tersembunyi lainnya. Hewan ini adalah hewan jenis serangga yang kerap ada diwilayah pesisir.

Read More

Kepinding sudah ada sejak zaman dahulu, pada pertengahan abad ke-20, manusia sepertinya sudah menang melawan kepinding/bangsat, atau dikenal sebagai kutu busuk. Namun, pada 1970-an menggunakan DTT(Disinfeksi Tingkat Tinggi), karena sangat berbahaya bagi ekosistem banyak negara memutuskan untuk melarang penggunaan DDT sebagai senjata utama melawan kepinding.

Tubuhnya pipih dan tidak lebih besar daripada biji apel. Kepinding biasanya tinggal dalam radius 3 sampai 6 meter dari tempat tidur atau ruang duduk. Mengapa? Supaya tetap dekat dengan sumber makanan mereka yaitu manusia.

Kepinding biasanya menggigit saat korban mereka tidur. Namun, kebanyakan orang tidak pernah merasakan gigitannya karena kepinding menyuntikkan cairan bius pada kulit manusia saat menggigit, itulah sebabnya kepinding bisa mengisap darah hingga sepuluh menit tanpa terasa oleh manusia. Kepinding makan hanya sekitar seminggu sekali, namun mereka bisa bertahan tanpa makan selama berbulan-bulan. Biasanya ia akan agresif pada malam hari. Bekas dari gigitan kepinding akan menimbulkan bekas yang berupa bentol dan terasa gatal serta panas pada korbannya. Serangga parasit ini bisa menimbulkan penyakit ruam-ruam, efek psikologis, dan gejala alergi. Hewan ini beraroma tidak sedap dan sangat menyengat di hidung.

Berbeda dengan serangga penghisap darah lainnya, kepinding tidak membawa penyakit menular untuk manusia. Efek yang dibawa kepinding hanya rasa gatal dan terjadinya pembengkakan. Banyak orang tertekan secara emosi. Korban kepinding bisa mengalami insomnia, rasa malu, dan bahkan terus merasakan sensasi tidak nyaman seolah digigit, padahal kutu itu sudah lama tidak ada.

Untuk  menghindari keberadaan kepinding ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. Berikut adalah tips membasmi kutu busuk dari tempat tidur :

Bersihkan tempat tidur anda terlebih dahulu. Lepas seprai lalu cucilah seprai dan selimut secara terpisah dengan air panas. Tambahkan deterjen serta pemutih. Jika anda memiliki boneka binatang atau barang lain di tempat tidur, cuci pula dengan cara yang sama. Setelah itu, pindahkan tempat tidur ke area terbuka (bawa keluar rumah). Bersihkan daerah bekas tempat tidur secara perlahan sampai benar-benar bersih. Ambil pembersih anti bakteri (lysol, dll).

Lap permukaan kasur dengan pembersih tadi. Jangan ketinggalan bersihkan sudut-sudut dan lipatan kasur. Ambil hair dryer, nyalakan secara perlahan di atas seluruh area kasur dengan derajat panas setinggi mungkin. Tindakan ini akan menghanguskan kutu busuk dan larvanya. Jangan biarkan terlalu lama di area yang sama untuk menghindari kebakaran. Selanjutnya, lap rangka tempat tidur dengan cairan pembersih (lysol). Lap hingga ke sudut-sudut ranjang. Anda juga dapat menghindari kutu busuk menempel di tempat tidur dengan mandi dahulu sebelum tidur.

 

Cuci semua sarung bantal dan guling

Bersihkan semua sudut rumah anda dengan vacum cleaner. 

 

Tuangkan 91 persen isopropil alkohol ke dalam botol semprot. Jika Anda hendak menyemprot area yang lebih luas, campurkan Alkohol dengan air, perbandingannya 9:1, kadar air lebih sedikit dibanding Alkohol.

Namun jika kepinding sudah terlanjur menggigit kulit anda, jangan terlalu khwatir, lakukan ini.  Perhatikan bekas gigitan yanng ada ditubuh anda, karena belum tentu itu ulah kepinding. Gigitan kepinding tidak hanya memerah dan gatal tapi juga melepuh. Jika anda terkena gigitan kepinding, jangan terlalu khawatir. Berikut solusinya:

  1. Cepat-cepat cuci bekas gigitan itu dengan air dan sabun
  2. Oleskan salap pereda gatal
  3. Minumlah obat antihistamin.Obat antihistamin seperti difenhidramina (Benadryl) bisa membantu mengendalikan reaksi alergi (pembengkakan dan ruam) yang berhubungan dengan gigitan.
  4. Minumlah obat pereda rasa sakit.Jika gigitan tersebut menyebabkan rasa sakit, Anda bisa minum obat analgesik antiradang yang dijual bebas, seperti ibuprofen, naproksen, atau aspirin. Diskusikan pilihan-pilihan ini dengan dokter jika Anda ragu dengan penggunaannya dan apakah obat-obatan ini cocok untuk anda atau tidak.
  5. Periksa kedokter agar lebih aman

Demikianlah artikel seputar serangga penyebab gatal. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda.***(CM-01/Chairunnisa)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *