Kenali Jenis Kanker Sejak Dini

  • Whatsapp
Kanker
Kanker

 

Seperti kita ketahui, penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya di dunia, dan merupakan salah satu penyebab kematian di dunia. Kanker adalah pertumbuhan sel tubuh yang tidak normal. Kanker terbagi menjadi dua kategori, pertama masuk ke dalam kategori tumor ganas, yaitu pertumbuhan sel yang tidak wajar hingga menyebar dan bahkan menyerang ke bagian tubuh lainnya. Satu lagi merupakan kategori tumor jinak, yaitu sel kanker yang tidak menyerang bagian tubuh lain.

Read More

Berikut ini beberapa jenis kanker yang berbahaya dan mungkin bisa mematikan manusia yang ada di dunia.

  1. Kanker Payudara

Biasanya sel-sel dalam tubuh kita tumbuh dan berkembang biak secara teratur. Sel-sel baru terbentuk hanya saat dibutuhkan. Tetapi proses dalam tubuh pengidap kanker akan berbeda. Proses tersebut akan berjalan secara tidak wajar sehingga pertumbuhan serta perkembangbiakan sel-sel menjadi tidak terkendali. Jika terdeteksi pada stadium awal, kanker dapat diobati sebelum menyebar kebagian tubuh lainnya. Gejala awal kanker payudara adalah benjolan atau penebalan pada jaringan kulit payudara. Tetapi sebagian besar benjolan belum tentu menandakan kanker.

  1. Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru adalah salah satu penyakit yang paling umum terjadi. Ada dua jenis kanker paru-paru, yaitu kanker paru-paru primer dan kanker paru-paru sekunder. Kanker paru-paru adalah salah satu penyakit yang paling bisa dicegah. Biasanya penyakit ini erat dengan kebiasaan merokok. Gejala yang biasa dialami yaitu, batuk secara berkelanjutan hingga mengalami batuk darah, selalu merasa kehabisan napas, kelelahan tanpa alasan, dan penurunan berat badan akan muncul.

  1. Kanker Hati

Sebagian besar penderita kanker hati ini dimulai dengan adanya kanker yang ada ditempat lain yang kemudian menyebar ke hati. Biasanya penderitanya adalah lansia. Kanker hati primer adalah kanker yang berawal di organ hati dan termasuk jenis kanker yang berpotensi fatal. Ada juga dikenal dengan kanker hati sekunder yang bermula di bagian tubuh lain, seperti usus, sebelum menyebar ke hati. Gejala kanker hati meliputi, kelelahan, penurunan berat badan tanpa sebab, mual-mual, muntah, dan sakit kuning (kulit dan bagian putih mata yang menguning akibat meningkatnya kadar bilirubin dalam tubuh manusia).

  1. Kanker Darah

Kanker darah atau Leukemia  adalah kanker yang menyerang sel-sel yang membentuk sel darah dalam sumsum tulang belakang. Hal ini mengakibatkan tubuh lebih banyak memproduksi sel darah putih secara berlebihan dan membahayakan. Pada pengidap kanker darah, jumlah yang berlebihan akan mengakibatkan penumpukan dalam sumsum tulang sehingga sel-sel darah yang kurang sehat akan bekurang. Tetapi dalam kondisi normal, sel-sel darah putih akan berkembang biak secara teratur disaat tubuh membutuhkannya untuk memberantas infeksi yang muncul.

  1. Kanker Prostat

Kanker prostat ini biasanya mulai tumbuh secara perlahan pada kelenjar prostat yang berfungsi dalam memproduksi air mandi. Beberapa jenis kanker ini masih mudah untuk diobati karena hanya terbatas pada kelenjar saja penyebarannya. Prostat adalah kelenjar kecil di panggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi. Prostat membantu menghasilkan cairan yang menyuburkan dan melindungi sperma. Ketika terjadi ejakulasi, prostat mengeluarkan cairan ini menuju uretra. Cairan yang dikeluarkan akan mengalir bersama dengan sperma sebagai air mani.

  1. Kanker Otak

Tumor otak adalah hasil  dari pertumbuhan sel-sel di otak secara tidak wajar dan tidak terkendali. Tidak semua tumor otak bersifat ganas. Kanker otak ganas adalah tumor yang cepat menyebar ke bagian lain otak dan tulang belakang. Sebagian besar tumor otak ganas adalah kanker sekunder, yang berarti bahwa sel kanker awalnya bemula di organ tubuh lain dan kemudian menyebar ke otak.

Itu dia beberapa jenis kanker yang berbahaya dan dapat mematikan. Semoga dengan informasi ini, dapat membuat kita mnjadi waspada akan kesehatan pada tubuh dan diri sendiri.***(CM-K1/Wina Harini)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *