Kebiasaan Ini Membuat Otak Semakin Cerdas

  • Whatsapp
Kebiasaan Yang Membuat Otak Cerdas
Kebiasaan Yang Membuat Otak Cerdas

 

Kecerdasan merupakan sesuatu yang paling diinginkan oleh setiap manusia di dunia ini. Siapa sih yang tak ingin punya otak yang cerdas? Pasti setiap orang menginginkannya, bukan?

Read More

Kecerdasan otak manusia sebetulnya berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kecerdasan maupun kepintaran manusia salah satunya adalah dari kebiasaan. Siapa sangka dari kebiasaan kita sehari-hari pun kita dapat meningkatkan tingkat kecerdasan otak kita. Yuk, kita simak beberapa kebiasaan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak kita

  1. Meminum Air Putih Sesaat Setelah Bangun Tidur

Pada umumnya manusia tidur selama 6-8 jam dan selama itu tubuh kita tidak menerima asupan apapun yang dapat mengakibatkan tubuh kita mengalami kekurangan cairan. Meminum beberapa gelas air setelah bangun tidur dapat membantu otak kita dari dehidrasi jadi biasakan dari sekarang untuk minum air sesaat setelah bangun tidur ya.

 

  1. Membuat dan Mendengarkan Audiobook

Audiobook merupakan rekaman suara yang berisi tentang pelajaran-pelajaran. Terkadang kita sering lupa dengan pelajaran yang baru kita terima dari sekolah jadi tak ada salahnya jika kita merekam semua pelajaran yang baru kita dapat agar kita bisa mendengarnya lagi apabila kita lupa tentang pelajaran itu.

 

  1. Sering Meminum Greentea

Banyak yang belum mengetahui apa saja yang terkandung didalam segelas greentea, salah satunya adalah asam amino yang dapat meningkatkan gelombang alpha di otak. Dimana kualitas tinggi greentea ini dapat membuat kita fokus, rileks dan yang pasti tidak membuat kita mengantuk.

 

  1. Tidur Siang

Siapa sangka kalau tidur siang juga dapat meningkatkan kecerdasan otak. Tidur siang juga dapat menyegarkan pikiran dan meningkatkan kecepatan otak untuk mengerti sesuatu. Waktu yang tepat untuk tidur siang adalah saat siang hingga pukul 4 sore tapi jangan terlalu lama juga. Fungsi lain dari tidur adalah untuk menambah energi kita untuk menjalani sisa hari kita.

 

  1. Membuka Sosial Media

Dengan membuka sosial media, kita juga dapat meningkatkan kecerdasan otak kita karena melaui sosmed kita juga dapat menambah informasi dan juga wawasan yang kita peroleh dari sosmed tersebut.

 

  1. Bermain Game dan Membaca Komik

Tidak hanya untuk berpikir otak manusia juga butuh hiburan agar otak kita menjadi segar. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan bermain game, dengan bermain game otak kita akan menjadi lebih aktif sehingga ada fleksibilitas dalam berpikir. Selain itu dengan membacca komik pun dapat membantu otak kita menjadi aktif karena berpikir dan berimajinasi apa yang tertulis dan tergambar dari komik itu.

 

  1. Diskusi dengan Orang yang Berbeda Pendapat

Terkadang kita merasa lebih nyaman bila berbicara dengan orang-orang yang memiliki pemikiran yang sama dengan kita. Namun apa salahnya jika sesekali kita berbicara dengan orang yang berbeda pendapat dengan kita, kita akan mengetahui sudut pandang yang mereka miliki dan kita juga akan mendapat pengalaman dan wawasan yang baru pula dari mereka.

 

  1. Membawa dan Membuat Catatan Kecil

Apakah pernah terpikir oleh anda kalau ide itu bisa dating kapanpun, dimanapun dan dengan cara apapun ? saying kan kalau ide itu hilang begitu saja ? maka dari itu biasakan mulai dari sekarang untuk membuat catatan kecil karena sedikit apapun ide yang muncul pasti suatu saat akan diperlukan juga.

 

  1. Sering Melakukan Kegiatan di Alam Terbuka

Alam selalu menyediakan udara segar yang sangat bermanfaat bagi jiwa dan raga kita selain untuk media rileksasi alam juga menyediakan begitu banyak oksigen yang sangat dibutuhkan oleh otak manusia.

Selain beberapa tips tadi kita juga harus tetap lebih giat belajar dan menerapkan beberapa metode belajar yang baru agar kita tidak jenuh untuk belajar. Bila kita melakukan dengan sungguh-sungguh niscahya hasil yang maksimal pun akan kita peroleh. Sekian tips yang dapat saya berikan semoga bermanfaat untuk kita semua. Dimana ada kemauan disitu ada jalan.***(CM-Ist/Mardianto)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *