Kategori Blog Bagi Para Blogger

  • Whatsapp
Kategori Blog Bagi Blogger
Kategori Blog Bagi Blogger

 

Dalam menulis blog, terdapat banyak topik yang bisa diangkat tergantung bagaimana si pemilik blog mengatur postingannya agar terlihat rapi dan ramai pengunjung. Hakikatnya konten di dalam blog itu bebas tidak ada aturan yang mengharuskan blog harus diisi dengan konten seperti apa. Tetapi meskipun bebas, sebaiknya blog yang bagus adalah blog yang berfokus pada satu topik permasalahan, karena blog seperti inilah yang banyak dikunjungi oleh orang-orang.

Read More

Setiap orang memiliki ciri khas dan keinginan tersendiri dalam menulis blog, kontennya pun beragam. Berikut terdapat beberapa jenis kategori blog besera gambarannya menurut Michael Firewall (2008) :

  1. Blog Agama, konten yang berisi konten agama biasanya membahas seputar agama  seperti panduan dalam menjalankan ibadah atau juga mengutip ayat-ayat dari kitab suci.
  2. Blog Hukum ialah sebuah konten yang membahas persoalan hukum atau biasa disebut dengan blawgs
  3. Blog bertopik, biasanya blog yang berisi tentang bahasan tertentu tentang diri penulisnya.
  4. Blog Bisnis, biasanya blog yang digunakan untuk berbisnis seperti mempromosikan produk, menggaet reseller atau pun berbagi info tentang bisnis.
  5. Blog kebersamaan ialah blog yang biasanya lebih spesifik oleh kelompok tertentu untuk suatu tujuan tertentu pula.
  6. Blog Kesehatan, biasanya berisi tentang informasi kesehatan seperti keseharian dokter, perawat maupun petugas kesehatan lainnya yang berisi tentang pengalaman dalam keseharian.
  7. Blog media biasanya berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidak konsistenan media massa yang biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi.
  8. Blog Pendidikan, ialah blog yang membahas segala hal yang berkaitan dengan pendidikan dan perkembangannya. Biasanya konten yang terdapat di dalamnya akan diisi oleh tenaga pengajar maupun pelajar yang memiliki kemampuan lebih dalam menghasilkan sebuah tulisan.
  9. Blog Pertunjukan atau biasanya disebut dengan direktori blog yang dalam kontennya terdapat banyak tautan-tautan halaman situs.
  10. Blog Perjalanan, biasanya ditulis oleh orangyang senang melakukan perjalanan atau travelling, biasanya yang dituliskan dalam blog ini adalah tentang pengalaman pribadi si penulisnya yang juga disertai dengan tips dan trik.
  11. Blog Politik ialah blog yang berisi tentang berita, politik, kampanye, aktivis dan hal-hal lain yang berbasis politik. Tak jarang kontennya lebih mengarah kepada satu partai tertentu dalam hal mempromosikan.
  12. Blog Pribadi ialah jurnal harian online yang biasanya menceritakan pengalaman dalam keseharian. Terkadang bahkan kontennya tidak berfokus pada suatu hal saja tetapi merangkap banyak hal tertentu.
  13. Blog Profesi, di dalamnya terdapat beragam tentang profesi seseorang yang diulas secara rinci misalnya tentang suka duka seperti misalnya bercerita tentang profesi seorang penulis, wartawan, humas, psikolog atau pun lainnya. Hal itu bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai sebuah profesi.
  14. Blog Sastra, blog ini lebih dikenal dengan literary blog yang di dalamnya terdapat berbagai hal berkaitan dengan sastra seperti puisi, cerita pendek, syair, maupun mengulas mengenai sastrawan-sastrawan yang telah banyak menorehkan banyak prestasi.
  15. Blog Riset, ialah blog yang memuat informasi tentang riset terbaru maupun publikasi akademis tertentu.
  16. Blog Spam, blog jenis ini biasanya disebut dengan “splogs” dan penggunaannya ditujukan untuk promosi afiliasi bisnis.

Nah, berikut adalah kategori blog yang ada dan tengah berkembang. Setiap jenis blog memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung bagaimana si pemilik blog mengulas kontennya menjadi lebih baik lagi.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *