Kartu Memori Anda Rusak? Berikut Cara Memperbaikinya

  • Whatsapp
Cara Memperbaiki Memori Card Rusak
Cara Memperbaiki Memori Card Rusak

 

Kartu SD Card atau yang lebih dikenal sebagai kartu eksternal untuk menyimpan memori di handphone atau kamera ini adalah salah satu perangkat yang cukup dibutuhkan saat ini. Bayangkan saja jika anda ingin menyimpan seluruh file foto, musik, dan dokumen di memori handphone. Pada umumnya gadget tidak sanggup menampung semua data, terlebih lagi akan membuat gadget tersebut menjadi tidak maksimal performanya seperti lambat dan suka macet. Maka Kartu Memori ini adalah penyelamat untuk barang – barang elektronik anda.

Read More

Mengingat pentingnya peran kartu Memori ini, mungkin sebagian orang sering mengalami ketika memori eksternalnya mengalami kerusakan. Seperti tidak datanya terbaca, atau datanya hilang secara tiba-tiba, atau juga memori tidak terdeteksi di gadget yang kita punya. Perlu diingat, beberapa cara memperbaiki ini bisa membuat anda kehilangan data-data didalam kartu memori. Tapi walaupun begitu, setidaknya kartu memori masih bisa diselamatkan agar bisa digunakan kembali seperti pertama kali membeli. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, kami coba merangkum beberapa cara ampuh untuk mengatasi ini.

 

  1. Membersihkan Kartu Memori

Pertama, lepaskan kartu memori anda dari dalam gadget. Lalu perhatikan lempengan tembaga berwarna kuning yang ada di bagian belakang memori. Lalu ambil penghapus pensil, gunakan bagian putih dari penghapus untuk menggosok pelan bagian tembaga kuning pada memori untuk membersihkan kartu memorinya. Setelah dirasa bersih, pasang kembali memori kedalam gadget anda. Lalu lihat kembali apakah memori sudah terbaca atau belum.

 

  1. Melakukan Format dari Android

Perlu diingat, memformat kartu memori berarti juga menghapus semua datanya. Untuk memformat masuk ke menu pengaturan, lalu pilih memori penyimpanan, setelah itu pilih hapus/format kartu memori. Dengan menghapus memori, maka kartu memori akan kembali seperti baru.

Memori Card Rusak
Memori Card Rusak

 

  1. Cek Error dari PC

Pertama, Hubungkan Android ke laptop atau PC dengan kabel data. Lalu pastikan Android anda terhubung dalam Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP). Lalu buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori, pilih Properties > Tools > Error Checking, tunggu hingga semua proses selesai. Setelah proses selesai, cabut kartu memori dari computer lalu cek apakah memori sudah terbaca atau belum.

Step Cara Memperbaiki Memori Card
Step Cara Memperbaiki Memori Card

 

  1. Format dari PC

Kalau anda mendapati masalah kartu memori dapat terbaca di computer namun tidak dapat terbaca di android, maka anda bisa melakukan beberapa hal berikut. Pertama, buat folder baru di HardDisk, beri nama sesuka anda asal anda  ingat kalau folder baru ini akan menjadi tempat penyimpanan sementara alias backup isi kartu memori yang rusak tadi. Kemudian, Copy seluruh isi kartu memori lalu Paste ke dalam folder yang sudah dibuat tadi. Jika anda sudah yakin semua file telah tersalin, format kartu memori tersebut. Terakhir, kembalikan semua data-data yang ada di folder ke dalam memori yang sudah diformat tadi. Setelah mengikuti langkah – langkah tersebut coba cek lagi, apakah masih gagal atau tidak.

 

Itu dia beberapa cara ampuh pada pertolongan pertama ketika kartu memori anda rusak. Jika keempat cara diatas tidak berhasil membuat kartu memori anda kembali normal, berarti tingkat kerusakan nya sudah parah. Saatnya anda mengganti kartu memori anda dengan yang baru. Hati-hati untuk memilih kartu memori yang baru ya.***(CM-K1/Adenovina Dalimunthe)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *