Jenis-jenis Kecerdasan Pada Manusia

  • Whatsapp
Kecerdasan Pada Manusia
Kecerdasan Pada Manusia

 

Pada dasarnya manusia diciptakan dengan tingkat kecerdasan yang berbeda-beda. Ada yang cerdas, pintar, pandai dan lain-lain. Kecerdasan merupakan kemampuan seseorang dalam memecahkan suatu masalah atau problema dengan berbagai sudut pandang yang terjadi dalam situasi yang nyata. Apakah anda tahu kalo kecerdasan itu tidak hanya karena bawaan lahir, IQ dan reputasi seseorang. Tetapi kecerdasan juga diperoleh dari tingkat keingintahuan yang tinggi dari seseorang, tingkat kemalasannya, dan cara dari seseorang itu menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

Read More

Di dalam ilmu psikologi ada 9 pembagian jenis-jenis kecerdasan yang dimiliki oleh manusia. Langsung aja kita bahas 9 jenis-jenis kecerdasan pada manusia. Mungkin anda memiliki beberapa kecerdasan ini.

  1. Kecerdasan Mengolah Kata

Kecerdasan ini merupakan kecerdasan yang dimiliki sesorang yang lihai dan bijak dalam menggunakan kata-kata. Biasanya orang yang memiliki kecerdasan ini suka dan tertarik bermain kata-kata, diskusi, berargumen, membaca dan pastinya menulis. Seseorang yang memiliki kecerdasan ini mampu mengekspresikan bahasa dengan singkat, tepat dan jelas.

 

  1. Kecerdasan Logika

Kecerdasan ini mengacu pada tingkat penalaran, logika dan mengolah angka dengan baik. Orang-orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya sangat mudah untuk memecahkan permasalahan dalam bidang matematik atau hitung-menghitung. Kebanyakan para ahli juga memiliki kecerdasan ini dalam memecahkan masalah untuk mendapatkan hipetesa sebelum diuji.

 

  1. Kecerdasan Visual

Orang-orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya lebih ahli dalam bidang visual, ruang dan gabaran tentang perasaan seseorang. Kecerdasan ini biasanya paling banyak dimiliki oleh seniman-seniman khususnya dalam bidang seni rupa dan orang-orang yang memiliki hobi photographer, desainer dan lain sejenisnya.

 

  1. Kecerdasan Musical

Kecerdasan ini pada umumnya ialah kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang yang mempunyai bakat dalam bidang musik dan kebanyakan dari mereka juga mempunyai ingatan yang baik. Mereka yang memiliki kecerdasan ini sangat sensitif, bisa bekerja dengan memainkan sebuah bahkan lebih dari beberapa alat musik.

 

  1. Kecerdasan Fisik

Kecerdasan ini mengacu pada keahlian sesorang khusunya dalam mengolah gerakan tubuh mereka manjadi sebuah harmonisasi gerakan yang indah. Biasanya mereka yang memiliki kecerdasan ini memiliki tubuh yang kuat, fleksibel dan mereka juga memiliki kemampuan taktis yang baik.

 

  1. Kecerdasan Intrapersonal

Seseorang yang meiliki kecerdasan seperti ini biasanya mudah untuk mengerti dan memahami perasaan orang lain. Mereka juga peka dengan perasaan dan suasana hati seseorang. Biasanya orang yang memiliki kecerdasan seperti ini bisa menjadi seorang pemimpin karena sifat yang empati serta dapat mengorganisir orang lain.

 

  1. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan ini merupakan lawan dari kecerdasan intrapersonal dimana kecerdasan ini memiliki kemampuan untuk peka dan pintar mengenali emosi yang dimilikinya sendiri. Kecerdasan ini juga dapat dengan mudah mengetahui perasaan diri sendiri, memperkaya, membimbing dan membedakan berbagai maacam kondisi yang terjadi di dalam dirinya. Kecerdasan ini juga memiliki kemampuan stasioner yaitu kemampuan untuk menjadi netral dan sulit untuk mempengaruhi oleh keinginan, keyakinan dan emosi disaat mereka dihadapkan dengan suatu masalah.

 

  1. Kecerdasan Natural

Seseorang yang memiliki kecerdasan seperti ini biasanya sangat peka dan juga menyayangi alam. Mereka juga sangat peduli dengan lingkungan sekitar mereka. Biasanya mereka juga sangat suka memelihara  binatang dan juga memelihara tanaman.

 

  1. Kecerdasan Intuitif

Kecerdasan ini merupakan kecerdasan yang dimiliki seseorang dengan tingkat insting yang baik. Biasanya orang yang memiliki kecerdasan ini peka terhadap makna kenapa kita hidup di dunia ini. Mereka juga dapat mengetahui sesuatu yang benar dan salah dari insting yang mereka miliki.

 

Dari 9 jenis kecerdasan tadi yang mana yang anda miliki? Pasti ada beberapa dari kalian memiliki satu atau lebih kecerdasan dasar yang dimiliki oleh manusia. Walaupun ada 9 jenis kecerdasan dasar manusia banyak orang yang tidak bisa memaksimalkan kelebihan yang dimiliknya semoga dengan ulasan ini dapat membantu pembaca untuk menggali potensi yang dimiliki agar dapat memaksimalkan kecerdasan yang anda miliki.***(CM-Ist/Mardianto)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *