Jajanan Paling Dicari Tahun 90-an

  • Whatsapp
Kue Sawut Singkong - Foto :  www.cookpad.com
Kue Sawut Singkong – Foto : www.cookpad.com

 

Zaman sekarang adalah zaman dimana semua makanan serba instan. Mulai dari jajanan murah yang dijajakan di warung-warung dalam gang, orang-orang yang berjualan keliling maupun makanan yang dijajakan di supermarket. Semua orang mengonsumsi makanan yang diproduksi oleh pabrik, dengan bahan-bahan yang kurang sehat untuk tubuh. Banyak orang tidak menghiraukannya, yang penting murah, enak dan mengenyangkan. Bahan dasar yang digunakan adalah bahan kimia, sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh apabila dikonsumsi terus-menerus.

Read More

Perkembangan zaman yang sangat pesat tanpa disadari telah menenggelamkan jajanan-jajanan tradisional yang dulunya dikonsumsi anak-anak kecil. Jajanan yang diproduksi oleh industri rumahan dengan bahan alami, sekarang sudah sulit kita jumpai di warung-warung, bukan karena tidak ingin memproduksi lagi namun karena peminatnya yang sudah punah. Disaingi dengan produk-produk pabrikan dengan kemampuan produksi mesin yang memiliki bermacam varian dan mampu memproduksi dengan jumlah yang banyak serta masa kadaluarsanya yang cepat berakhir sering menjadi kendala bagi produsen jajanan tradisional tersebut.

Beberapa macam jajanan yang sekarang sudah sulit kita jumpai ini padahal dulunya sempat menjadi primadona di zamannya.

  1. Kue sawut

Kue Tradisional Sawut Singkong, hampir sama dengan kue tradisional cenil. Makanan yang satu ini berasal dari daerah jawa (Indonesia), bedanya bahan dasar yang digunakan adalah singkong yang diparut. Makanan ini cocok untuk penderita kolestrol. Tidak ada kandungan lemak didalamnya. Sama sekali tidak pernah kita jumpai lagi ada pedagang keliling yang menjual sawut. Generasi zaman sekarang yang serba instan pun mungkin tidak pernah mendengarnya.

 

  1. Berondol Jagung

Gurih – Masakan Tradisional, Terbuat dari bahan dasar jagung, kapur sirih, garam dan kelapa. Makanan tradisional Indonesia ini mengandung gizi tinggi yang terdapat di dalam jagung, sumber vitamin, kaya mineral, melindungi jantung, sebagai antioksidan, mengurangi resiko wasir, mencegah anemia, dan suber kalori. Sangat dianjurkan bagi kamu yang ingin menaikkan berat badan dengan cepat.

 

  1. Tiwul

Pernah denger  tiwul, kan?  Makanan yang terbuat dari singkong yang bentuknya seperti nasi. Tiwul adalah makanan tradisional yang dulunya makanan pokok bagi masyarakat di daerah Dulu masih banyak pedagang keliling yang menjualnya, tapi sekarang sudah jarang. Tiwul memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Nasi tiwul sebagai sumber energi. Kandungan asam butiran di dalam nasi tiwul merupakan sumber energi bagi tubuh. Selain  itu, menurut beberapa study kesehatan, asam butirat dapat menghambat tumbuhnya sel- sel kanker dalam tubuh.

 

  1. Getuk

Getuk adalah makanan ringan yang terbuat dengan bahan utama ketela pohon atau singkong. Getuk merupakan makanan yang mudah ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pembuatan getuk dimulai dari singkong di kupas kemudian kukus atau perebusan, setelah matang kemudian ditumbuk atau dihaluskan dengan cara digiling lalu diberi pemanis gula dan pewarna makanan. Untuk penghidangan biasanya ditaburi dengan parutan buah kelapa.

 

  1. Alen-alen

Sediakan bahan utama dan bumbu seperti tepung tapioka, bawang putih, garam dan kunyit, itulah bahan-bahan untuk membuat alen-alen. Jajanan yang sangat murah tapi enak dan berkualitas ini tidak tampak lagi keberadaannya. Padahal ini bisa menjadi cemilan pendamping untuk mengisi waktu luang di akhir pekan.

 

  1. Manisan Asam Glugur

Dibalik rasa buahnya yang super masam, tersimpan beberapa khasiat dari Asam Glugur. Di antaranya mampu mengempiskan perut buncit, menurunkan demam, sakit gusi, dan rematik. Tidak semua orang mengenal tanaman yang satu ini. buah dan tanaman ini lebih banyak dikenal dikalangan ibu-ibu yang hobi memasak, terutama dalam masyarakat Melayu. Namanya asam gelugur. Bentuknya unik, seperti buah labu mini, namun sebenarnya termasuk dalam keluarga manggis. Tumbuhan yang berasal dari India itu turut dikenal dengan nama asam keping setelah buahnya dikeringkan. Buahnya berwarna hijau dan kuning keemasan bila sudah tua. Buah ini biasanya dijadikan manisan yang dulunya selalu dijajakan di warung-warung.

  1. Manisan Lobi-lobi

Manisan lobi-lobi adalah manisan yang berasal dari tanaman lobi-lobi yang masih satu family dengan rukem. Mungkin saja beberapa orang yang tidak tahu dengan buah ini lantaran saat ini telah sangatlah langka sekali di temui. Tidak terlampau jelas di mana asal tanaman lobi-lobi. Disinyalir, lobi-lobi berasal dari Malaysia. Di Malaysia, Indonesia, pulau-pulau pasifik, serta beberapa daerah tropis yang lain.  Lobi-lobi banyak manfaatnya, buahnya yang masih muda dapat digunakan sebagai obat diare.

 

  1. Sagon

Masih ingatkan sama kue ini? Sagon, kue kering ini terasa sangat gurih dan garing saat dimasukkan kedalam mulut. Aroma kelapa yang khas menambah cita rasa. Jajanan yang sangat digemari oleh anak-anak tahun 90-an kebawah.

Hati-hati dalam memilih makanan berat maupun ringan untuk menjadi cemilan. Mengingat manusia yang sudah diperbudak oleh zaman serba sulit ini, tidak jarang kecurangan dilakukan agar mendapatkan keuntungan lebih banyak.***(CM-01/Chairunnisa)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *