IBX5A49C9BC313D6 Inilah Alasan Mengapa Pendidikan Sangat Penting - Cerita Medan

Inilah Alasan Mengapa Pendidikan Sangat Penting

Pendidikan
Pendidikan

 

Banyak orang berfikir bahwa pendidikan itu penting, tapi tidak sedikit pula yang berfikir bahwa pendidikan itu tidak penting. Apalagi bagi masyarakat yang tinggal dipedesaan ataupun daerah terpencil, mereka menganggap pendidikan itu tidak penting. Bagi mereka, lebih baik bekerja daripada sekolah. Alasan utamanya sudah pasti bisa ditebak, karena jika bekerja mereka bisa mendapatkan uang, sedangkan sekolah hanya buang-buang uang saja. Di tambah lagi dengan kondisi saat ini yang sangat susah mencari pekerjaan. Maka dari itu, sekarang saya akan membahas tentang pentingnya pendidikan.

 

  1. Membantu kemajuan bangsa

Sebagai generasi penerus bangsa, menjadi generasi yang terdidik adalah salah satu harapan setiap bangsa dan negara. Alasan tertentu sudah pasti demi kemajuan sebuah bangsa dan negara. Warisan sebuah negara akan turun langsung pada generasi muda penerus. Jika sebuah negara memiliki generasi yang tidak terdidik sudah pasti negara dan kemakmuran rakyat akan sangat sulit diselamatkan. Pendidikan juga sangat penting bagi pembangunan sosial dan pertumbuhan ekonomi bangsa. Terlebih lagi, pesatnya perkembangan zaman mengharuskan setiap bangsa untuk bersaing sehat dalam segi apapun.

 

  1. Karir/ Pekerjaan

Beberapa alasan kenapa orang tua sangat menginginkan anaknya untuk segera menyelesaikan perguruan tingginya adalah demi kemakmuran diri sendiri. Karena banyak perusahaan ataupun lapangan pekerjaan yang membutuhkan orang-orang dengan memiliki intelektual yang tinggi. Dengan memiliki pendidikan yang cukup tinggi, sudah dipastikan karir seseorang dalam hal pekerjaan cukup baik. Selain itu pendidikan juga memiliki pandangan bagi kehidupan misalnya membentuk kesejahteraan suatu keluarga. Tidak banyak lapangan pekerjaan yang mau mempekerjakan seseorang tanpa latar belakang pendidikan yang baik.

 

  1. Terhindar dari eksploitasi

Zaman sekarang banyak pelaku kejahatan yang memanfaatkan orang-orang yang kurang berpendidikan sebagai target utamanya. Apalagi, mereka yang memiliki keterbatasan ilmu mulai tergiur dengan janji palsu pelaku kejahatan dengan iming-iming uang. Dengan memiliki pendidikan yang cukup tinggi, seseorang dipaksa untuk berpikir kritis sebelum bertindak dan susah untuk di tipu karena memiliki beberapa dasar fakta.

 

Pendidikan juga membuat seseorang mampu mengenal beberapa kepribadian untuk itu sulitnya para pelaku kejahatan untuk menyamar demi menipu. Percaya atau tidak, pendidikan sangat berpangaruh besar terhadap mudah atau tidaknya seseorang untuk ditipu atau dieksploitasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

 

  1. Membentuk karakter

Sudah pasti, orang-orang yang memiliki pengetahuan yang luas serta latar belakang pendidikan yang baik memiliki beberapa karakter yang luar biasa. Pendidikan juga dapat membentuk jika sosial seseorang menjadi lebih baik dan juga berkelas. Walaupun sulit, jika seseorang sudah menghayati nilai-nilai pendidikan yang baik dan mengamalkannya dalam kehidupan kepribadiannya akan terbentuk menjadi lebih baik secara tidak sengaja. Orang yang berpendidikan akan lebih sopan, memegang etika, percaya diri, optimis, dan berpikir positif.

 

  1. Berkarya

Tidak ada orang yang tidak menginginkan sebuah prestasi didalam hidupnya. Pendidikan juga dapat dijadikan berpengaruh pada prestasi yang diraih. Disadari atau tidak sebuah karya dan pekerjaan yang dilakukan adalah atas dasar pendidikan dan pengetahuan. Dengan memiliki latar belakang pendidikan, prestasi yang akan diraih juga dapat dengan mudah diraih. Seperti yang dikatakan sebelumnya pendidikan orang dapat membuat berpikir positif dan berpikir dalam menjalankan persaingan yang positif pula.

 

Pendidikan memang sangat diperlukan untuk memudahkan sebuah kehidupan. Tidak ada satu pengetahuan pun yang tidak berguna untuk keberlangsungan hidup. Karena apapun yang terjadi didalam dunia ini karena sebuah pengetahuan. Mulailah meningkatkan pengetahuan dengan membaca untuk menambah wawasan yang lebih luas. Walapun sebagian orang berpikir pengetahuan tidak terlalu penting tapi percaya harta tidak akan kekal tanpa dasar pengetahuan.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

KOMENTAR

BACA JUGA