Citizen Journalism? Kunjungi Situs Ini

  • Whatsapp
Citizen Journalism
Citizen Journalism

 

Media massa terus bertransformasi dari waktu ke waktu, mulai dari media tradisional merambat ke media cetak, media elektronik hingga media online. Dari masing-masing media tersebut memiliki kelebihan masing-masing, ada yang bisa merambat pembaca di daerah, nasional, hingga internasional dan merangkap ke berbagai kalangan usia.  Namun pada akhirnya apapun medianya tetaplah yang menjadi perhatian masyarakat modern ini adalah media yang dapat mempublikasi dengan cepat, aktual dan terpercaya. Dan media online yang sering kali dapat memenuhi kriteria tersebut.

Read More

Sementara itu, untuk citizen journalism telah memiliki wadah tersendiri untuk mempublikasikan karyanya tentunya melalui media online. Citizen journalism yang telah ada di dunia sejak tahun 2005, pertama kali situs yang berkembang untuk citizen journalism adalah rumahkiri.net. Dan setalah situs itu berkembang, kini mulai banyak bermunculan situs-situs yang mirip dan bersifat terbuka.

Dalam hal ini warga lah yang selalu dilibatkan untuk mengisi situs tersebut, baik untuk kontributor dalam hal menulis, berkomentar, foto maupun video. Hal ini terus berkembang seiring tren citizen journalism dalam mengabarkan sebuah informasi yang bahkan bisa lebih cepat dari jurnalis profesional. Bahkan saat tengah berkembangnya, situs media mainstream pun banyak yang mengakomodasi jurnalisme gaya baru ini dengan membuat situsnya tersendiri, tentu di bawah kontrol dari media mainstream itu sendiri.

Nah, bagi konkawan Cerita Medan yang ingin menjadi citizen journalism sebaiknya yuk segera berkunjung ke beberapa situs berikut ini:

  1. akumassa.org

mulanya Akumassa terbit karena fenomena jurnalisme warga yang tengah berkembang, digerakkan oleh warga terkhusus pekerja kreatif yang ebrusia 20-30 tahun ketika itu. Teknologi modern dan internet dimanfaatkan sebagai media penyebar informasi untuk melengkapi fakta-fakta yang terdapat di lapangan. Atas gagasan tersebut, maka lahirlah Akumassa dengan situs blog yang kemudian diaplikasikan menjadi media online. Di dalamnya terdapat banyak tulisan-tulisan yang berasal dari kontributor di berbagai daerah.

  1. Net

Portal ini sengaja dibangun dalam upaya untuk mewujudkna jurnalisme warga di Denpasar, dalam hal ini warga tidak hanya menjadi objek berita tetapi juga subjek berita. Dikelola oleh Sloka Institute dan Bali Blogger Community, tentunya atas dukungan dari sponsor dan kontributor.

  1. citizennews.suaramerdeka.com

Situs ini merupakan situs milik harian Suara Merdeka. Setiap warga berhak untuk mengirimkan tulisannya ke website tersebut, baik itu mengenai lingkungan, kritikan, catatan perjalanan, kriminaltas, review masakan, bencana alam, kebakaran, ekonomi, sosial, politik, iptek dan hal-hal lainnya. Tulisan yang diterima dan layak terbit adalah tulisan yang memenuhi standar penulisan jurnalistik, berimbang dan tidak mengandung fitnah di dalamnya.

  1. citizen6.liputan6.com

Merupakan ruang yang sengaja disediakan untuk publik di portal berita www.liputan6.com yang dalam hal ini turut berpartisipasi aktif dalam proses mengumpulkan, melaporkan, menganalisis, menyampaikan berita maupun peristiwa yang tengah berlangsung. Baik itu dalam bentuk tulisan, foto ataupun video. Situs ini sengaja diperuntukkan bagi masyarakat untuk berperan aktif menjadi seorang pewarta berita non-jurnalis.

  1. kolomkita.detik.com

Situs ini dikelola oleh detik.com, sengaja dikhususkan untuk kanal citizen journalism. Siapa pun boleh menulis di situs ini untuk berbagi informasi. Popularitas situs ini juga bagus dikarena kan jaringan detik.com sebagai situs terbaik Indonesia dengan lebih dari 7,5 juta page view per hari.

Nah, konkawan Cerita Medan kamu bisa mencoba berbagai situs ini untuk menuangkan keluh kesahmu melalui tulisan, foto maupun video. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *