Cara Merawat Legging Agar Tetap Bagus

  • Whatsapp
Cara Merawat Legging Agar Tetap Bagus
Cara Merawat Legging Agar Tetap Bagus

 

Legging merupakan salah satu jenis celana yang biasanya dipakai dengan ketat dikarenakan bahannya yang elastis dan membentuk kaki. Bahan legging ini biasanya sangat elastis sehingga mudah melar dan bisa dipakai oleh berbagai ukuran. Di dunia fashion, legging merupakan salah satu item yang favorit dan dapat dipakai untuk berbagai kesempatan seperti untuk berolahraga, berenang, atau bahkan berpergian tergantung bagaimana orang menyocokkannya dengan baju yang kenakan.

Read More

Nah, bagi konkawan yang punya celana legging di rumah, berikut akan kami sampaikan cara merawat legging agar tetap terjaga:

  1. Legging tidak boleh dicuci dengan sembarangan karena bisa membuat legging cepat rusak. Sebaiknya baca petunjuk untuk mencuci legging di plastiknya ketika baru dibeli ataupun di cap yang tertera pada legging.
  2. Pisahkan pakaian yang terlalu kotor dengan legging yang hanya kotor dengan keringat saja, agar pakaian yang kotor tidak merusak pakaian lainnya. Jangan lupa pula untuk memisahkan pakaian yang berwarna dan pakaian putih untuk menjaga warnanya agar tetap awet. Untuk legging yang masih sekali pakai sebaiknya cuci sendiri karena biasanya akan mengeluarkan luntur yang dapat merusak pakaian lainnya.
  3. Jika legging yang kamu kenakan terlalu kotor atau bau keringat dan bahkan terkena banyak noda sebaiknya teteskan lemon ke dalam air dan diamkan beberapa waktu untuk menghilangkan kotoran dan baunya, setelah itu barulah boleh mencucinya. Hal ini memudahkan kamu dalam proses pencucian legging.
  4. Jika kamu memiliki legging yang berwarna putih, jangan sesekali menggunakan pemutih untuk menghilangkan noda atau pun membuatnya semakin putih kembali karena hal tersebut dapat merusak warna dan kualitas legging-mu. Hal itu dikarenakan legging berasal dari bahan karet yang bila dikasi pemutih dapat membuat molor.
  5. Jangan sekali-kali mencuci legging dengan menggunakan air panas atau pun hangat, pakailah air dingin saja agar bahan tetap awet.
  6. Untuk merendam legging pakailah deterjen yang bagus dan rendam selama 15-20 menit saja untuk mengangkat kotoran yang menempel, setelah itu cucilah dengan perlahan dan kemudian bilas hingga bersih.
  7. Usahakan untuk mencuci legging dengan cara manual, bukan dengan mesin cuci atau pengering karena penggunaan keduanya dapat membuat legging menjadi melar dan tidak cantik lagi untuk dipakai.
  8. Jika terdapat noda yang menempel, jangan menyikatnya dengan keras, sebaiknya gosok-gosok secara perlahan dengan tangan atau oleskan dengan sabun penghilang noda.
  9. Jika memang kamu terpaksa harus mencuci legging dengan mesin cuci sebaiknya bungkuslah legging dengan kantung jala atau stocking agar legging terpisah dengan pakaian lainnya meski dalam tempat yang sama.
  10. Keringkan legging dengan cara menganginkannya lalu menjemurnya bukan dengan menggunakan mesin pengering.
  11. Jangan sesekali menyetrika legging dengan menggunakan temperatur yang terlalu tinggi karena hal itu dapat membuat legging menjadi melar. Sebaiknya lipat saja setelah mengangkatnya dari jemuran, karena meskipun tidak disetrika tidak akan terlihat kusut jika dipakai karena bahannya yang elastis di badan.

Nah, itu dia tips mencuci legging agar tetap awet dan tidak melar jika dipakai. Dalam penggunaannya meskipun sangat nyaman digunakan kamu jangan terlalu aktif bergerak karena tidak semua bahan legging kuat, bisa-bisa kamu akan pulang dengan celana yang robek, kan enggak lucu ya. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *