Cara Merawat Kebaya Agar Tetap Awet dan Cantik

  • Whatsapp

 

Cara Merawat Kebaya - Foto : www.famecherry.com
Cara Merawat Kebaya – Foto : www.famecherry.com

 

Read More

Indonesia selalu kaya akan ragam budayanya, begitu pula dengan kreatifitas dalam berkarya. Dan kebaya menjadi salah satu hasil karya anak bangsa yang merupakan pakaian tradisional yang biasa dikenakan oleh wanita Indonesia dan biasanya terbuat dari bahan tipis kemudian dikenakan dengan sarung. Kebaya kini selalu menjadi andalan wanita Indonesia untuk selalu tampil cantik pada sebuah acara tertentu seperti pernikahan, wisuda, lamaran maupun pesta-pesta dan acara resmi lainnya. Namun, bagi seorang perempuan Jawa kebaya memilki filosofi tersendiri.

Kebaya bukanlah sebatas pakaian biasa tetapi terdapat nilai-nilai kehidupan di dalamnya. Dahulu kebaya memiliki bentuk yang sederhana, hal itu menunjukkan kesederhanaan rakyat Indonesia. Filosofinya adalah kebaya merupakan kepatuhan, kehalusan, dan tindak tanduk wanita yang harus serba lembut. Biasanya kebaya selalu dipasangkan dengan jarik atau kain batik yang membebat tubuh, kain yang membebat tubuh secara langsung inilah yang membuat perempuan Jawa sulit dalam mengenakannya dan bahkan juga sulit untuk bergerak dengan cepat. Itulah sebabnya kenapa perempuan Jawa selalu identik dengan pribadi yang lembut dan lemah gemulai.

Sampai saat ini bahkan kebaya selalu menjadi keutamaan tersendiri bagi para wisudawati untuk dikenakan. Model dari kebaya ini selalu beragam macam, ada yang menggunakan bordir, payet, dan lainnya. Nah, baju seperti ini tentu tidak boleh dicuci dengan sembarangan, kan? Karena diperlukan perawatan khusus agar tidak mudah rusak, apalagi kebaya selalu sensitif dan mudah rusak, untuk itu kamu harus tahu betul bagaimana mencucinya agar tetap awet. Berikut tipsnya :

  1. Jangan pernah mencuci kebaya dengan mesin cuci apalagi kebaya yang penuh dengan payet. Cucilah dengan manual saja.
  2. Rendamlah kebaya dengan menggunakan deterjen yang bagus untuk beberapa waktu saja, jangan terlalu lama.
  3. Jangan rendam terlalu lama, sebaiknya celup-celupkan saja kebaya dalam larutan deterjen lalu gosok secara perlahan-lahan.
  4. Jangan menggunakan sikat ketika kamu mencuci kebaya meskipun ada noda yang tertinggal pada kebayamu. Gosok-gosok saja dengan tangan secara perlahan, jika perlu sebaiknya gunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai agar noda bisa menghilang karena menggunakan sikat baju hanya dapat merusak kain kebayamu saja, bisa-bisa kebayamu akan menjadi rusak dan tidak cantik lagi dipakai.
  5. Bilaslah dengan menggunakan air bersih, dan jangan menggunakan air yang hangat.
  6. Meskipun menggunakan pelembut pakaian akan membuat kebayamu menjadi wangi dan lembut sebaiknya hindari penggunaan ini karena dapat merusak serat kain kebaya.
  7. Sinar matahari dapat merusak kain kebaya karena itu jangan menjemur kebaya di bawah terik matahari, sebaiknya jemur lah di tempat yang terduh agar tidak menjadikan warna kebaya menjadi pudar. Jika sudah kering sebaiknya langsung angkat.
  8. Simpanlah kebaya yang telah kamu angkat dari jemuran ke dalam tempat yang kering dan tidak lembab untuk menjaga keawetan kebaya.

Pada dasarnya kebaya selalu dihargai dengan harga yang relatif mahal dikarenakan kain yang digunakan untuk membuat kebaya bukan lah kain biasa, baik itu kebaya yang sudah jadi ataupun kebaya yang menjahitkan sendiri. Setidaknya butuh ratusan ribu untuk modal membuat kebaya. Karena itu kamu tentu tidak ingin kebayamu rusak begitu saja dikarenakan salah mencucinya, kan? Sebaiknya pelajari cara mencuci kebaya agar kebayamu tetap awet dan bisa dipakai berulang-ulang. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *