Cara Merawat Barang Elektronik Agar Tetap Baik

  • Whatsapp

 

Cara Merawat Barang Elektronik
Cara Merawat Barang Elektronik

 

Read More

Barang elektronik seakan sudah menjadi bagian dari hidup kita, hampir semua barang-barang yang memenuhi rumah adalah barang elektronik baik yang berguna untuk meringankan pekerjaan manusia maupun yang hanya sebagai hiburan. Barang ini kita sadari membutuhkan perawatan agar masa pakainya lebih dari perkiraan pabrik yang memproduksinya. Perawatan dilakukan agar mesin tetap sehat dan bersih. Tapi jarang sekali ada orang yang peduli untuk merawat barang elektronik yang dimilikinya. Rasa malas atau tidak tau harus melakukan apa untuk merawat alat-alat tersebut. Berikut kami sampaikan cara mudah merawatnya:

  1. Simpan barang elektronik dengan pembungkus sehingga tidak terkena debu. Selain itu juga menghindarkan dari benturan langsung. Jangan lupa wadah tersebut juga harus memiliki lubang agar panas dari barang elektronik dapat keluar.
  2. Bersihkan barang elektronik menggunakan lap dari bahan yang halus seperti lap kacamata untuk mengelap baik layar ataupun bagian lain.
  3. Jika terdapat noda yang menempel gunakan cairan pembersih khusus/lens cleaner untuk membersihkan noda yang menempel.
  4. Jangan menggunakan barang elektronik terlalu lama tanpa adanya jeda untuk menghilangkan panasnya setelah dipakai dalam waktu yang cukup lama.
  5. Simpan barang elektronik didalam ruangan yang cukup dingin namun tidak lembab karena kelembaban dapat mempercepat kerusakan barang elektronik.
  6. Hindarkan dari kontak matahari secara langsung dan ruangan-ruangan panas. Panas yang berlebihan dapat merusak komponen-komponen yang ada. Contoh ruangan panas adalah ruangan mobil yang diparkir di bawah sinar matahari.
  7. Jika tidak mengerti bagaimana memperbaiki barang elektronik, bawalah ke tempat servis yang benar-benar bisa dipercaya, atau pusat servis produk.
  8. Simpan kartu garansi barang elektronik Anda. Umumnya, Anda memperoleh kesempatan servis gratis atau pemeliharaan produk. Ini cara hemat untuk tetap bisa memakai barang elektronik Anda.
  9. Jangan membiarkan barang elektronik tetap meyala jika sudah selesai matikanlah segera.
  10. Jauhkan barang elektronik dari anak-anak serta makanan dan minuman. Siapa yang tahu kapan makanan atau minuman dapat mengotori bahkan merusak barang elektronik Anda.

Melakukan perawatan terhadap barang elektronik bukan hanya membuat masa pakai barang tersebut menjadi lama, disisi lain banyak keuntungan yang kita dapatkan sebagai pemiliknya.

  1. Barang yang seharusnya sudah rusak. Perawatan rutin masa pakainya menjdi lebih lama serta menghindarkan barang tersebut dari kerusakan yang mengharuskan kita untuk membayar teknisi. Sangat menghemat bukan?
  2. Perawatan menghindarkan kita untuk membeli barang baru karena barang lama sudah rusak.
  3. Tidak membuat kita repot untuk menyesuaikan diri dengan cara pakai yang berbeda.
  4. Perawatan barang elektronik telah membiasakan diri kita untuk menjadi pribadi bertanggung jawab dengan barang yang kita miliki .
  5. Membuat kita disenangi orang, tanpa kita ketahui orang lain tellah meniru kita untuk melakukan hal yang sama seperti yang kita lakukan.

Sudah seharusnya kita membiasakan diri untuk bertanggung jawab merawat  barang-barang yang kita miliki. Karena Perlu diketahui bahwa pemakaian barang elektronik yang terlalu sering juga tidak bagus, selain berdampak buruk pada kesehatan, pemakaian barang elektronik juga membutuhkan energi listrik yang banyak. Seperti yang kita ketahui, indonesia sedang mengalami krisis energi listrik. Ada baiknya jika penggunaan akan barang elektronik bisa sedikit dikurangi.

Inilah informasi seputar barang elektronik untuk kamu yang sedang bingung merawat barang elektronik, mudah-mudahan bermanfaat.***(CM-01/Chairunnisa)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *