Cara Menyimpan Produk Make Up yang Benar

  • Whatsapp
Make Up
Make Up

 

Dimana biasanya kamu para wanita khususnya menyimpan kosmetik? Ada sebagian wanita yang menyimpan produk kosmetiknya di dalam kulkas atau lemari es, seperti lipstick, pelembab, krim, dan lainnya. Karena sebagian berpendapat bahwa menyimpan produk kosmetik di lemari es tidak akan mudah terkontaminasi oleh bakteri, serta masa penggunaan kosmetik itu sendiri usianya akan lebih lama.

Read More

Perlu kamu ketahui, bahwa penympanan kosmetik didalam lemari es tidaklah secara efektif memperpanjang usia penggunaan maupun mencegah kontaminasi bakteri. Karena memang ada beberapa kosmetik yang  harus di simpan dalam suhu ruangan, ada juga yang tidak usah di simpan di dalam lemari es. Produk kosmetik atau Make up memang mempunyai umur kadaluarsa. Tetapi bila kita tidak benar dalam menyimpannya, maka kosmetik tersebut bisa rusak yang ditandai dengan berubah warna atau berbau, padahal belum seharusnya kedaluwarsa.

Jika kosmetik yang anda beli itu asli dan berasal dari produsennya langsung yang terpercaya, mungkin ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika menyimpan kosmetik anda tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketka menyimpan produk kosmetik agar tetap awet dan bertahan hingga tanggal kedaluwarsa yang tercantum di kemasan. Kosmetik sebaiknya disimpan ditempat dengan kelembapan rendah, tidak terpapar sinar matahari (langsung dan tidak langsung), dan suhu yang rendah.

Ketika menyimpan kosmetik di kamar tidur, sebenarnya kondisi ini bukan menjadi suatu masalah karena biasanya kamar tidur mempunyai ventilasi yang baik, sehingga kelembapan menjadi tidak terlalu tinggi. Lain lagi jika kosmetik disimpan di dalam kamar mandi, kamar mandi dengan design tertutup menyebabkan uap air di dalam kamar mandi tidak keluar, sehingga kamar mandi mempunyai kelembaban tinggi.

Apalagi jika menggunakan air hangat saat mandi, suhu dan kelembaban tinggi merupakan penyebab cepat rusaknya produk kosmetik. Selain itu, kosmetik juga tidak suka dengan perubahan suhu secara cepat. Oleh karena itu, sebaiknya kosmetik disimpan di kulkas dengan temperature yang ideal 8-25 derajat celcius. Kosmetik yang mengandung pengawet atau alcohol mempunyai usia lebih panjang dari pada yang tidak, produk kosmetik dengan bentuk padat juga lebih awet dari pada bentuk cream atau cairan.

 

Tips-tips agar kosmetik tetap awet:

  • Tutup rapat kemasan setelah menggunakannya dan letakkan pada tempat yang sejuk. Kemasan yang terbuka walaupun hanya sedikit dapat membuat udara masuk dan bakteri yang ada didalamnya berkembang biak dan menyebabkan kerusakan pada kosmetik.
  • Gunakan kuas atau spons saat menggunakan kosmetik.
  • Bersihkan wajah dan pastikan dalam keadaan kering saat akan merias wajah. Air atau keringat dapat memicu jamur bila menempel pada produk kosmetik.
  • Pastikan tangan dalam keadaan bersih dan kering bila harus menyentuh produk kosmetik.

 

Nah, berikut ini juga ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui untuk tempat penyimpanan kosmetik yang tepat, antara lain:

  1. Penyimpanan Parfum

Sebaiknya disimpan ditempat yang gelap dalam suhu ruangan agar aroma parfum lebih awet dan juga tahan lama. Sedangkan jika parfum disimpan didalam lemari es, kemungkinan akan menguap dan aroma wanginya akan menghilang.

 

  1. Berbagai Krim

Sebaiknya simpan didalam lemari es, karena agar memaksimalkan fungsinya itu sendiri, seperti meningkatkan sirkulasi darah, mencegah pembengkakan, dan sebagainya.

 

  1. Make up Wajah

Sebaiknya disimpan di suhu ruangan. Selain itu pula, usahakan peralatan make up tersimpan dengan rapi dan bersih agar tidak kotor seperti kuas. Usahakan untuk selalu membersihkan kuas make up agar kotoran tidak menempel pada wajah anda.

 

  1. Penyimpanan Cat Kuku

Sebaiknya disimpan didalam suhu ruang dan tidak dalam lemari es, hal ini agar cat kuku tidak tidak mudah kering dan tetap stabil.

 

  1. Pelembab dan Lotion

Tidak diharuskan menyimpannya didalam lemari es. Sebaiknya cermati terlebih dahulu, apakah produk kosmetiknya boleh disimpan pada suhu ruangan ataukah suhu dingin.***(CM-Ist/Wina Harini)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *