Cara Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris

  • Whatsapp

 

Belajar Bahasa Inggris
Belajar Bahasa Inggris

 

Read More

Apa yang anda fikirkan jika mendengar kata Bahasa Inggris? Mungkin akan banyak yang berfikir sulit, sukar dan tak mudah dipahami. Bagi sebagian orang bahkan Bahasa Inggris adalah bahasa tersulit untuk dipelajari. Kalimat ini juga ia gambarkan sama persis dengan hal yang sama terhadap apa yang tidak dia sukai. Akan ada banyak keuntungan yang kamu lewatkan jika tetap berfikiran seperti itu.

Menjelang MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) sebelum  benar – benar diresmikan di Indonesia, Bahasa Inggris akan menjadi bahasa yang benar-benar kita gunakan sehari-hari untuk bekerja karna akan ada banyak perusahaan asing yang membangun perusahaannya di Indoonesia .

Untuk bisa berbahsa inggris tidak harus mahir menguasai  16 tenses yang umumnya ada di grammar, hanya cukup menguasai sampai  5 macam tenses sudah cukup dan modal utamanya niat dan keberanian untuk mengucapkan sepatah dua patah kata Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Suatu saat Bahasa Inggris akan menjadi suatu hal yang wajib dimiliki setiap orang untuk hidup yang lebih baik. Bayangkan jika 5 tahun kedepan perusahaan asing berbondong-bondong datang dan mendirikan perusahaannya di Indonesia dan kamu tidak bisa berbahasa Inggris minimal pasif, dengan bahasa apa kamu akan berkomunikasi dengan atasanmu? Dalam keadaan terdesak seperti ini apakah kamu masih enggan belajar dan mengatakan bahwa Bahasa Inggris itu sulit? Let’s have fun with English.

Tidak ada yang sulit kalau semuanya dilakukan dengan niat dan sungguh-sungguh. Berikut tips belajar Bahasa Inggris dengan menyenangkan.

  1. Mendengar Musik

Mendengar musik adalah hal yang menyenangkan bagi semua orang, bukan? Jika musik yang biasanya kamu dengarkan adalah musik berbahasa Indonesia, sekarang ubahlah kebiasaanmu dengan menggantinya menjadi musik bahasa Inggris, jika kamu tidak pernah tahu satupun judul lagu bahasa Inggris, coba cari di internet. Download lagunya serta kalimatnya, dengarkanlah berulang kali sambil menyanyikannya sesuai dengan cara pengucapan yang diucapkan penyanyi aslinya, itu akan melatih cara pengucapan dan menambah kosa kata kamu dalam Bahasa Inggris.

  1. Menonton Film

Menonton, rutinitas yang dilakukan hampir setiap hari oleh semua orang. Tontonlah film dengan teks berbahasa Inggris atau sebaliknya. Misalnya film bergenre action atau sinetron juga tidak masalah asalkan berbahasa Inggris. Tontonlah di DVD dan gunakan handsfree, agar mendengar percakapan lebih jelas dan cocokkan teks dengan kalimat yang kamu dengar. Ini juga berguna untuk melatih ketelitian kamu dalam mendengar percakapan Bahasa Inggris yang aktif.

  1. Bermain

Bukan asal main, tapi permainan yang kamu mainkan juga haruslah mengandung unsur Bahasa Inggris. Permainan yang bisa kamu mainkan misalnya permainan tebak kata atau susun kata Bahasa Inggris. Aplikasi sejenis saat ini sudah banyak beredar di internet dan bisa di download. Yakinlah, akan sangat seru sekali jika saat kamu mulai terbiasa. Belajar bahasa inggris sambil bermain akan memudahkan kamu untuk mengingat banyak kosa kata baru dengan mudah.

Nah, itulah cara-cara have fun belajar bahasa inggris, lakukan 3 cara ini dengan konsisten dan pastinya dengan niat yang sungguh-sungguh. Bukan tidak mungkin tiba-tiba sebuah perusahaan asing memberi kamu kesempatan untuk bekerja diperusahaannya dan hal pertama yang dibutuhkan adalah Bahasa Inggris, dan itu bukan lagi menjadi halangan untuk kamu. Akan banyak pintu kesempatan terbuka lebar untuk kamu yang ingin berkarir hingga ke negeri Paman Sam. Kenapa tidak?

Rasa malas pasti akan datang, akan ada banyak setan menggoda agar kita tidak melakukan hal tersebut demi kebaikan diri sendiri dan berbisik untuk tidur saja, dan melupakan semua rencana belajarmu. Semua tergantung padamu, ingin bermalas-malasan, atau tetap pada pendirian untuk terus belajar.***(CM-02/Chairunnisa)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *