Cara Mencari Berita Untuk Reporter Pemula

  • Whatsapp
Reporter Pemula
Reporter Pemula

 

Bagi kamu seorang reporter mungkin akan kebingungan dalam mencari berita, hal tersebut tidak bisa dipungkiri akan terjadi bagi setiap reporter baik yang masih junior maupun yang sudah senior sekali pun. Ada saatnya kamu jenuh dan tak mendapatkan berita. Ketika kamu bingung, maka hal yang perlu kamu lakukan adalah mencari sumber berita untuk mengulas sebuah peristiwa, kejadian, atau pun artikel tertentu.

Read More

Terdapat banyak hal yang dinamakan dengan sumber berita, bahkan keterlibatan kamu di dalam sebuah peristiwa pun dapat menjadi salah satu bentuk sumber berita, karena ketika kamu terlibat dalam sebuah peristiwa maka kamu akan mengetahui langsung situasi dan kondisi yang telah terjadi, atau bahkan bisa mencari orang yang terlibat dan terkait di dalam peristiwa  untuk diwawancara.

Namun, jika kamu ingin mendapatkan seseorang untuk diwawancarai, sebelumnya kamu harus mempersiapkan bagaimana teknik pendekatannya agar suasana wawancara dapat mencair dan mengalir begitu saja sehingga narasumber tidak merasa takut dan enggan untuk memberikan jawabannya. Untuk memulai wawancara, pendekatan sangat lah penting, dan jangan lah kaku dalam melakukan wawancara sehingga kamu bisa menanyakan berbagai hal seolah sedang mengobrol biasa.

Jangan lupa pula untuk menjelaskan maksud dan tujuan wawancara dengan mengajukan pertanyaan seadanya saja, dan biarkan narasumbermu yang menjawabnya dengan panjang dan lebar, jadilah pendengar yang baik dengan seksama. Tapi jika kamu mendapati narasumber yang pendiam, sebaiknya pancing dia dengan pertanyaan-pertanyaan unik yang membuatnya bisa mencair dalam mengobrol.

Seperti yang diungkapkan oleh Mike Fancher dari Seattle Times, bahwa wawancara yang baik adalah ketika seorang reporter mampu memungkinkan narasumber untuk dapat mengatakan apa yang dipikirkannya daripada harus memikirkan apa yang harus dikatakan.  Selain itu, cara lain untuk mendapatkan sumber berita adalah melalui dokumen yang tersedia. Di dalam sebuah dokumen, terdapat data-data penting yang dapat dijadikan bahan berita, seperti misalnya jurnal penelitian yang membahas suatu topik. Dalam pengambilan data ini sebaiknya lihat juga kualitas isi dan penulisnya agar inforamasi yang ingin dituliskan kembali adalah hasil yang benar-benar ada, bukan hanya fiktif belaka.

Bentuk sumber berita lainnya adalah dengan observasi langsung ke lapangan untuk mencari berita, tidak pada sebuah acara tetapi pada sebuah tempat yang kamu yakini terdapat banyak hal yang bisa dijadikan sebuah berita di dalamnya. Misalnya dengan berkunjung ke kantor polisi, pengadilan, rumah sakit maupun tempat-tempat lainnya yang biasanya akan banyak terjadi sebuah kejadian maupun perkara. Selain itu kamu juga bisa datang ke kampus dan sekolah-sekolah untuk menanyakan program-program yang akan dilakukan maupun hal lain yang terkait dengan sesuatu yang bisa dijadikan berita. Hal ini sering kali dilakukan oelh reporter yang profesional dan sudah banyak mempunyai jaringan sehingga setiap kali ia datang maka akan banyak yang memberinya press release maupun informasi tentang hal yang penting untuk dipublish. Tidak hanya terjadi pada media cetak, hal ini juga melibatkan media online dan elektronik.

Nah, itulah ulasan mengenai sumber berita yang bisa kamu pakai dalam mencari berita. Khususnya bagi reporter yang masih baru mulai ke dunia jurnalistik. Pada dasarnya sumber berita bisa didapatkan dimana saja termasuk di tempat sepi sekali pun, hal itu tergantung bagaimana kamu memoles sebuah peristiwa atau hal yang biasa menjadi luar biasa, dan bagaimana angle dalam menuliskannya. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *