Cara Menarik Perhatian Pembaca Lewat Tulisan

  • Whatsapp
Cara Menarik Perhatian Pembaca
Cara Menarik Perhatian Pembaca

 

Menjadi penulis tidak selalu harus mempublikasikannya menjadi sebuah buku dan dicetak, menjadi penulis bisa dengan mempublikasikannya lewat cara lain seperti melalui media massa baik cetak, online dan elektrinik. Bisa pula melalui mempublikasikannya sendiri di blog. Satu hal yang terpenting dalam menulis adalah kamu harus mampu membuat tulisan yang bagus dan menarik sehingga menarik perhatian orang untuk membacanya. Berikut adalah tips untuk membuat tulisan yang menarik :

Read More

  1. Tonjolkan emosi dalam tulisanmu, umpamakan bahwa ketika orang membacanya maka akan ada luapan emosi yang keluar. Baik itu sedih, senang, terharu dan lainnya. Dengan demikian orang akan menyukai tulisanmu, dan tentu akan menyentuh perasaannya. Tulisan-tulisan yang seperti ini dinamakan dengan Human Interest, meskipun tidak banyak penulis mampu menuliskannya dengan baik tetapi banyak orang yang mencoba untuk menuliskannya.

 

  1. Buatlah judul tulisan yang menarik, menggeletik sekaligus provokatif sehingga orang tertarik untuk membacanya. Jangan membuat judul yang orang sudah dapat menyimpulkan isinya bahkan sebelum berhasil membacanya.

 

  1. Pada paragraf awal sebaiknya buatlah kalimat-kalimat yang menarik dan menggugah rasa penasaran. Hal ini bertujuan agar pembaca tertarik untuk membaca tulisanmu sampai akhir, kalau bisa buatlah kalimat dimana seseorang dapat menemukan jawaban pada akhir kalimat. Jika dalam sebuah berita, hal ini biasanya disebut dengan lead atau pembuka berita.

 

  1. Jika kamu berkeinginan menulis dan mengirimkannya ke media online sebaiknya jangan menulis terlalu panjang, utamakan menulis 1 halaman saja dengan rata-rata 3 sampai 5 baris saja dalam sebuah paragraf. Hal ini berbanding terbalik dengan media cetak. Mengapa demikian? Karena ketahanan membaca di depan layar dengan langsung sangatlah berbeda, kebanyakan pembaca lebih jenuh membaca tulisan dengan lama di layar.

 

  1. Hal yang terpenting adalah memberikan foto maupun ilustrasi di dalam tulisan tersebut. Tentunya foto dan ilustrasi yang berkaitan dengan tulisan. Dan kedua hal ini dapat memberikan dukungan untuk menguatkan sebuah tulisan agar lebih mudah digambarkan.

 

  1. Dalam memulai perjalanan menulis, biasakanlah untuk menulis hal-hal yang kamu sukai maupun hal-hal yang dekat dengan kamu, seperti misalnya menceritakan pekerjaan kamu, atau tips-tips tentang pengalaman hidup yang pernah kamu alami.

 

  1. Ada orang yang berprinsip, jangan pernah menulis ketika kamu memang tidak ingin atau tidak mood, karena hal tersebut membuat tulisanmu menjadi tidak enak untuk dinikmati. Tetapi ada juga orang yang harus menulis setiap harinya untuk memaksakan diri agar terbiasa menulis, jika memang hasil tulisan tersebut tidak bagus maka ia akan menghapusnya dan begitu juga sebaliknya.

 

Terlepas dari itu, yang paling penting yang harus kamu lakukan adalah memulainya dari sekarang. Ya, kamu harus berlatih menulis agar lama-kelamaan tulisanmu akan menjadi menarik dan enak untuk dinikmati. Tidak ada orang yang langsung bisa dalam menulis, karena menulis tidaklah se-instan itu. Proseslah yang kelak akan mengajarkan kamu bagaimana caranya menulis dengan menarik sehingga kamu mampu memengaruhi orang lain dengan tulisanmu. Kalau tidak sekarang, kapan lagi? Jangan lupa pula untuk meminta saran dengan teman-temanmu yang telah berpotensi dalam bidang tulis-menulis untuk memberikan kekuatan dalam tulisanmu. Nah, konkawan Cerita Medan yang suka dalam menulis, jangan lupa juga untuk sering-sering membaca buku karena setiap penulis adalah lahir dari kebiasaan membaca buku. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *