Cara Membahagiakan Orangtua dengan Hal Kecil

  • Whatsapp
Membahagiakan Orangtua
Membahagiakan Orangtua

 

Hal tersulit bagi seorang anak ketika tidak tahu bagaimana caranya membuat orangtua bahagia. Memang, sebahagian orang tidak mengharapkan apapun dari seorang anak kecuali anak yang taat dengan kepada mereka. Sebagai anak, perlu diketahui bahwa tidak ada cara yang tepat untuk membalas bagaimana jasa orangtua terutama ibu. Hal yang perlu kita tahu sebagai anak adalah ada hal-hal kecil yang tanpa kita sadar sebenarnya mampu membuat orangtua kita bahagia. Seperti ni contohnya:

Read More

  1. Hindari Berbohong

Orangtua manapun paling benci dengan namanya “Bohong”. Walaupun dalam kondisi tertentu orangtua akan marah percayalah mereka tidak akan marah besar jika tidak dibohongi. Orangtua pasti tahu bagaimana keadaan anaknya apalagi ada keterikatan batin bahkan ketika anaknya berbohong. Sebagian orangtua memang lebih memilih pura-pura tidak tahu jika anaknya sedang berbohong. Sebagai anak mulailah untuk berkata jujur kepada orangtua dalam setiap keadaan yang dialami. Jujur adalah cara terbaik dan tidak akan lebih sakit daripada mengetahui sebuah kebohongan anak sendiri dari oranglain. percayalah tidak ada orangtua yang tidak memahami dan mengerti anaknya.

 

  1. Berterima Kasih

Pasti semua anak pernah merasa hal yang paling sulit adalah ketika mengucapkan terima kasih dan meminta maaf kepada kedua orangtua. Sebenarnya ini salah satu hal yang paling kecil  dan sering terlupakan namun siapa sangka jika hal ini adalah salah satu cara paling ampuh untuk membuat orangtua bahagia. Sebanyak apapun kita sebagai anak berterima kasih kepada orangtua, tidak akan mampu membalas jasa dan kasih sayang mereka. tetapi, cara ini adalah cara yang paling mudah jika dilakukan sehari-hari untuk bentuk kasih sayang kita sebagai anak kepada orangtua. Mulailah belajar membiasakan diri untuk mengucapkan terima kasih dan maaf kepada orangtua.

 

  1. Menghargai

Setiap orang pasti memiliki pendapatnya sendiri. Sebagai seorang anak, pasti pernah mengalami beberapa hal yang bertentangan dengan pendapat orangtua. Untuk itu, cobalah untuk menghargai segala hal yang dilakukan orangtua termasuk dalam hal berpendapat. Dengan cara seperti ini mereka akan merasa sangat dihargai dan merasa anak yang dikandung mereka menuruti apa yang mereka minta. Walaupun sulit, usahakan untuk menerima. Jika tidak bisa menerima, coba jelaskan dan berikan pengertian kepada mereka dengan cara yang lembut.

 

  1. Taat

Sikap taat kepada kedua orangtua sepertinya mudah, namun sebenarnya, sangat sulit dari yang kita bayangkan. Tidak perlu hal besar untuk membuat kedua orangtua kita bahagia. Cukup taat pada perintah mereka, aturan mereka dan taat pada nasihat mereka. Terkadang tanpa kita sadari, kita sering membantah perintah kedua orangtua. Nah, ketika ini terjadi, coba kita pikirkan dulu sebelum kita membantah perintah mereka, karena apa yang mereka anjurkan kepada anaknya tentu hal-hal baik untuk kita.

Bersikap taat kepada orangtua juga akan membuat diri kita selamat. Meski terkadang tidak senang dalam menjalaninya. Taat kepada orangtua kita juga akan membuat mereka senang, tenang dan jauh dari perasaan khawatir.

Itulah beberapa cara untuk membuat orangtua kita bahagia. Sebagai orangtua, mereka tidak memintah sesuatu yang besar cukup hal-hal seperti diatas mampu membuat mereka bangga menjadi orangtua untuk anaknya.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *