Cara Agar Tetap Konsisten dalam Menulis

  • Whatsapp
Konsisten Dalam Menulis
Konsisten Dalam Menulis

 

Hobi merupakan suatu kegiatan yang disukai oleh seseorang yang apabila dilakukannya maka ia akan senang, bahkan bisa sangat bahagia. Dengan begitu, hobi biasanya akan sering dilakukan oleh seseorang apabila hal tersebut tidak mengganggu kegiatan lainnya. Namun bagaimana dengan hobi menulis? Apakah seseorang bisa dikatakan hobi akan menulis ketika semangatnya naik turun dalam menulis, hari ini menulis besok berhenti, besoknya juga berhenti dan malah dilanjutkan pada minggu depannya.

Read More

Sebuah hobi apabila ditekuni bahkan bisa menjadi sebuah keuntungan sendiri pada pelakunya, misalnya seorang pegawai kantor akhirnya bisa sukses melalui hobinya bernyanyi dan kemudian menjadi penyanyi terkenal. Begitu juga dengan seorang sarjana kedokteran yang lantas sukses pada dunia broadcasting yang ditekuni, dan banyak lagi contoh lainnya.

Nah, begitu juga hobi menulis yang telah dibahas di atas. Mungkin, orang-orang yang kini telah menjadi penulis dulunya tidak pernah mempunyai hobi menulis tetapi akhirnya bisa menjadi menulis karena ia terus berlatih dan memiliki keinginan yang kuat. Seperti misalnya ia tidak tahu harus menuliskan apa, sudah dapat ide tapi enggan menuliskannya dalam catatan naskah dan lain lagi sebagainya. Bagi kamu yang ingin menjadi penulis dan belum memiliki hobi ini sebaiknya latihlah dirimu mulai dari sekarang, berkomitmen lah pada impianmu termasuk di dalamnya pada hal berkarya. Untuk berkomitmen menjadi penulis, kamu bisa melakukan beberapa hal tersebut untuk berlatih:

  1. Fokus Hanya Pada Cerita yang Kamu Tulis

Mungkin kamu sering kali mendapati keadaan dimana kamu sudah menulis puluhan lembar, kemudian hasrat untuk menuliskannya hilang kembali. Kamu bahkan tidak tahu harus melanjutkannya dengan cara yang seperti apa dan dengan menggunakan alur cerita apa. Kemudian tak lama setelahnya kamu mendapatkan ide baru yang lebih baik menurutmu, apa yang harus kamu lakukan dalam posisi ini? Sebaiknya konsistenlah terhadap puluhan lembar yang telah kamu tuliskan jangan berfokus pada ide baru yang belum tentu mempunyai jalan cerita yang lancar hingga akhir.

Berdiskusilah dengan orang-orang yang telah ahli di bidangnya untuk melanjutkan naskahmu yang tertunda, karena sangat sayang untuk melewatkan sesuatu yang sudah ada. Namun jangan pula membuang ide baru yang telah kamu dapatkan, tetaplah simpan ide baru tersebut dan berjanjilah untuk menuliskannya setelah kamu menyelesaikan cerita lamamu.

 

  1. Lakukan dengan Rutin dan Berkelanjutan

Sedikit demi sedikit, maka lama-lama akan menjadi bukit, begitu bunyi pepatah. Kamu bisa juga karena kamu terbiasa. Oleh karenanya tidak lah salah kalau kamu terus-terusan mencoba meskipun belum ada hasil dari apa yang telah kamu lakukan. Begitu juga dengan menulis, mulanya kamu pasti akan bosan dan bingung bagaimana menuliskannya tetapi jika kamu berlatih maka semuanya akan berjalan dengan baik, kamu akan terbiasa menuliskannya bahkan dengan suka cita dan sangat menyenangkan. Kamu bisa dengan rutin menulis, tetapi kamu juga tidak harus menulis sepanjang waktu, pakailah waktu-waktu yang tepat dimana hatimu sedang dalam keadaan yang baik. Selain itu kamu harus melakukannya secara berkelanjutan, kamu boleh beristirahat tapi kamu tidak boleh  berhenti sebelum tuntas. Dengan demikian kamu akan sadar bahwa menulis secara rutin itu sangatlah menyenangkan.

 

  1. Self Editing

Setelah menuliskan semua naskah sampai tuntas, janganlah kamu lantas langsung mengirimnya ke penerbit atau ke media. Sebaiknya periksa kembali tulisanmu mana tahu etrdapat kesalahan penulisan kata, tanda baca dan lainnya. Nah, sebaiknya lagi endapkan tulisanmu tersebut selama beberapa bulan, siapa tau terdapat ide baru dan alur cerita yang lebih menarik yang bisa kamu selipkan di dalam isi maupun akhir cerita.

Nah, itu dia solusi bagi kamu yang sampai saat ini belum konsistensi dalam menulis. Menjadi penulis itu memang tidak susah, tetapi kamu bisa melakukannya jika kamu memiliki kemauan dan terus-terusan berlatih.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *