Bentuk Citizen Journalism yang Ada di Dunia

  • Whatsapp

 

Citizen Journalism
Citizen Journalism

 

Read More

Menjadi jurnalis warga (Citizen Journalism) itu ternyata mengasyikkan, karena tanpa harus terikat dengan sebuah instusi, perusahaan maupun hal lain kamu sudah bisa melaporkan suatu kejadian. Namanya juga warga, begitu kira-kira. Nah, untuk itu yuk kita kenali bentuk-bentuk dari citizen journalism, sebagai berikut:

  1. Opening Up to Public Comment

Pada media online, terdapat kolom komentar yang sengaja diperuntukkan bagi para pembaca yang berkunjung ke blog tersebut. Setiap pengunjung diperbolehkan meninggalkan komentarnya baik itu berupa kritikan, masukan, pujian atau bahkan juga boleh menambahkan informasi apalagi dirasa berita yang disajikan kurang lengkap.

  1. The Citizen Add-On Reporter

Ini dimaksudkan dalam bentuk ini adalah ketika seorang jurnalis profesional memasukkan komentar kamu selaku citizen journalism untuk kemudian dituliskan dalam beritanya, biasanya hal ini akan terjadi ketika terjadi sebuah peristiwa tertentu.

  1. Open-Source Reporting

Adalah salah satu bentuk kolaborasi liputan dengan sumber terbuka yakni ketika seorang jurnalis profesional bekerja sama dengan warga yang memiliki pengetahuan mengenai suatu masalah yang sedang terjadi. Biasanya seorang jurnalislah yang meminta informasi kepada warga untuk melengkapi sebuah tulisan yang lebih kuat keakuratannya, selama warga masih bersedia pendapatanya dipublikasikan.

  1. The Citizen Bloghouse

Adalah blog-blog gratis yang dapat digunakan oleh setiap orang, biasanya akan digunakan untuk menuliskan berbagai hal seperti cerita tentang kehidupan maupun kejadian tertentu. Dan pastinya bisa diakses oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia, ialah si bloghouse warga.

  1. Newsroom Citizen ‘Transparency’ Blogs

Merupakan sebuah blog yang dimiliki oleh kelompok seperti organisasi media, yang biasanya diperuntukkan dalam hal transparansi dan komunikasi dengan pembacanya. Dimana setiap ornag dapat memebrikan kritik, keluhan,a duan, pujian dan lainnya pada ruang tersebut.

  1. The Stand Alone Citizen Journalis Site: Edited Version

Ialah laporan yang berhasil dikumpulkan berdasarkan sumber dari warga namun telah melalui seleksi penyuntingan terlebih dahulu tanpa merusak keaslian dari isi berita.

  1. The Stand Alone Citizen Journalism Site: United Version

Berbanding terbalik dengan penjelasan nomor 6, pada bagian ini berita dari warga akan ditampilkan tanpa melalui proses penyuntingan terlebih dahulu . biasanya berita bisa langsung muncul dalam seketika setelah berhasil diposting.

  1. Add a Print Edition

Ialah gabungan dari The stand –alone citizen-journalism site namun ditampilkan dalam versi cetaknya.

  1. The Hybrid: Pro + Citizen Journalism

Ialah gabungan dari jurnalis profesional dengan jurnalis warga dimana berita dari jurnalis profesional diperlakukan sama dengan berita dari seorang jurnalis warga.

  1. Integrating Citizen and Pro Journalism Under One Roof

Yakni digabungkannya jurnalis profesional dengan jurnalis warga di bawah satu atap yang sama. Media ini biasanya akan mempublish tulisan maupun berita dari jurnalis profesional tanpa menutup kesempatan untuk jurnalis warganya.

  1. Wiki Journalis: Where the Readers are Editors

Merupakan model jurnalisme warga yang menempatkan pembacanya sebagai penyuntung karena pada dasarnya setiap orang bisa menulis, menyunting, maupun memberikan komentar pada tulisan. Model ini telah dipopulerkan oleh Wikipedia.

Nah, pemaparan di atas adalah bentuk-bentuk dari citizen journalism yang telah berkembang di dunia meskipun sebagain orang banyak yang tidak menyadari bahwa hal-hal tersebut telah masuk dalam bagian kegiatan citizen journalism. Sudah siapkah kamu melaporkan berita? ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *