Bantu Atasi Stres dengan Durian

  • Whatsapp
Atasi Stres dengan Durian
Atasi Stres dengan Durian

Buah yang hanya bisa tumbuh di wilayah iklim tropis salah satunya adalah Durian. Kata durian sendiri berasal dari ciri khas buah tersebut yang berkulit tebal dan keras serta memiliki duri-duri tajam disekeliling kulit buahnya.

Durian termasuk dalam buah musiman, yang artinya buah ini hanya bisa panen 2 atau 3 tahun sekali. Maka dari itu durian termasuk golongan buah yang mahal. Selain karena jangka waktu panennya yang lama, perawatan durian juga terbilang rumit. Namun, walaupun harga durian mahal, ternyata durian memiliki banyak kandungan yang kita butuhkan.

Read More

 

Kandungan dalam Durian

Durian memiliki banyak kandungan nutrisi, diantaranya: vitamin C, vitamin B kompleks, asam amino, mineral, kalsium dan fosfor yang sangat tinggi.

 

Membantu Gangguan Saluran Pencernaan

Durian mengandung serat yang tinggi, serat inilah yang membantu gangguan insential dalam saluran perncernaan. Durian juga dapat menetralisir asam dalam perut dan membantu mengurangi iritasi dalam lambung.

 

Mencegah Anemia

Kandungan tembaga, asam folat dan juga zat besi dalam durian dapat memproduksi haemoglobin dalam darah. Sehingga dapat memproduksi banyak sel darah merah. Maka dari itu, Durian mampu mencegah penyakit anemia untuk konsumennya.

 

Mencegah Depresi dan Stress

Manfaat selanjutnya adalah kandungan vitamin B6 dan juga tryptophan yang akan diubah menjadi serotin oleh tubuh, zat inilah yang akan membuat anda merasa tenang, membangun mood Anda dan juga mengadirkan perasaan gembira.

 

Memperkuat Tulang dan Persendian

Kandungan kalsium dan potassium yang tinggi dalam durian sangat bermanfaat untuk melindungi jaringan pada tulang dan persendian Anda. Selain itu, vitamin B1 dan B2 dapat membantu untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang dan persendian Anda.

 

Memperhalus Kulit

Durian memiiki kandungan vitamin C yang tinggi yang dapat memperhalus dan merawat kulit Anda. Vitamin dalam durian mengandung anti oksidan yang mengurangi perusakan dalam sel juga mengantisipasi penuaan dini.

 

Membantu Tubuh Agar Tetap Fit

Anda bisa mendapatkan 21% karbohidrat dalam 100 gram buah durian, kandungan karbohidrat ini akan menambah energy dalam tubuh Anda. Sehingga Anda dapat menjalani aktifitas serta pekerjaan Anda dengan semangat.

 

Mengurangi Konsumsi Rokok

Peran dan manfaat durian selanjutnya adalah mengurangi kencanduan dalam rokok. Sebab durian mengandung vitamin B1, B6, magnesium dan juga kalium yang dapat mengontrol kecanduan nikotin dalam tubuh. Namun hal ini juga bergantung pada perokok tersebut, memiliki niat atau tidak untuk berhenti merokok.

 

Pengontrol Diet

Durian mengandung karbohidrat sebesar 20 persen hingga 39 persen, hal ini sangat membantu untuk orang yang ingin berdiet. Karena faktanya, orang yang berdiet perlu mengkonsumsi karbohidrat setiap 2 jam untuk menghindari ngemil yang disebabkan oleh stress.

Karena kandungan karbohidrat yang tinggi inilah, durian mampu menjadi pengganti cemilan bagi orang yang sedang berdiet.

 

Melancarkan BAB

Serat dalam durian mampu melindungi selaput lendir dalam usus yang bekerja saat usu mengeksposur racun. Hal ini membantu menghilangkan bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker usus, sehingga buah durian mampu melancarkan pencernaan dan melancarkan proses BAB.

 

Sebagai Penguat Daya Ingat

Kandungan kalium yang tinggi dalam durian dapat mengendalikan denyut jantung dan juga tekanan dalam darah. Dengan mengkonsumsi buah atau makanan yang mengandung kalium tinggi dapat memfokuskan dan menjadikan konsumen lebih serius dalam pekerjaannya.

 

Obat Mabuk Perjalanan

Kebanyakan durian dapat membuat konsumen durian menjadi mabuk, namun berbeda dengan manfaat durian yang satu ini. Durian dapat menjadi obat untuk mabuk perjalanan dengan ukuran yang tidak berlebihan.

Caranya konsumsi saja durian, susu dan juga madu saat perjalanan.  Durian mampu menjadi penenang proses pencernaan, susu mampu menstabilkan rehidrasi dalam tubuh dan madu berfungsi sebagai kadar gula darah yang dibutuhkan oleh tubuh.

Memperbaiki Sistem Saraf

Kandungan vitamin B kompleks dalam buah durian yang tinggi dapat membantu perbaikan dalam sistem saraf Anda.

Nah, itu tadi beberapa manfaat buah durian yang sangat bermanfaat untuk kesehatan para konsumen nya. Sebab, kandungan dalam buah durian sangatlah banyak dan tentunya sangat diperlukan oleh tubuh kita. Semoga bermanfaat.***(CM-S1/M. Yafei)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *