Asian Agri Peduli Pendidikan Anak Desa Labusel

  • Whatsapp

Asian Agri Peduli Pendidikan Anak Desa Labusel
PT Supra Matra Abadi (Kebun Teluk Panji) yang merupakan unit bisnis Asian Agri Group, menyerahkan bantuan program CSR Bidang Pendidikan di SD 115460 Desa Teluk Panji Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhan Batu Selatan (Labusel).

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan pada 1 September 2016 dan serah terima dilakukan oleh Manager Kebun Bibit Sembiring kepada Kepala Sekolah SDN 115460 Tuarti SPd, serta disaksikan langsung oleh Head CSR Asian Agri, Welly Pardede.

Read More

Pada acara tersebut turut hadir mewakili Camat Kampung Rakyat Irfan Ansyari Lubis, KUPT Kampung Rakyat Muklis, Kepala Desa Kampung Rakyat Irham Siregar, Komite Sekolah Maralokot Dalimunthe, Manager Pabrik Ismail, Koordinator CSR Fajar Suryono, Humas PT SMA Sumarjono, CSR Spesialist Tanoto Foundation, Fauzi Aksana, guru-guru, orangtua murid, tokoh masyarakat dan karyawan perusahaan.

Adapun bantuan CSR PT SMA – Kebun Teluk Panji yang digulirkan kepada SD 115460 berupa pembuatan sumur bor, bantuan meja dan kursi, perbaikan kamar mandi dan perbaikan ruang kelas.

Kegiatan perbaikan ruang kelas dilakukan secara gotong royong antara pihak sekolah, orangtua murid, staf dan karyawan PT SMA. Dan secara simbolis managemen Asian Agri, Pemerintahan Kecamatan, Pemerintahan Desa, Komite Sekolah melakukan pengecatan dinding ruang kelas secara bersama-sama sebagai tanda dimulainya perbaikan ruang kelas.

Sebelum serah terima program, pihak perusahaan juga melakukan interaksi dengan murid – murid dengan melakukan permainan atau game, kuis dan motivasi, sehingga acara serah terima program disambut gembira oleh murid-murid dan guru sekolah.

Kepala SD 115460, Tuarti SPd mengucapkan ribuan terima kasih kepada kepedulian Asian Agri yang mau berkunjung ke sekolahnya dan memberikan bantuan yang bermanfaat untuk sekolah. “Kami hanya bisa mengucapkan ribuan terima kasih kepada PT SMA – Asian Agri, mewakili segenap guru kami berusaha meningkatkan semaksimal mungkin kualitas pendidikan, kami tidak pingin anak-anak kami terbelakang, kami ingin anak-anak kami maju juga,” katanya.

Tuarti juga menambahkan, adanya bantuan Asian Agri sangat besar artinya bagi kami, untuk air bersih biasanya kami mengambil air ke sungai dengan cara mengangkat dengan timba, sekarang air sudah tersedia.

 

Manajemen Asian Agri berfoto bersama dengan para guru dan siswa sekolah pada saat penyerahan bantuan sumur bor.

 

“Anak – anak murid kami tidak kesulitan lagi mengambil air bersih. Begitu juga untuk BAB tidak perlu ke sungai atau ke bawah pohon, karena kamar mandinya sudah diperbaiki.
Kepala Desa Teluk Panji,” katanya.

“CSR Asian Agri selalu ada setiap tahun untuk desa kami, mari kita guru – guru, orangtua murid harus saling menjaga bantuan CSR Asian Agri, jika bantuan ini bisa kita rawat terus akan besar manfaatnya bagi kita, tetapi kalau tidak dijaga sebesar apapun bantuan perusahaan pasti akan hancur. Air bersih di SD ini sangat penting, kami sudah berusaha cukup lama agar SD memiliki air bersih tetapi baru sekarang terwujud dan itu atas kepedulian Asian Agri melalui program CSRnya. Sebagai perwakilan Desa Teluk Panji kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Asian Agri.”

Salah satu orangtua murid yang juga sebagai Komite Sekolah, Maralokot Dalimunthe sangat berterimakasih kepada Asian Agri yang mau datang, melihat dan berbuat untuk kemajuan sekolah.

“Terima kasih atas kunjungan Asian Agri ke sekolah kami ini, yang sudah mau membantu dan berkunjung kemari, semoga bapak – bapak semua diberikan kesehatan,”katanya.

SD Negeri 115460 Desa Teluk Panji ini merupakan sekolah yang sangat jauh kota kecamatan dan kabupaten, tepatnya terletak di tepi Sungai Barumun.

“SDN 115460 Teluk Panji letaknya jauh kota, sehingga sangat jarang dikunjungi tamu. Namun dijaman sekarang ini kita sangat bangga, karena pendidikan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tetapi perusahaan sudah berperan serta, salah satunya Asian Agri. Bantuan Asian Agri ini harus kita jaga, memang membangun sangat gampang tetapi perawatan sangat sulit, namun bisa dilakukan jika ada komitmen kita semua. Jika pemberian perusahaan kita jaga, pasti perusahaan senang, dan harapannya akan sering berkunjung ke sekolah ini,” kata KUPT Kampung Rakyat.

Asian Agri melalui program CSR melihat dan memandang bahwa kemajuan bidang pendidikan bukan hanya tanggung jawab pemerintah ataupun guru saja, tetapi menjadi tanggung jawab kita, orang tua murid, pemerintahan desa, perusahaan, dan masyarakat.

Sementara itu, Head CSR Asian Agri, Welly Pardede mengatakan, kemajuan Sekolah Dasar Negeri di Desa Teluk Panji bukan hanya tanggung jawab kepala sekolah dan guru sekolah, tetapi juga menjadi tanggung jawab kita yang berada di sekitar sekolah ini.

“Kita harus berperan sesuai dengan kemampuan dan kekuatan kita masing – masing, sehingga SDN didesa ini tidak kalah kualitas dan majunya dengan sekolah yang ada dikota atau tempat lainnya,” katanya.

“Asian Agri melalui Program CSR akan berperan sesuai dengan konsep – konsep dasar penerapan CSR dibidang pendidikan. Saat ini Asian Agri sangat mendukung pihak – pihak sekolah terutama yang berada disekitar perusahaan (Asian Agri) untuk terus berbenah dan melengkapi sarana dan prasarana sekolah, seperti ruang kelas, perpustakaan, air bersih, kamar mandi, mobiler dan sarana lainnya,” lanjut Welly Pardede.

Pada tahun 2016 ini, PT Supra Matra Abadi – Kebun Teluk Panji (Asian Agri), melakukan perbaikan ruangan kelas, perbaikan kamar mandi, pembuatan sumur bor dan bantuan meja guru untuk SDN 115460 Desa Teluk Panji.

Sebelumnya murid – murid harus mengambil air ke sungai dan jika ingin buang air besar ataupun kecil harus ke sungai atau dibawah pohon, maka saat ini sudah tersedia tempat yang lebih nyaman dan sehat.

“Kita berharap pihak sekolah bisa memanfaatkan dan merawatnya, sehingga bisa berfungsi maksima, dan masyarakat yang berada disekitar sekolah juga harus ikut berperan untuk menjaganya, sehingga bertahan lama,” tambahnya.

Welly Pardede menambahkan, program ini hanya bagian kecil dari program CSR perusahaan, sebelumnya ditahun yang lalu kita juga membantu pembangunan sumber air bersih dan MCK TK Raudatul Af’al di Dusun Tempel, Desa Pengarungan dan pembangunan sumber air bersih dan MCK di MIS Desa Bukit Selamat, Kec. Simpang Kanan, Kabupaten Rohil – Riau.

Selain dibidang pendidikan, PT SMA – Asian Agri juga berperan dalam pembangunan jalan beton dari Simpang Asam Jawa ke Desa Teluk Panji, membantu perbaikan rumah ibadah, perbaikan jalan dan jembatan, pencucian parit atau anak sungai dan program CSR lainnya.

Selain itu, PT SMA – Asian Agri juga melakukan pembinaan petani kelapa sawit swadaya yang berada disekitar perusahaan.***(CM-Ist/Ucup)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *