Antisipasi Kamera Tersembunyi di Kamar Mandi

  • Whatsapp
Antisipasi Kamera Tersembunyi di Kamar Mandi
Antisipasi Kamera Tersembunyi di Kamar Mandi

 

Belum lama ini, kasus tentang kamera tersembunyi di dalam toilet disebuah pertokoan sempat menghebohkan netizen. Dimana terdapat sebuah kamera tersembunyi dengan kondisi siap merekam segala aktifitas yang diletakkan oleh salah satu karyawannya. Hal ini jelas mencemaskan khususnya pada kaum wanita.

Read More

Terbongkarnya kasus ini berawal dari kecurigaan pengunjung toko, ia melakukan upaya antisipasi dengan memeriksa segala sudut ruangan. Benar saja, ia pun menemukan sebuah handphone dengan keadaan kamera menyala dibalik kain pel.

Banyak sekali tanggapan-tanggapan netizen bermunculan setelah kejadian itu, dan kebanyakan dari mereka setuju jika ini adalah tindakan tak bermoral. Selain meresahkan dan mencemarkan nama baik, perbuatan seperti ini tergolong merupakan termasuk dalam tindakan pelecehan seksual.

Untuk mencegah kejadian ini terjadi kedua kalinya maka ada baiknya yang ingin menggunakan toilet umum agar lebih berhati-hati. Berikut adalah tips mendeteksi adanya kamera tersembunyi di kamar mandi.

 

Perhatikan dengan Jeli

Ketika masuk ke toilet pastikan jika di dalam ruangan tersebut tak ada benda yang mencurigakan, ada baiknya kamu memastikannya dengan detail  seperti langit-langit, kotak tisu, vas bunga ataupun benda benda kecil lainnya. Tahukah kamu jika saat ini teknologi kamera mata-mata sudah semakin canggih dan berukuran sangat kecil, bisa berupa pulpen, pin, jam tangan, kotak rokok dsb. Bahkan kamera bisa hanya sebesar lubang jarum.

 

Gunakan Alat Bantu

Salah satu tips yang bisa kamu lakukan ketika ragu menggunakan kamar mandi adalah dengan mematikan lampu ruangan dan biarkan dalam kondisi gelap, kemudian gunakan kamera handphone untuk mendeteksi adanya kamera tersembunyi. Jika kamu melihat ada titik bewarna merah itu berarti ada kamera yang sedang merekam segala aktifitas didalam kamar mandi tersebut.

 

Gunakan Indra Pendengaran

Telinga, walaupun fungsi untuk mendengar tapi ini juga dapat digunakan untuk mendeteksi adanya kamera tersembunyi. Beberapa kamera didesain agar bisa bergerak mengikuti objeknya menggunkan sensor jadi, biasanya setiap pergerakan dari kamera tersebut akan menyebakan bunyi. Disinilah ketajaman indera pendengaran kamu di uji, usahakan suasana dalam kamar mandi dalam kondisi tenang agar memungkinkan untuk terdengar lewat telinga manusia biasa.

 

Perhatikan Cermin

Adanya cermin yang terpasang didalam kamar mandi adalah hal yang lumrah. Namun, beberapa cermin memiliki karakteristik berbeda. Tak hanya memantulkan pemandangan yang ada didepannya tapi ada juga yang bersifat dua arah. Maksudnya, ketika kita sedang berkaca ada orang lain yang juga dapat melihat kita dibaliknya. Biasanya ini digunakan pada sebuah supermarket untuk melihat gerak-gerak mencurigakan para pengunjungnya. Maka hal yang perlu kamu lakukan adalah memastikan jika dibalik cermin tersebut tidak ada apa-apa atau hanya tembok dinding. Cara lainya yaitu melatakkan jari pada permukaan cermin, jika bayangan terlihat saling bersentuhan maka cermin tersebut patut untuk dicurigai.

Kamar mandi memang merupakan ruang yang bersifat privasi bagi sebagian orang, jangan sampai memberikan celah kepada orang-orang yang tak bertanggung jawab melancarkan aksi tak beretikanya. Hukuman berat pantas diterima oleh para pelaku yang melakukan hal ini, tapi sebelum itu terjadi ada baiknya kamu membentengi diri. Itulah tips dan trik buat kalian yang memiliki kecemasan bila hendak menggunakan toilet umum, semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk orang banyak.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *