Alternatif Modal Bagi Kamu yang Ingin Berbisnis

  • Whatsapp
Bisnis Modal - Foto : www.qerja.com
Bisnis Modal – Foto : www.qerja.com

 

Kamu menyukai dunia bisnis? Kamu suka berwirausaha? Tetapi ada saja suatu hal yang mencoba menjadi penghambat ketika kamu benar-benar ingin mewujudkan impian menjadi pebisnis dan pengusaha menjadi nyata, yaitu modal. Ya, modal selalu menjadi salah satu penghambat ketika kamu tidak memilikinya dengan jumlah yang cukup. Namun, kamu tidak perlu pusing karena tak selamanya modal harus berasal dari sakumu, berikut adalah sumber permodalan alternatif yang bisa kamu coba, yakni :

Read More

  1. Modal sendiri

Karena pada dasarnya tidak semua bisnis membutuhkan modal yang besar tetapi membutuhkan modal yang cukup. Seperti misalnya menjadi seorang penulis, makelar, internet  marketer guru les ataupun menjadi ilustrator. Beberapa bisnis ini sebenarnya tidak butuh modal yang banyak karena terdapat barang-barang milik sendiri yang bisa kamu manfaatkan misalnya komputer bekas yang sudah lama tidak terpakai, meja makan yang bahkan tak pernah digunakan dan hal-hal lainnya. Sebenarnya banyak sekali yang bisa menjadi modal kamu untuk membuka suatu usaha, karena modal tak selamanya harus berbentuk uang kan?

 

  1. Modal dari investor

Di dunia ini banyak sekali orang yang memiliki uang namun kebingungan bagaimana caranya menernakkan uangnya. Nah, harusnya kesempatan ini bisa kamu ambil dengan meyakinkan dia bahwa kamu sedang merintis usaha yang menjanjikan sehingga juga bisa memberikan keuntungan terhadapnya. Yakinkan kepada investor bahwa bantuannya dapat menjamin keberhasilan usahamu.

 

  1. Modal pinjaman

Tak perlu malu mempunyai hutang karena pada dasarnya semua pengusaha selalu mempunyai hutang yang berlimpah sebelum akhirnya sesukses hari ini. Jadi, jangan menunda bisnis hanya karena kamu tidak memiliki modal. Untuk melakukan peminjaman ada dua alternatif yang bisa kamu lakukan, pertama meminjam dengan perorangan maupun meminjam dengan lembaga keuangan. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing, jika meminjam perorangan biasanya bunga yang ditawarkan tidak begitu banyak karena tidak ada peraturan khusus yang ditetapkan, lebih baik lagi jika perorangan tersebut adalah kerabatmu, bisa jadi bunganya hampir tidak ada. Sehingga dapat memudahkanmu dalam proses pembayaran nantinya, kesempatan ini jangan kamu sia-siakan dan kamu juga harus mengembalikannya dengan segera apabila tidak mau hubunganmu dengan kerabat menjadi buruk. Begitu juga dengan meminjam dengan lembaga keunangan, kamu tidak perlu takut selama bisnis yang kamu jalankan memiliki prospek yang baik maka akan mudah bagimu untuk mengembalikan uangnya suatu saat nanti, seperti misalnya meminjam dengan bank tertentu.

 

  1. Modal hasil kerja sama

Berbagi modal dengan rekan adalah ide yang cerdas karena selain bisa membagi modal menjadi lebih mudah kamu juga bisa saling berbagi pengalaman dalam hal bisnis. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti:

  • Pilihlah rekan yang kamu kenal baik, bukan hanya karena ia mampu berbicara dan memiliki modal yang cukup besar tetapi juga memiliki reputasi yang baik ya di lingkungannya.
  • Jika kamu ingin merekrut teman baik, pastikan bahwa usaha yang kamu lakukan dengannya adalah atas nama kerjasama hitam di atas putih. Dan bila perlu gunakan surat yang menggunakan materai agar terlihat akurat dan lebih serius.
  • Bila memang calon rekanmu tidak menginginkan perjanjian melalui surat tertulis artinya ia tidak serius, dan lebih baik tinggalkan saja.
  • Jangan lupa untuk mencari saksi dalam perjanjian tersebut agar sah di mata hukum.

Nah, itu dia berbagai alternatif modal yang bisa kamu pakai dalam memulai sebuah sebuah bisnis atau pun usaha tertentu, semoga beruntung ya. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *