Ahza Productions, Produksi Hijab Dari Rumah Sendiri

  • Whatsapp
Ahza Production
Ahza Production

 

Bermula dari kejenuhan sang owner dalam mencari kecocokan pekerjaan sesuai bidangnya,  Debby Kartika Hasan atau yang lebih sering dipanggil Debby memutuskan untuk mewujudkan cita – citanya dan terdorong mengikuti  jejak  kedua orangtuanya yang juga dari latar belakang pengusaha untuk memulai usaha sendiri. Dari kesukaannya di dunia fashion hijab, mahasiswi magister Manajemen USU ini juga memilih bidang Hijab Fashion khususnya Hijab untuk lahannya merintis karir di dunia usaha.

Read More

Nama Ahza Productions sendiri diambil dari bahasa arab yang artinya Keberuntungan. Ahza Productions telah berdiri sejak Oktober 2015 yang sebelumnya menggunakan nama Hijab Corner, namun karena adanya perubahan konsep secara keseluruhan dari bisnisnya, akhirnya Debby mengganti nama Brand-nya menjadi Ahza Productions.

Menariknya, Debby tidak menjalankan bisnisnya dengan menjadi reseller dari produsen besar seperti yang dilakukan oleh kebanyakan pengusaha hijab, tapi Debby memproduksinya sendiri dari workshopnya yang juga berlokasi sama dengan tempat ia tinggal di Jl. Medan-Binjai Km. 12 Komplek Villa Palem Kencana Jl. Pinang Mas III Blok G No.  5. Jalan ini ia pilih karena ingin membangun karirnya di bidang bisnis yang menjadikannya dapat belajar mengasah kemampuannya di bidang jahit design hijab yang merupakan mahakarya  Debby sendiri, juga mengatur keuangan bisnisnya. Hal terpenting adalah mewujudkan mimpi besarnya memiliki outlet toko dan workshop yang besar dalam beberapa tahun ke depan.

Brand hijabnya ini memproduksi beragam variasi hijab seperti Pashmina, hijab segi empat, dan hijab syar’i. Untuk mengatasi motif hijab yang pasaran, Ahza Productions memproduksi hijabnya secara limited edition. Debby menjahit 1 motif hijab hanya khusus untuk 9 buah hijab dalam kurun waktu yang cukup singkat. Dibutuhkan waktu satu minggu untuk menyelesaikan semua proyek hijabnya untuk dijual dalam satu minggu kedepan. Begitu seterusnya. Kain untuk ia jadikan hijab pun ia dapatkan dari Supplier kepercayaannya yang memang memberikan kualitas kain yang premium quality agar pelanggannya menyukai produk buatannya, seperti tagline nya loyalty is our priority. Produk unggulannya saat ini adalah hijab syar’i.

Koleksi Ahza Production
Koleksi Ahza Production

 

Range harga dari brand hijab Debby sendiri juga tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan kualitas yang dihasilkannya. Untuk hijab syar’i sendiri Debby mematok harga Rp.90.000 – Rp.130.000/buahnya dan untuk hijab pasmina Rp.40.000 – Rp.50.000/buah. Harga tersebut dirasa Debby masih sesuai dengan target pasarnya yang luas yaitu wanita yang berprofesi sebagai mahasiswi, pelajar, pekerja, dan ibu – ibu. Tidak tanggung – tanggung, dengan banyaknya peminat Ahza Productions juga telah merambah tanah Jawa dalam penjualan produknya.

Dengan basis bisnis yang di tekuni masih Online shopping, Debby memasarkan produknya via social media juga ia pasarkan melalui promosi langsung dari mouth to mouth ke teman – teman dan saudara terdekatnya. Debby memiliki sistem pembayaran via transfer ke bank miliknya yang kemudian akan diantar oleh kurir jika masih dalam kota, atau melalui jasa ekspedisi jika pengiriman ke luar kota. Dan untuk memudahkan pelanggannya, Debby memberi sistem Cash on Delivery di seputaran daerah USU.

Meskipun banyak pesaing dari Brand Hijab lain, Debby selalu menjadikannya tantangan untuk mempertahankan brandnya di pasar, dengan menghasilkan hijab yang premium quality dan membuat motif yang unik serta tidak pasaran yang membuat kepuasan tersendiri dari pelanggan Ahza Production untuk tetap kembali membeli produk hijab dari Ahza Productions. Debby juga rajin memberikan inovasi seperti mengadakan giveaway untuk pelanggannya, juga membuat demo menjahit gratis untuk menarik minat pasar yan lebih luas lagi.***(CM-K1/Ade Novina Dalimunthe)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *