IBX5A49C9BC313D6 Tipe Mahasiswa yang Disukai Dosen - Cerita Medan

Tipe Mahasiswa yang Disukai Dosen

Mahasiswa Yang Disukai Dosen
Mahasiswa Yang Disukai Dosen

 

Menjadi mahasiswa tidak hanya harus pintar tetapi juga cerdas, tidak hanya harus rajin tetapi juga pandai mengambil hati. Mahasiswa memiliki tipenya masing-masing dan bagi dosen yang suka memperhatikan pasti tidak bisa dipungkiri ada beberapa tipe mahasiswa yang disukainya. Dosen merupakan sosok paling penting di kampus yang akan memperhatikan mahasiswa karenanya kamu sebagai mahasiswa harus pandai-pandai bersikap agar disukai oleh dosen. Berikut adalah tipe-tipe mahasiswa yang disukai oleh dosen:

  1. Mahasiswa yang suka memperhatikan pelajaran dari dosen

Semua dosen pasti akan suka ketika ia menjelaskan maka mahasiswanya memperhatikan, itu artinya apa yang diajarkannya diterima dan didengarkan oleh mahasiswanya. Namun tak jarang bahwa dosen juga paham mana mahasiswa yang benar-benar memperhatikan dan mana yang hanya memandang tetapi memiliki pemikiran kosong di kepalanya. Dosen biasanya akan menyukai mahasiswa yang memperhatikan dengan serius dilihat dari ekspresinya mendengarkan, mahasiswa yang mendengarkan sembari mencatat poin-poin penting dan banyak lagi lainnya. Terkadang dosen juga suka memancing reaksi mahasiwa mana saja yang mendengarkannya dengan cara bertanya secara random.Nah, mahasiswa tipe yang memperhatikan akan disukai oleh dosen karena ia merasa dihargai ketika memberikan pelajaran di kelas.

 

  1. Mahasiswa yang ramah

Mungkin kamu bukanlah mahasiswa yang menonjol, kamu tidak begitu pintar dan kamu tidak begitu rajin tapi kamu ramah kepada dosenmu, karena itu pula kamu jadi dikenal. Kebanyakan dari mahasiswa selalu perduli terhadap dirinya sendiri, tetapi ia tidak perduli terhadap lain padahal itu tidak disukai karenanya kamu harus berbeda, santun lah terhadap orang lain terutama dosenmu sendiri. Setidaknya kamu ‘dilihat’ begitulah istilahnya, teman-temanmu mungkin akan berpura-pura tidak tahu ketika bertemu dosen di jalan maka kamu harus berperilaku sebaliknya, kamu harus ramah setidaknya untuk sekedar mengucapkan salam. Kelihatannya mudah tetapi sulit dilakukan oleh mahasiswa lain, jadi lah mahasiswa santun agar kamu diingat dan disukai oleh dosenmu.

 

  1. Mahasiswa yang gemar bertanya dan menjawab dosennya

Tidak hanya ingin didengarkan, dosen juga ingin mahasiswanya mendapatkan ilmu baru atas apa yang disampaikannya. Karena itu lah tak jarang dosen pun melemparkan pertanyaan, bagi kamu yang gemar menjawab maka dosen akan senang begitu pun ketika kamu rajin bertanya tentang apa yang kamu tidak pahami. Jika kamu selalu begitu tentu dosen akan menyukaimu karena hal itu menunjukkan kalau ia mampu membuat mahasiswanya menjadi lebih aktif. Tetapi ingat, kamu tidak boleh terlalu mendominasi sehingga menghabiskan kesempatan untuk teman-temanmu yang lain, berprilakulah secara baik agar tak hanya disenangi oleh dosen tetapi kamu juga disenangi oleh teman-temanmu yang lainnya.

 

  1. Mahasiswa yang suka berdiskusi

Tidak selamanya kamu mengerti mengenai pelajaran yang disampaikan oleh dosenmu, terkadang ada beberapa hal yang membuat kamu bingung atau bahkan tidak sependapat dengan dosenmu tersebut. Kamu tidak boleh mneyalahkannya tetapi ajaklah dosenmu untuk berdiskusi, dosen akan senang pada mahasiswa yang memiliki rasa ingin tahu cukup besar karena itu menunjukkan bahwa kamu ingin maju. Minta lah wkatu dosenmu sedikit saja agar kamu dapat memahami pelajaran dengan baik, tidak hanya akan menambah pengetahuan tetapi kamu juga akan disenangi oleh dosenmu, kan?

 

  1. Mahasiswa yang selalu mendapat nilai baik walau tidak begitu aktif

Kamu mungkin adalah orang yang pemalu dan sulit untuk berdiskusi sehingga kamu jarang sekali melemparkan pertanyaan pada dosennya walau kamu tidak memahami pelajaran yang disampaikannya. Tetapi kamu membuktikannya lewat nilai yang kamu dapatkan, karena ternyata kamu bisa belajar lebih keras dengan sendiri tanpa bertanya dengan dosenmu. Mahasiswa tipe ini tentu disukai oleh dosen karena kamu memang tidak terlihat tapi kamu menunjukkan kebisaanmu pada akhir dan itu membuat dosenmu senang dan tak jarang pada mata kuliah berikutnya ia akan melibatkanmu karena mengetahui potensimu.

Nah, konkawan Cerita Medan termasuk ke dalam tipe yang mana nih. Kamu bisa menjadi lima di antara tipe mahasiswa tersebut agar disukai oleh dosenmu ya. Tetapi ingatlah untuk menjadi diri sendiri tanpa harus memaksakannya.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

KOMENTAR

BACA JUGA