Tinggalkan Kebiasaan Burukmu dari Sekarang

  • Whatsapp
Kebiasaan Buruk Sejak Kecil
Kebiasaan Buruk Sejak Kecil

 

Setiap anak pasti pernah mengalami kebiasaan buruk yang mungkin masih terbawa hingga dewasa. Jika kebiasaan yang baik mungkin tidak perlu dikhawatirkan, yang berbahaya ketika kebiasaan buruk ketika masih kecil masih dilanjutkan hingga dewasa.  Inilah 5 kebiasaan buruk semasa kecil yang biasanya masih dilakukan ketika seseorang beranjak dewasa.

Read More

  1. Bersendawa

Kebiasaan ini sangat buruk jika terus dibiarkan oleh anak hingga tumbuh dewasa. Parahnya lagi jika dilakukan di depan umum tentunya akan meninggalkan kesan tidak sopan dan tidak beretika. Ini menjadi tugas orang tua dalam hal mengajarkan anaknya untuk tidak melakukan sendawa di tempat sembarangan. Usahakan untuk membiasakan anak melakukan sendawa jauh dari keramaian apalagi jika sedang berada di meja makan.

 

  1. Mengisap Jempol

Kebiasaan ini biasanya didasari karena sang anak ketika masih kecil dibiasakan mengompeng atau mengisap Dot. Ketika orang tua mulai berusaha tidak membiasakan anak untuk mengompeng atau mengisap dot, anak justru mencari alternatif lain seperti mengisap jempolnya sendiri.  Selain menyebabkan lecet, kapalan dan juga infeksi,  kebiasaan mengisap jempol juga dapat membuat gigi menjadi tonggos dan akhirnya membuat penampilan tidak menarik. Jika kebiasaan ini masih terjadi saat tubuh dewasa cobalah ganti dengan membiasakan untuk mengisap permen agar tidak menggangu pandangan seseorang terhadap anak yang mengisap jempol.

 

  1. Menggigit kuku

Hal ini banyak terjadi di lingkungan sekitar tanpa kita sadari. Kebiasaan ini biasanya muncul ketika sedang gelisah, takut dan juga bosan. Selain jelek di pandang, kebiasaan menggigit kuku juga membawa kesan jorok pada mereka yang melakukan kebiasaan ini. Kebiasaan orang mengigit kuku atau dalam bahasa medisnya dikenal dengan sebutan Onychophagia. Dikhawatirkan jika kebiasaan ini terus berlanjut adalah akan mengganggu kesehatan pada tubuh yang tidak bisa di jangkau, akibat kuman dan bakteri pada kuku. Demi menjaga kesehatan, cobalah untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini secara perlahan.

 

  1. Menonton terlalu dekat

Ini juga kebiasaan terburuk yang sering dilakukan ketika masih kecil yaitu menonton Televisi terlalu dekat. Jika kebiasaan ini terus berlanjut hingga dewasa tentunya akan membuat mata menjadi rusak. Ada beberapa anjuran dalam menonton tv yaitu menonton dengan jarak minimal 60cm dari layar tv atau sekitar 2 sampai 3 meter untuk jarak menonton yang aman. Bahayanya lagi, jika dibiarkan menonton terlalu dekat dalam jangka waktu yang lama tidak hanya menyebabkan kerusakan mata tetapi juga resiko penyakit jantung dan gangguan tidur.

 

  1. Duduk membungkuk

Kedengarannya cukup aneh memang, namun ini adalah kebiasaan buruk yang dilakukan tanpa disadari. Biasanya kebiasaan buruk ini bermulai saat proses belajar yang membiasakan tidak duduk tegak di bangku. Membiasakan duduk membungkuk ternyata juga berpengaruh dalam posisi berdiri  yang membungkuk pula. Kebiasaan ini dapat membuat tulang belakang tubuh menjadi bengkok. Jika tulang punggung bagian atas terlalu melengkung sampai menyebabkan postur bungkuk, Anda mengalami kondisi yang disebut sebagai kifosis. Mulai sekarang biasakan anak untuk duduk tegak dan berdiri tegak agar terhindar dari kelainan tulang belakang yang membungkuk.

Tersebut ada beberapa kebiasaan masa kecil yang sering dilakukan hingga tumbuh dewasa. jika masih sadar dengan kebiasaan buruk yang sering dilakukan, cobalah untuk mencegahnya sendiri. Kalau di biarkan terlalu sering kebiasaan buruk tersebut juga akan menimbulkan dampak yang buruk terhadap diri sendiri.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *