Ternyata Berjabat Tangan Tidak Baik Untuk Kesehatan

  • Whatsapp

Berjabat Tangan
Saat berjabat tangan dengan seseorang yang ditangannya mungkin menempel kuman, bukan tidak mungkin kamu akan tertular kuman penyakit. Kuman bisa menempel di mana saja, termasuk juga di tangan yang kelihatannya bersih.

Banyak faktor kuman bisa menempel di tangan. Memegang handphone adalah faktor utama yang membuat kuman menempel di tangan. Kuman dapat berkembang biak di tempat hangat seperti suhu panas yang dihasilkan oleh baterai handphone.

Read More

Setelah handphone, mesin ATM juga merupakan sarang kuman seperti halnya toilet umum. Mesin ATM diketahui menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri penyebab diare dan penyakit-penyakit lain, yang banyaknya sebanding dengan dudukan toilet. Hal ini mungkin disebabkan karena banyaknya tangan yang menyentuh mesin ATM tersebut, sehingga kuman-kuman tumbuh subur pada mesin ATM dan menempel pada tangan lain yang menyentuhnya.

Daftar menu restoran juga merupakan sarang tumbuhnya bakteri, kuman, dan virus jahat. Virus penyebab flu yang menempel di daftar menu restoran diketahui dapat bertahan hingga 18 jam karena permukaannya yang keras.

Selanjutnya, touch Screen, bacaan di tempat umum, troli supermarket, tempat bumbu di restoran, gagang pintu toilet, tempat sabun di toilet umum, juga merupakan tempat yang membuat kuman menempel di tangan seseorang yang mungkin kebetulan berjabat tangan denganmu.Untuk menghindarinya, kamu bisa memakai cairan desinfektan atau tisu basah pada tanganmu, sebelum atau sesudah kamu berjabat.

 

Daftar Penyakit yang Menjangkiti Saat Berjabat Tangan

Nah, berikut adalah daftar penyakit yang bisa menjangkiti kamu saat berjabat tangan dengan seseorang yang mungkin terkontaminasi kuman di tangannnya.

1. Flu

Penyebaran flu bisa terjadi jika sebelum berjabat tangan, seseorang menutup mulut dengan tangannya ketika bersin. Virus tersebut akan berada di tangannya lalu berpindah ke tangan orang lain ketika berjabat tangan.

2. Batuk

Seperti halnya flu, batuk juga dapat membuat tangan ditempeli kuman penyakit. Hal ini terjadi jika sebelum berjabat tangan, seseorang menutup mulut dengan tangannya ketika batuk. Virus tersebut akan berada di tangannya lalu berpindah ke tangan orang lain ketika berjabat tangan.

3. Cacar

Orang yang terkena penyakit cacar sebaiknya menghindari bersalaman dengan orang lain. Virus cacar merupakan virus kuat yang cepat menjangkiti orang yang sehat, yang belum pernah terkena cacar sebelumnya.

4. Sakit perut

Berjabat tangan dengan orang yang tangannya kotor, dapat membuatmu tertular infeksi seperti norovirus dan salmonella yang menyebabkan diera dan muntah.

5. Infeksi usus

Berjabat tangan dengan orang yang sakit, dapat membuat seseorang tertular penyakit infeksi usus. Namun demikian, bukan berarti kamu tidak boleh berdekatan dengannya. Kamu bisa melakukan banyak hal untuk menjaga kesehatanmu, agar tidak mudah terjangkit penyakit yang disebabkan kuman. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjaga daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat akan membuatmu terhindar dari penyakit akibat kuman.

Demikian informasi tentang Hati-Hati Terkontaminasi Kuman Saat Berjabat Tangan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com.***(CM/Wahyu Blahe)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *