Tanaman Ini Membuat Ruanganmu Sehat

  • Whatsapp
Dragon Tree
Dragon Tree

 

Khususnya wanita pastinya menyukai berbagai macam keindahan dekorasi khususnya dekorasi rumah pribadi. Biasanya wanita menyukai ornamen bunga untuk melengkapi dekorasi sebuah ruangan, baik ruangan rumah ataupun ruangan kerja. Tidak hanya sebagai pelengkap eksterior rumah tetap juga memiliki beberapa manfaat dalam hal kesehatan. Ada beberapa tanaman hidup yang boleh di letakkan di dalam ruangan dan memiliki manfaat yang baik. Tanaman apa sajakah itu? Simak beberapa ulasan berikut.

Read More

  1. Lidah Mertua

Lidah mertua biasa disebut juga sebagai sansiviera yang merupakan tanaman penyerap racun. Secara bentuk, tanaman ini dapat dengan mudah dikenali dengan bentuknya yang tegak memanjang. Ada beberapa racun yang mampu di serap oleh tanaman yang satu ini antara lain yaitu karbonmonoksida, nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene dan dioksin. Dengan meletakkan 5 helai daun lidah mertua dewasa mampu menyerap dan membersihkan ruangan seluas 100 m3 dari berbagai jenis polutan. Tidak hanya itu, lidah mertua juga merupakan tanaman yang paling banyak  menampung polusi paling banyak yaitu sekitar 107 polutan yang dapat diserap oleh tubuh lalu dikeluarkan kembali dalam bentuk oksigen.

 

  1. Sirih Gading

Tanaman elok ini biasa menjadi pajangan di atas meja tamu atau meja teras karena ukurannya yang kecil. sirih gading atau Golden Pothos merupakan tanaman berbunga dari keluarga Araceae. Meskipun tanaman ini berbentuk kecil dan semi merambat namun baik dalam menjadi tanaman pembersih udara dalam ruangan dan dapat menyerap formaldehida. Untuk mencegah kerusakan pada tanaman yang satu ini dengan cara lebih sering meyiram air pada waktu tertentu misalnya pagi atau dini.

 

  1. Dragon Tree

Membaca namanya mungkin seding membuat sebagian orang kebingungan namun tanaman yang satu ini cukup terkenal sebagai tanaman hias rumahan.  Dragon tree biasanya disebut dengan nama  Dracaena marginata  atau red edged dracerna merupakan tanaman yang berasal dari Madagaskar dan Mauritius yang mampu menyerap xylene, trichloroethylene dan formalde hida yang ada diudara akibat udara lak, pernis dan juga bensin.  Uniknya, tanaman ini tidak terlalu menyukai air. Jadi, saran untuk yang ingin memelihara tanaman ini untuk menghindari  genangan air dibawa pot di bagian bawah.

 

  1. Warneck Dracaena

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman semak yang mampu tinggi setinggi kurang lebih 15 m. Namun banyak masyarakat yang membudayakan tanaman ini sebagai tanaman hias yang di letak di dalam pot untuk hiasan rumah. Sama halnya seperti Dragon tree, Warneck dracaena juga mampu berfungsi sebagai tanaman yang dapat menghilangkan polutan akibat pernis dan juga minyak.

 

  1. Palem Bambu

Biasanya banyak orang menyebut tanaman ini sebagai Palem kuning. Tanaman ini memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam  menyerap polutan benzene dan trichloroethylene serta gas beracun. Formalhenida yang sering melekat pada furniture ruangan. Hebatnya lagi, tanaman ini dapat tumbuh setinggi 1 sampai 6 meter. Untuk menjaga agar tanaman tetap baik, sebaiknya diletakkan ditempat yang lembab. Sebenarnya palem kuning dapat diletakkan dimana saja namun  lebih baik jika diletakkan di sudut ruangan dekat perabotan.

Berikut adalah beberapa tanaman yang berguna apabila diletakkan di dalam ruangan. Tidak hanya mempercantik, tetapi patutlah memperhatikan juga apakah tanaman tersebut baik atau tidak jika di letakkan di dalam ruang. Karena tidak sedikit tanaman yang tidak baik untuk sirkulasi pernafasan manusia apabila diletakkan di dalam ruangan.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *