Strategi Marketing Lewat Rocket Marketing  

  • Whatsapp

 

Rocket Marketing
Rocket Marketing

 

Read More

Sudah pernah mendengar kalimat rocket marketing? Nah, jika belum kali ini tim Cerita Medan akan membahas sedikit tentang rocket marketing yang sebelumnya telah diulas oleh Rocket marketing Coach yakni Yeheskiel Zebua. Rocket marketing merupakan saripati dari ilmu-ilmu marketing lainnya baik yang di dalam negeri maupun di luar negeri. Menurut Yeheskiel Zebua ada ciri-ciri tertentu bagi rocket marketing, yakni sebagai berikut:

  1. Aplikatif

Rocket marketing bukanlah ilmu dengan ribuan teori yang terdapat di dalamnya , bukan pula konsep baku yang harus membuat kamu berpikir keras mengapa harus mengaplikasikan konsep tersebut ke dalam bisnis karena pergerakan di dalam bisnis sangat dinamis.

 

  1. Closing

Indikator keberhasilan sebuah bisnis bukanlah seberapa besar orang mengenal produk kamu tetapi seberapa banyak produk kamu terjual di pasaran karena belum tentu orang yang mengenal produk kamu tetapi akan membelinya. Umpama seperti papan reklame, apakah menurut kamu setelah melihat iklan di papan reklame maka kamu tertarik langsung ingin membelinya meskipun kamu memiliki banyak uang? Tidak. Keberhasilan sebuah iklan pada papan reklame tergantung seefektif apa iklan itu dipelrihatkan. Jadi, strategi penjualan yang harus kamu lakukan bukanlah seberapa besar orang mengingat akan brand yang kamu miliki tetapi seberapa banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk membeli produkmu.

 

  1. Terukur

Pada sebuah penerapan rocket marketing segalanya harus terukur, karena apabila segalanya terukur maka akan sebisa mungkin hal tersebut untuk ditingkatkan menjadi lebih baik. Begitu juga, kamu tidak akan bisa mengetahui efektivitas sebuah strategi marketing jika kamu tidak mampu mengukurnya. Umpamanya saja, ketika kamu menjual online dan pelanggan terus berdatangan maka coba tanyakan dari mana ia mengetahui informasi tentang online shop yang kamu miliki, nah jawaban tersebutlah yang nantinya dapat membuktikan apa strategi marketing yang telah kamu lakukan. Seperti yang diulas tadi bahwa keberhasilan rocket marketing adalah seberapa banyak produkmu terjual bukan seberapa banyak produkmu dikenal.

 

  1. Low Cost, High Impact

Kamu yang memiliki modal yang besar belum tentu mendapatkan hasil yang besar, begitu juga kamu yang memakai strategi marketing besar belum tentu mendapatkan impact yang besar terhadap penjualan. Karenanya tugas kamu adalah mencari strategi marketing yang murah sekaligus menguntungkan. Untuk memenangkan persaingan kamu tidak perlu menggunakan modal yang besar tetapi kejelian dan kreatifitaslah yang harus kamu miliki agar kamu dapat dengan mudah mencermati setiap strategi marketing yang ada.

 

  1. Customer Oriented

Dalam rocket marketing, hal yang paling penting adalah membangun hubungan jangka panjang kepada para pelanggan setika kamu. Menurut penelitian Jay Conrad Levinson, dibutuhkan biaya enam kali lipat untuk mempromosikan produk kamu kepada calon pelanggan baru sementara kamu bisa dengan gratis mempromosikan produk kepala pelanggan setia kamu. Logikanya adalah, ketika kamu memberitahukan informasi menarik kepada pelanggan setia maka dengan senang hati mereka juga akan memberitahukannya dengan teman-teman, kerabat, saudara-saudaranya serta mengajak mereka untuk membeli produk kamu. Hal yang cukup mudah bukan? Dibandingkan kamu harus mempromosikan ulang kepada pelanggan baru yang belum tentu yakin akan kualitas dan harga dari produk yang kamu tawarkan. Jadi di dalam rocket marketing, ada tiga hal yang harus menjadi fokus penjualan kamu, yaitu :

  1. Memperkenalkan produk kepada masyarakat secara umum : 10%
  2. Mencari calon pelanggan yang baru : 30 %
  3. Membangun hubungan dengan pelanggan setia : 60%

Hal tersebut diyakini dapat menghadirkan pelanggan-pelanggan baru. Semoga hal tersebut dapat menjadi pertimbangan kamu dalam memilih strategi marketing. Semoga usaha kamu berhasil. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *