Strategi Marketing dengan Testimonial Pelanggan

  • Whatsapp

 

Marketing
Marketing

 

Read More

Selain dengan cara iklan, terdapat sebuah cara yang bisa ditempuh dalam melakukan strategi marketing yakni melalui pelanggan setia. Bagaimana caranya? Jadi, ketika calon pelanggan sudah mengetahui segala keunikan dan manfaat dari produk yang kamu miliki maka hal tersebut tentu bukanlah yang menjadi hal utama yang akhirnya dapat membuat calon pembeli memutuskan untuk memiliki produk kamu. Karena apa? Karena calon pelanggan percaya bahwa segala keunikan, kualitas terbaik akan sebuah produk selalu terlempar dari mulut para penjual.

Persepsi calon pembeli akan berubah ketika hal tersebut dikatakan langsung oleh pelanggan yang telah dahulu merasakan keunikan dari produk kamu, yang tidak hanya puas tetapi juga memberikan komentar positif yang akhirnya membuat calon pelanggan menjadi tertarik dan memutuskan untuk membeli. Bersyukurlah kamu ketika memiliki pelanggan yang komunikatif, yang selalu memberikan komentar positif (testimonial) terhadap produk kamu tanpa kamu memintanya terlebih dahulu. Namun, sayangnya banyak sekali para pelaku bisnis yang tidak mendokumentasikan testimonial yang didapatkannya dari pelanggan, bahkan hanya dianggap sesuatu yang biasa-biasa saja bahkan sebagai pelaku bisnis, testimonial adalah bagian penting yang dapat meyakinkan calon pelanggan agar membeli produk kamu.

Jika kamu belum mendapatkan komentar yang positif dari pelanggan, jangan bersedih hati karena percayalah bahwa tidak semua orang komunikatif dan mau mengutarakan segalanya dengan inistaif. Untuk tipe pelanggan yang seperti ini sebaiknya kamu lah yang harus meminta testimonialnya terlebih dahulu. Dan satu hal yang jangan kamu lewatkan adalah ketika produk kamu dibeli oleh artis, maka jangan sungkan untuk meminta testimonialnya, karena hal tersebut sangat langka terjadi. Karena untuk membayar seorang artis dalam hal memasarkan produkmu tentu bukanlah biaya yang murah. Intinya, kamu harus tetap mendapatkan testimonial yang baik dari pelangganmu, persembahkan produk dan layanan yang baik agar semua berjalan dengan mulus. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meminta testimonial kepada pelangganmu, seperti berikut:

 

  1. Pastikan pelanggan sudah memakai produk kamu dan pastikan pula kalau mereka telah merasakan manfaat dari produk yang kamu jual.

 

  1. Hubungilah pelanggan dengan pertanyaan yang sesuai dimana jawabannya akan menghasilkan pertanyaan yang sesuai pula. Jangan pernah meminta testimonial dengan kata “testimonial” tetapi pakailah kalimat seperti “apa yang kamu rasakan setelah memakai produk kamu,” karena tidak semua orang mengerti arti dari testimonial tersebut.

 

  1. Rekam pula lah testimonial yang kamu terima jika kamu bertemu langsung oleh pelangganmu, boleh melalui voice note atau pun dengan menuliskannya di secarik kertas.

 

  1. Jangan lupa meminta izin terlebih dahulu kepada pelangganmu apakah komentarnya boleh dipublikasikan di sosial media yang kamu miliki dan yakinkan pula kepada mereka bahwa izin dari mereka sangatlah penting bagi kamu.

 

  1. Jika memang sudah diizinkan, jangan lupa untuk meminta data diri umum pelanggan kamu, hal tersebut bertujuan untuk meyakinkan pembeli.

 

  1. Jika memungkinkan, kamu juga boleh meminta testimonila berupa video sehingga hal tersebut dapat lebih meyakinkan pelangganmu bahwa apa yang kamu publikasikan adalah asli bukan buatan kamu semata.

 

  1. Kamu harus mempublikasikan testimoni tersebut melalui akun sosial media yang kamu miliki, dan jika perlu di semua media marketing yang kamu miliki.

Nah, jika sudah melakukan 7 hal tersebut pastikan testimonila tersebut tersimpan dengan baik sehingga kamu dapat mempublikasikan ulang suatu saat nanti jika butuh.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *