Seimbangkan Kuliah dengan Pacar

  • Whatsapp
Kuliah Atau Pacar
Kuliah Atau Pacar

 

Membagi waktu antara belajar dengan pacaran mungkin terlihat mudah, namun tidak sedikit orang mengalami kesulitan ketika harus membagi waktu untuk pacar atau kuliah. Terlebih lagi jika tugas kuliah yang sangat menumpuk dan deadline yang banyak. Sementara sifat pacar yang tidak mendukung dan selalu mengajak bertemu atau jalan- jalan. Ketika anda fokus dengan study, mungkin anda akan kehilangan waktu bersama kekasih anda, sebaliknya terlalu fokus pada pacar juga dapat memberikan kesalahan fatal dalam perkuliahan anda. Hal ini tentu bukanlah pilihan yang mudah untuk memilih. Tips berikut mungkin mampu membantu masalah anda untuk menjalin hubungan di tenagh-tengah kesibukan kuliah anda.

Read More

 

Membagi Waktu

Kuliah dan pacaran sama – sama membutuhkan waktu yang khusus, maka dari itu anda diharuskan untuk mampu mengatur waktu anda mana waktu pacaran dan mana waktu kuliah. Jangan menunda pekerjaan anda. Manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk melakukan hal yang lebih bermanfaat.

 

Rencanakan Jadwal Mingguan

Buat agenda mingguan yang berisi jadwal kegiatan yang akan anda lakukan dengan pacar ataupun di tempat kuliah. Tulis semua hal-hal wajib yang harus anda lakukan di dalam satu minggu supaya terlihat urutan waktunya. Jangan lupa sisakan beberapa baris kosong untuk kegiatan yang mendadak yang perlu di lakukan diluar rencana awal. Jangan malu mengakui kesalahan. Meminta maaf adalah cara yang tepat ketika anda tidak dapat memenuhi janji yang telah anda rencanakan sebelumnya.

 

Jangan Lupakan Event Penting

Sesibuk apapun anda, jangan pernah melupakan event penting anda seperti tanggal ulang tahun pacar, tanggal jadian. Jika memungkinkan anda bisa membuat notes atau pengingat yang membantu anda untuk mengingat hal- hal yang perlu anda ingat. Luangkan waktu untuk melakukan perayaan kecil tentang hari khusus kalian.

 

Sisakan Waktu Khusus untuk pasangan

Pacaran membutuhkan waktu bersama untuk menjaga hubungan tetap harmonis. Di sela- sela kesibukan anda dalam perkuliahan ada baiknya anda menyisihkan satu hari untuk bersama pacar. Bersama tidak harus pergi ke suatu tempat atau melakukan hal – hal yang tidak bermanfaat. Jika memungkinkan belajar bersama adalah salah satu cara yang efektif dilakukan. Dengan cara seperti ini waktu yang anda pergunakan akan jauh lebih bermanfaat baik itu dengan pasangan atau pun dengan perkuliahan anda. Berikan penjelasan pada pasangan jika ada tugas kuliah yang mengharuskan anda menunda jadwal bertemu kalian.

 

Utamakan Prioritas

Dalam menjalani perkuliahan atau menjalin hubungan, tentu ada hal penting yang harus anda prioritas kan. Sebagai contoh, ketika anda akan mengikuti ujian, anda dapat menggunakan lebih banyak waktu anda untuk belajar. Untuk menghindari kesalah pahaman, anda dapat mendiskusikan nya dengan pasangan anda. Jangan berbohong, jujur saja kalau anda lebih membutuhkan waktu untuk belajar. Atau, anda dapat membuat jadwal untuk melakukan komunikasi dengan pasangan. Anda bisa memanfaatkan waktu anda sebelum tidur dan makan siang anda  untuk berkomunikasi hanya sekedar menanyakan kabar atau memberi kabar kepada pasangan. Dengan demikian tidak akan muncul kecurigaan antara anda dengan pasangan anda.

 

Hindari Curiga. Bangun Komitmen Bersama

Tips terakhir untuk menjalankan hubungan saat kuliah adalah saling percaya terhadap pasangan masing- masing. Berfikir positif tentang pasangan, hindari perasaan curiga. Sebaliknya mengertilah tentang kondisi pasangan, jangan segan untuk memberikan semangat dan dukungan kepada pasangan yang sedang mengalami kesulitan dan masalah dalam perkuliahan. Saling menghargai dan bekerja sama adalah jalan terbaik untuk menjalani hubungan saat kuliah. Bangun komitmen bersama, dan membuat tujuan yang jelas yang akan menuntun anda untuk menjalani hubungan anda dan menyelesaikan perkuliahan anda.

Dengan menerapkan tips – tips diatas semoga anda dapat mempertahankan hubungan anda saat kuliah. Tanpa memilih salah satu diantaranya. Semoga bermanfaat. (CM-M2/Reka Marsaulina Panggabean)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *