Santap Sarapan Pagi Bersama, Soto Sinar Pagi

  • Whatsapp
Soto Sinar Pagi
Soto Sinar Pagi

 

Masyarakat kota Medan tidak asing dengan kuliner-kuliner legendaris seperi soto khas Medan yang satu ini. Tak heran popularitasnya sampai keluar kota medan bahkan tidak sedikit pendatang manca Negara mencicipi soto yang satu ini. Buka mulai pukul 07:00 WIB sampai 14:00 WIB soto ini tidak pernah sepi dikunjungi penikmat kuliner. Tidak sedikit masyarakat lokal ataupun wisatawan lokal yang menyempatkan waktu sarapannya demi mencicipi kuliner soto yang satu ini. Santan pada kuah sotonya yang khas juga menambah daya tarik penikmat kuliner demi memanjahkan lidah dengan makan yang satu ini.

Read More

Soto ini di rintis oleh Zulkarnaen kurang lebih selama 46 tahun silam. Sebelum menetap dan terkenal di Jalan Sei Deli No.46, Medam ternyata soto ini sudah berjelajah kebeberapa tempat seperti berjualan keliling. Kini Soto Sinar Pagi memiliki dua cabang di Medan, yakni di Jalan Orion dan Jalan Kolonel Sugiono/Wajir.

Kesederhanaan tempatnya tidak membuat rasa soto ini juga sederhana. Rumah Makan Soto Sinar Pagi selalu dipilih menjadi destinasi pilihan jika ingin mencicipi  kuliner terbaik di Kota Medan. Tak hanya dari luar kota saja, penggemarnya bahkan ada yang datang dari pulau seberang. Tak sedikit para selebritas tanah air, pejabat pemerintahan sengaja menyinggahkan diri untuk menyantap soto sinar pagi jika berkunjung ke Kota Melayu ini.

Soto Sinar Pagi tersedia dalam berbagai pilihan isian, ada ayam, daging sapi, dan campur. Namun komponen terpenting dari soto ini adalah kuahnya yang cukup kental. Soto Sinar Pagi Medan menggunakan kuah santan berwarna kekuningan yang aroma dan rasa rempahnya cukup menonjol. Begitu soto tersebut disesap, akan segera terasa rasa gurih yang sedap. Kuahnya yang istimewa selain semakin menambah selera makan,  juga bisa memberi sensasi hangat pada tubuh.

“Biasanya kita hari libur atau hari minggu pagi itu ramai kali. Satu hari kita menghasilkan 25 kilogram daging sapi, 40 ekor ayam, dan 12 kilogram paru,” kata pemilik soto sinar pagi.

Nasi dan sotonya sengana dihidangkan terpisah. Dengan perkedel kentang dan sambal kecapnya menambah pelengkap sajian ketika dihidangkan. Soto sinar pagi dibandrol dengan harga Rp27.000 untuk satu porsinya sudah termasuk nasi. Cara makan soto khas medan adala perkedel kentang dan juga sambal kecap di campur menjadi satu kedalam kuah soto sebelum di tuang kedalam nasi panas. Kegesitan pegawai Rumah Makan Soto Sinar Pagi pun tidak pernah melewati pesanan pelanggan meskipun keadaan warung sangat ramai. Hebatnya mereka juga tidak pernah memberikan pesanan dengan salah. Semua itu dilakukan demi menjaga kualitas rasa dan pelayaan di rumah makan tersebut.

Penikmat kuliner  dapat memilih soto apa yang ingin disantap. Ada tiga pilihan rasa seperti soto ayam, soto daging dan juga soto paruh. Semuanya bisa dikmati dengan rasa kuah soto yang sama dengan tekstur kental dan berwarna kekuningan. Kuah soto yang segar jika di santap ketika masih panas membuat orang tak pernah datang sekali. Kebanyakan orang terlalu jatuh cinta dengan rasa yang di hadirkan dan tak enggak untuk datang berkali-kali demi menikmati makanan yang satu ini.

Jika ingin menyantap soto legendaris dan memiliki popularitas tinggi di daftar kuliner medan, usahakan datang sebelum jam 11 siang. Karena, terkadang pengunjung Soto Sinar Pagi tidak data diprediksi. Tak jarang soto incaran pemikmat kuliner habis sebelum waktu warung tutup.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *