IBX5A49C9BC313D6 Salah Jurusan? Ini Cara Sukses Menjalani Kuliah - Cerita Medan

Salah Jurusan? Ini Cara Sukses Menjalani Kuliah

Salah Jurusan
Salah Jurusan

 

Hidup memang tidak selalu berjalan sesuai dengan keinginan. Saat masa-masa putih abu-abu telah terlewati, kuliah dan menjadi seorang mahasiswa merupakan suatu jalan yang banyak dilirik oleh para siswa dan siswi. Para siswa yang baru saja menyelesaikan pendidikannya di Sekolah Menengah Atas (SMA/sederajat) yang akan menjadi calon-calon dari mahasiswa baru, berbondong-bondong mencari informasi terkait dengan jurusan yang akan dipilihnya pada saat kuliah nanti. Selain jurusan, universitas yang akan dipilih oleh para calon mahasiswa ini tentunya diperhatikan juga, Apakah universitas tersebut terakreditasi? Bagaimanakah prospek kerja setelah wisuda nanti ? Banyaknya calon mahasiswa baru menyebabkan persaingan yang sangat ketat antar calon mahasiswa dalam meraih kelulusan di suatu universitas.

Bukan hanya itu, terkadang maish banyak juga lulusan SMA tahun lalu bahkan dua tahun lalu yang akan melanjutkan pendidikan tahun ini. Tentunya persaingan antar calon mahasiswa semakin sengit. Jurusan yang berkaitan dengan cita-cita dan Jurusan yang dianggap memiliki prospek kerja yang baik kedepannya akan lebih banyak diminati oleh calon mahasiswa. Tetapi, calon mahasiswa juga harus mempertimbangkan ketersediaan kuota yang diterima oleh suatu jurusan.

Salah jurusan merupakan suatu sebutan bagi seseroang yang sedang menjalani masa studi atau  kuliah dengan jurusan yang tidak diminatinya. Terutama jika jurusan tersebut merupakan pilihan kedua atau pilihan ketiga bagi calon mahasiswa tersebut. Berikut ini terdapat beberapa tips sukses di kampus walaupun dengan jurusan yang salah. Dengan tips ini kamu akan lebih bisa menikmati hari-harimu di kampus dengan tidak membosankan.

  1. Bersyukur Karena Masih Bisa Kuliah

Meskipun mengikuti kuliah dengan jurusan yang tidak kamu inginkan percayalah bahwa kamu adalah  seorang pemenang. Tidak diterima di jurusan yang kamu inginkan, dan kuliah di jurusan yang tak seharusnya kamu jalani, merupakan suatu jalan yang baik. Mungkin saja kursi yang sedang kamu duduki sekarang ini, adalah kursi yang banyak juga diperebutkan oleh calon mahasiswa lainnya, jadi jangan berkecil hati. Bersyukurlah atas nikmat yang sudah kamu terima. Masih banyak anak-anak yang seumuran denganmu, belum bisa merasakan yang namanya kuliah, karena banyak faktor, salah satunya biaya. Jadi jalani saja hari-harimu di kampus dengan semangat

 

  1. Hindari Titip Absen

Bagi mahasiswa, titip absen merupakan suatu hal yang wajar, hal ini tidak asing lagi. Titip absen ini pada umumnya dilakukan oleh mahasiswa yang salah jurusan. Alasannya yah itu, salah jurusan yang menyebabkan tidak pernah betah berada di ruang kuliah, mengikuti perkuliahan yang tidak diminati adalah hal yang sangat tidak berguna bagi mahasiswa si penitip absen. Mau dipaksakan juga tidak ada gunanya, karena dari awal sudah tidak tertarik dengan jurusan itu. Mulai dari sekarang, suka tidak suka kamu harus mulai menyukai jurusan tersebut, sukai semua mata kuliahnya, sukai dosennya, dan juga orang-orang yang ada didalamnya. Dengan begitu, perilakumu yang sering titip absen semakin lama akan hilang. Ingat perjuangan orangtuamu dalam menyekolahkanmu, dengan titip absen sama saja bahwa kamu berbohong kepada mereka.

 

  1. Aktif Berorganisasi

Suatu universitas tentunya memiliki banyak organisasi atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) maupun ekstrakurikuler. Sebagai mahasiswa, ada baiknya kamu mengikuti suatu organisasi karena itu mempunyai pengaruh yang besar terhadap karirmu nanti, salah satunya untuk melatih sikap kepemimpinanmu. Apalagi, sebagai mahasiswa yang salah jurusan, mengikuti organisasi adalah jalan yang sangat baik, organisasi bisa menjauhkanmu dari kebosanan dan kejenuhan selama di ruang kuliah. Jika kamu tidka bisa berprestasi di bidang mata kuliah yang kamu ikuti, tidak ada salahnya kamu berprestasi di bidang organisasi.

 

  1. Bertanggung Jawab Kepada Orangtua

Menjadi seorang mahasiswa, tentunya kamu memiliki tanggung jawab yang harus kamu penuhi kepada kedua orangtuamu. Menajadi mahasiswa yang salah jurusan, bukan berarti kamu tidak peduli dengan IPK-mu. Jika tidak mendapat IPK yang tinggi, setidaknya IP-mu selama kuliah tidak anjlok. Untuk mendapatkan IP yang bagus, setidaknya kamu harus berjuang selama ujian-ujian berlangsung.  Anggaplah ini menjadi suatu ucapan terimakasih kepada orangtua yang telah berjuang demi pendidikanmu.

Tidak ada hal yang sia-sia dalam hidup, satu hal ini perlu diingat. Kuliah dengan jurusan yang tidak sesuai dengan yang kamu inginkan bukanlah penyebab dari hancurnya masa depan. Yakinkanlah hatimu bahwa semua itu adalah hal terindah yang dirimkan Tuhan kepadamu, pasti ada hal yang baik dibalik semuanya itu. Jadikanlah hal-hal diatas menjadi tips yang dapat membantumu. Tetap bersyukur dan berusaha menjadi yang terbaik. ***(CM-Ist/Katri Hutabarat)

KOMENTAR

BACA JUGA