Rombongan Terakhir Calon Haji Sumatera Utara Akan Berangkat ke Tanah Suci

  • Whatsapp
Rombongan Terakhir Calon Haji
Rombongan Terakhir Calon Haji

 

Terhitung sejak tanggal 8 Agustus 2016 lalu, satu persatu kloter Calhaj diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Medan diberangkatkan hampir disetiap harinya. Rata-rata dalam satu kloter diisi lebih dari 300 orang dan secara bergiliran Calon haji(Calhaj) dari berbagai Kota serta Kabupaten asal Sumatera Utara diberangkatkan. Mulai dari Medan, Tebing Tinggi, Padang Lawas, Deli Serdang, Langkat dll.

Read More

Proses keberangkatan Calhaj semakin mendekati akhirnya, terhitung dari 17 kloter tinggal tersisa satu lagi yang di jadwalkan akan berangkat menuju Arab Saudi tanggal 30 Agustus 2016. Menyusul 391 jemaah haji dari kloter 16 yang terdiri  empat wilayah yakni 373 orangdari  Kota Medan, 1 orang dari Kabupaten Langkat, 10 orang dari  Kabupaten Deli Serdang dan 1 orang dari Kabupaten Padang Lawas Utara ditambah dengan 5 orang sebagai petugas kloter.

Seperti biasa, setiap tahunnya para Caljah merupakan mereka yang telah berusia lanjut. Namun sangat disayangkan, pada keberangkatan kloter 16 kemarin setidaknya terdapat  2 calon jamaah terpaksa harus menunda keinginannya menginjakkan kaki di Tanah Suci dikarenakan sakit yang diderita mereka. keduanya orang tersebut adalah Johan Arif Siregar, pria 48 tahun warga JL. Setia Budi, Medan, akibat mengidap sakit ginjal. Kemudian adalah Syafaruddin Syakban Karibasa, menurut pemeriksaan dokter, pria 61 tahun warga Brigjen Katams, Medan ini menderita Amnesia + Gonggren Dm.

Sementara rombongan terakhir yakni kloter 17 belum ada informasi lebih lanjut tentang berapa orang yang gagal berangkat namun, terdata ada 232 orang asal Kota Medan dan 131 orang dari Kabupaten Serdang Bedagai. Seluruh Calhaj ini pun sudah melakukan beberapa kegiatan di Asrama Haji Embarkasi Medan seperti  makan, pendataan serta pemeriksaan kesehatan.

Dengan segera diberangkatkannya Kloter 17 ini maka, telah selesailah proses pemberangkatan seluruh Calhaj asal Sumatera Utara menuju  Tanah Suci. Pada pemulangan mereka akan dilakukan secara bergantian sesuai urutan kloter mereka pada Bulan September Mendatang.

Banyak doa yang mengiringi perjalanan mereka dalam menunaikan ibadah haji khususnya dari keluarga dan kerabat terdekat. Selama kurang lebih satu 30 hari menajalankan perintah agama, diharpakan mereka dapat melakukan segala kegiatan dengan sebaik-baiknya, mengingat perlunya ketahanan fisik serta suhu yang pastinya jauh berbeda dengan Tanah Air akan menjadi hambatan.

Kesempatan untuk berhaji tentu haruslah menjadi momen yang benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik mungkin karena, untuk bisa menunaikan ibadah ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan perlu ada kesiapan diri serta mental dari jauh-jauh hari. Tak seperti membeli tiket pesawat dan menentukan tanggal keberangkatan, para Calhaj harus mendaftarkan diri serta bersabar terlebih dahulu sebab tiap tahunnya ada ratusan ribu Calhaj mengantri untuk segera diberangkatkan.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *