Rizki Mitra Hamdani, Menyeleraskan Mimpi dengan Bunda

  • Whatsapp
Rizki Mitra Hamdani
Rizki Mitra Hamdani

 

Saya pernah baca buku, katanya mimpi seorang anak dan mimpi ibunya harus selaras,” cerita Mitra saat tim Cerita Medan baru saja membuka percakapan saat ditemui beberapa waktu lalu.

Read More

Adalah Rizki Mitra Hamdani, seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara (USU). Anak pertama dari tiga bersaudara asal Kota Siantar yang selalu percaya bahwa mimpi akan menjadi nyata ketika seseorang meyakini dengan sebaik-baiknya. Berangkat dari sebuah buku bacaan yang menyebutkan bahwa mimpi seorang anak harus selaras dengan mimpi ibunya, Mitra pun akhirnya selalu berkonsultasi dengan sang bunda untuk urusan yang satu ini.

Ia bercerita, pernah suatu ketika sang nenek bersama bundanya sangat menyukai sebuah film menarik di televisi dan salah satu aktornya disebutkan mirip dengannya, saat itu pula lah Mitra berkeinginan untuk menjadi seorang artis, tentu setelah mendapat restu oleh sang bunda yang selalu menjadi solusi baginya menyelaraskan mimpi.

Pria kelahiran 15 Mei 1995 ternyata sewaktu itu tidak begitu yakin akan mimpinya sehingga memilih mimpi lain untuk kemudian ditaklukkan. Mimpi baru itu benar-benar diyakininya sejak ia memasuki dunia Ilmu Komunikasi di kampusnya, ia ingin sekali menjadi seseorang yang mendokumentasikan hal apapun yang ditemuinya kemudian dijadikan sebagai video maupun foto. Kreatifitas adalah hal yang sangat disukai oleh Mitra sehingga mimpi barunya adalah ingin menjadi seseorang yang membuka usaha jasa dokumentasi seperti misalnya studio.

Sebelumnya, bakat menjadi videografer memang sudah terlihat pada diri Mitra yaitu semenjak duduk di bangku SMA, sebuah video karyanya ditampilkan pada saat penerimaan siswa baru dan ternyata disukai oleh teman-teman dan juga dimintai oleh pihak sekolah untuk menjadi dokumentasi hasil karya siswanya. Mitra mendapat banyak pujian ketika itu, tentu bukan menjadikannya sombong tetapi malah semakin semangat dalam berkarya.

Mitra
Mitra

 

Kekreatifitasan menjadi pegangan utama baginya dalam membuat sebuah video menarik, setiap momen adalah peluang bagi Mitra untuk membuat video-video terbaru. Seperti tiap tahun saat sedang diadakannya Paguyuban Keluarga Besar oleh seluruh keluarga, Mitra selalu mengabadikannya dengan gadget seadanya yang kemudian dieditnya dan dimasukkan ke dalam DVD kemudian diberikan kepada saudara-saudara yang menginginkannya. Melihat potensi yang luar biasa pada diri Mitra, saudara-saudaranya bahkan memberikan dukungan. Hal tersebut membuat Mitra berkeinginan untuk membeli gadget yang lebih bagus, kemudian dengan menabung dan berkat bantuan bude yang sangat mendukung prestasi yang dimiliki mitra, hal yang diinginkan pun akhirnya didapatkan.

Hari terus berlalu, Mitra kini selalu melibatkan camera DSLR miliknya kemana pun ia pergi, tentunya untuk mengabadikan setiap momen yang ada. Dukungan terus berdatangan dari teman-temannya, terlebih lagi dukungan dari luar, sehingga akhirnya Mitra berkeinginan untuk membuka jasa usaha dan kini dinamainya dengan Kimit Production yaitu sebuah jasa usaha dokumentasi berupa video dan foto yang resmi dibuatnya sejak 16 Mei 2015 yaitu satu hari setelah ulang tahunnya yang ke 20 tahun.

Video-video menarik hasil karya Mitra terunggah rapi di beranda Instagram @kimitproduction, mulai dari video stop motion, slow motion, wedding, lamaran, ulang tahun hingga video-video lucu. Mitra memang sangat pandai mengolah video dan foto menjadi suatu hal yang menarik untuk disantap mata sehingga hasil karyanya selalu mendapatkan sambutan baik followers Instagram. Bahkan sebuah kegiatan biasa menjadi terlihat luar biasa setelah direkam olehnya, ya sebegitunya lah ia menyukai dunia dokumentasi.

Kimit Production
Kimit Production

 

Kegemaran Mitra membuat sebuah video kini tak hanya menjadi sebatas kegemaran saja, sebab melalui postingan video-video nya di akun @kimitproduction ia mendapatkan tawaran jasa berupa pembutan video, hal itu tentu menjadi peluang baik bagi Mitra dan menjadi solusi bagi orang-orang yang ingin membuat video. Terlebih lagi video-video yang ingin dijadikan sebagai hadiah kepada seseorang sehingga dapat memilih jasa @kimitproduction untuk pembuatannya. Menariknya, karena terlalu disibukkan membuat video Mitra pernah mendapatkan IPK 2,93, sebuah nilai yang sangat anjlok menurutnya tetapi ia pun berbenah dan semester depannya ia mendapatkan nilai yang semakin meningkat.

Seperti pengakuan Mitra, @kimitproduction yang kini dikelolanya ingin dijadikannya jasa usaha yang lebih menjanjikan di kemudian hari dan sekarang adalah proses untuk menjadikannya lebih baik, sampai sekarang ia memang belum menemukan tim yang tepat sehingga masih belum bisa meng-explore terlalu banyak tentang hal-hal yang ditemuinya. Menurut Mitra dalam pembuatan video, proses pengeditan lah yang paling lama seperti untuk membuat sebuah video singkat durasi 1 menit Instagram ia membutuhkan waktu sekitar 3 jam sesuai target yang sengaja sudah disusunnya lebih awal agar lebih terkonsep, begitulah cara Mitra untuk membuat video secara maksimal. Tetapi begitu pun ia selalu menerima job jika menurutnya mampu dilakukannya dan sebisa mungkin pula ia akan menjalankannya dengan penuh kekreativitasan dan kesungguhan.

Kimit Production Simple Is The Best
Kimit Production Simple Is The Best

 

Selain berfokus pada dunia perkuliahan dan @kimitproduction, Mitra juga tengah berfokus menjadi Ketua Fotografi Komunikasi USU, Staff Divisi Perusahaan Persma PIJAR, dan juga tengah menjalankan Praktik Kerja Lapangan di salah satu perusahaan Event Organizer di Medan, karena tak sekedar ahli videografi dan fotografi Mitra juga ahli dalam hal desain grafis dan itu menjadi daya jual tersendiri bagi dirinya untuk tampil di depan orang banyak.

Nah, bagi konkawan Cerita Medan yang ingin melihat Mitra dan karya-karya videonya dapat mengunjungi Instagram @kimitproduction. Konkawan juga dapat memakai jasanya untuk pembuatan beragam video slow motion dan stop motion dengan tarif:

  1. < 1 menit = 100 ribu
  2. 1 menit –s/d– 1 menit 30 detik = 140 ribu
  3. 1 menit 30 detik –s/d– 2 menit = 180 ribu
  4. 2 menit –s/d– 2 menit 30 detik = 220 ribu
  5. 2 menit 30 detik –s/d– 3 menit = 260 ribu

Sementara untuk durasi lebih dari 3 menit harga dapat disepakati, sesuai dengan teknik pengambilan videonya. Begitu pula dengan harga untuk video ulang tahun, wedding, prewedding dan lainnya dapat disesuaikan dengan kesepakatan Kimit Production dengan calon klien.

“Selagi muda, berkaryalah..tentukan passion-mu dimana, jadikan ucapan orang lain sebagai motivasi karena yang terpenting adalah action, action dan action,” tutup mahasiswa USU yang kebetulan akan diberangkatkan ke Makasar untuk mengikuti Pertukaran Mahasiswa Nusantara bulan Agustus mendatang. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *